8 Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

aplikasi ujian online

Berbicara di depan umum bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Banyak yang merasakan rasa gugup saat harus menyampaikan sambutan, pendapat, dan lain sebagainya di depan banyak orang. Oleh karena itu hal ini perlu segera ditangani sebab lebih banyak hal positif yang di dapat ketika kita berani dan percaya diri untuk berbicara di depan umum.

Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini hingga selesai ya!

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

1. Menyiapkan Mental

Hal pertama dan utama yang harus disiapkan ketika hendak berbicara di depan umum adalah menyiapkan mental. Berbicara di depan umum artinya kita akan menjadi pusat dari seluruh mata audiens yang ada, sehingga sangat diperlukan rasa berani di dalam diri. Beberapa cara menyiapkan mental yang bisa dilakukan antara lain istirahat cukup hingga melakukan relaksasi sebelum tampil. Untuk mengurangi rasa gugup, kita juga bisa berbicara dengan menghampiri audiens.

2. Mencatat Materi Terlebih Dulu

Salah satu faktor yang membuat gugup saat berbicara di depan umum adalah lupa akan materi yang akan disampaikan. Hal itu wajar sebab mungkin kita sudah panik terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebelum tampil di depan umum, ada baiknya untuk membuat catatan terlebih dahulu. Tuliskan pokok-pokok penting yang ingin dibicarakan agar kita lancar dalam menyampaikannya. 

3. Fokus, Konsentrasi, dan Tetap Tenang

Setelah menulis materi maka selanjutnya adalah bersikap fokus, terus menjaga konsentrasi, dan tidak panik. Sebab percuma kita menyiapkan materi jika kita tidak berusaha fokus. Jangan lupa untuk menggunakan gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami namun tetap sopan. Umumnya pembicara yang berbicara di depan umum menyesuaikan dengan audiens.

4. Berlatih Terlebih Dahulu

Jika kita sudah paham bahwa diri seringkali merasa gugup saat berbicara di depan banyak orang, maka hal yang perlu dilakukan adalah berlatih terlebih dahulu. Berlatihlah di depan teman, saudara, ataupun di depan cermin untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri. Jangan ragu untuk bertanya apakah mereka mengerti atas apa yang kita sampaikan.

5. Jadi Diri Sendiri dan Tidak Perlu Jadi Sempurna

Setiap diri unik dengan apa yang dimiliki, termasuk saat kita memutuskan berbicara di depan umum. Tidak ada manusia yang sempurna sehingga kunci mengatasi rasa gugup adalah percaya dengan diri sendiri. Jangan pikirkan tentang kesalahan yang mungkin muncul sebab hal tersebut akan membuat kita kehilangan fokus. Jadilah diri sendiri dan sampaikan materi dengan gaya kita sendiri. 

6. Menatap Mata dan Berinteraksi dengan Penonton

Berbicara sambil menatap mata penonton menunjukkan bahwa kita percaya diri dan menguasai materi yang sedang disampaikan. Membuat kontak mata juga dapat meningkatkan perhatian penonton. Kurangi kebiasaan menunduk karena hal tersebut justru akan menunjukkan rasa tidak percaya diri. Selain itu, jika waktu dan kondisi memungkinkan, berinteraksilah dengan penonton. Buat penonton tertarik dengan melempar pertanyaan atau sekadar bertukar cerita. Hal ini bisa membuat kita menjadi dekat dengan penonton, dan dampaknya adalah bisa mengurangi rasa tegang.

7. Berbicara dengan Jelas

Sebelum berbicara di depan umum, jangan lupa untuk merilekskan diri dan atur pernapasan. Hal ini membantu kita untuk tetap tenang. Saat berbicara, jangan terburu-buru ingin menyelesaikan materi yang kita sampaikan. Berbicaralah dengan perlahan agar penonton bisa dengan jelas menangkap hal-hal yang kita sampaikan.

8. Berdoa

Berdoa adalah hal yang terlihat sepele namun membawa dampak baik bagi kita. Apapun situasinya sempatkan untuk berdoa agar selama berbicara di depan umum, diri kita diberikan rasa tenang dan bisa menyelesaikan seluruh materi dengan baik. Berdoa juga menimbulkan energi positif dalam diri yang akan membuat kita lebih percaya diri.

Demikian informasi terkait 8 cara mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan umum. Semoga bermanfaat ya!!!

Bagi bapak/ibu guru juga siswa yang ingin menjalankan proses pembelajaran dengan pengalaman berbeda, bisa menggunakan aplikasi Ujione. Dapat diakses melalui website, android, maupun IOS sehingga lebih memudahkan kegiatan belajar. Sekumpulan fitur yang dihadirkan dijamin mampu membantu proses belajar mulai dari penyampaian materi hingga pembagian rapor.

Tertarik menggunakannya? Uji coba gratis selama 30 hari terlebih dahulu hanya di www.ujione.id

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia