Apa Itu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)?

Istilah pendidikan dan pelatihan atau biasa kita kenal dengan diklat ini pasti bukanlah sesuatu hal yang baru. Sebagai pengajar, kegiatan diklat sudah menjadi hal biasa bagi hampir seluruh bapak/ibu guru. Namun begitu, mungkin masih ada yang merasa asing dengan istilah.

Tapi tentu tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan disajikan informasi terkait diklat. Yuk simak ulasannya.

Pengertian Diklat

Secara umum, diklat merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan pemahaman pegawai terhadap keseluruhan lingkungan kerjanya.

Saat seorang guru mengikuti diklat, itu artinya diklat dilaksanakan dengan tujuan mencari informasi-informasi baru terkait pendidikan yang nantinya bisa menunjang proses pembelajaran dan mampu meningkatkan profesionalisme guru.

Dalam karirnya, guru dituntut untuk terus menerus mengembangkan diri, kompeten, kreatif, dan profesional. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selalu berupaya memfasilitasi guru dalam mengembangkan profesionalisme kerja, salah satunya melalui diklat.

Tujuan Diklat

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan/Pelatihan Jabatan Pegawai pasal 2 dan 3, tujuan utama diklat adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar dapat menjalankan tugas dalam jabatannya secara profesional dilandasi kepribadian etika pegawai negeri sipil yang disesuaikan dengan kebutuhan suatu instansi.
  2. Mencetak pegawai yang bisa berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Memberikan pemantapan dalam bersikap dan semangat kepribadian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyamakan visi dan dinamika pola berpikir untuk melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan demi terwujudnya pemerintahan yang baik.
  5. Tujuan di atas dikhususkan bagi para pegawai pemerintahan seperti PNS dan ASN. 

Selain tujuan di atas, terdapat pula tujuan umum diklat antara lain:

  1. Diklat diharapkan mampu meningkatkan kinerja pegawai.
  2. Mengembangkan kepribadian serta pengetahuan pegawai.
  3. Menumbuhkan loyalitas dan kerja sama sehingga bisa lebih saling menguntungkan.
  4. Meminimalisir kesalahan di dalam suatu perusahaan atau instansi melalui banyaknya tenaga profesional dan terlatih.
  5. Memenuhi standar sumber daya manusia yang berkompeten di dalam perusahaan atau instansi.

Manfaat Diklat

Adapun manfaat dari kegiatan diklat ini di antaranya:

  1. Karyawan atau pegawai akan semakin kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas.
  2. Dengan berbagi diklat yang sering diikuti, pegawai akan memiliki standar yang lebih baik seperti semakin unggul, loyal, dan berintegritas. 
  3. Adanya pegawai dengan standar yang baik membuat lingkungan kerja kompetitif namun tetap sehat.
  4. Lingkungan kerja menjadi lebih kondusif karena pegawai sudah mendapatkan bekal untuk bisa bekerja dengan baik dan benar.
  5. Meningkatkan jaringan kerja karena banyak orang yang ditemui di lokasi diklat. Hal ini akan mempermudah pegawai di masa depan saat harus berkoordinasi dengan berbagai pihak.

Nah, demikian beberapa informasi yang dapat kami sajikan terkait pendidikan dan pelatihan. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kita semua. Jadi jangan sekali-kali malas jika mendapat tugas untuk diklat, karena ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapat.

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia