10 Aplikasi Pencatat di Smartphone untuk Belajar Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Para ahli mengungkapkan bahwa otak mampu menyimpan sekitar 7 ingatan jangka pendek sekaligus dalam waktu 20 sampai 30 detik. Jadi wajar jika kita merasa sering lupa. Meski begitu banyak upaya untuk membuat kita tetap bisa mengingat. Salah satu hal yang bisa membantu kita adalah mencatat. Mencatat membuat ingatan akan suatu hal bertahan lebih lama.

Kejadian yang telah berlalu bisa kembali kita ingat hanya dengan melihat kembali catatan. Karenanya penting bagi kita untuk membiasakan mencatat apapun hal penting yang kita temui. Dahulu, mencatat dilakukan secara konvensional menggunakan pensil dan kertas. Hari ini, meski sebagian orang masih melakukan, namun tidak sedikit yang beralih media pencatatan.

Salah satu media yang mudah kita temui adalah smartphone yang kita miliki. Saat ini, hampir semua orang memiliki smartphone yang selalu berada dalam genggaman. Tapi tahukah, bahwa smartphone ini bisa diisi dengan berbagai aplikasi pencatat? Tujuannya jelas, untuk memudahkan kita dalam mencatat sesuatu. Terlebih untuk kita yang sedang belajar online saat ini, rasanya penting memiliki aplikasi pencatat online di smartphone masing-masing. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasannya.

Aplikasi Pencatat di Smartphone untuk Belajar Online

1. Notion

Kita bisa membuat halaman sekreatif mungkin di Notion. Aplikasi ini juga tidak hanya untuk note taking, tapi juga terdapat fitur to-do list, jadwal rencana belajar, sampai reminder untuk deadline tugas. Selain itu, Notion didukung dengan beberapa template catatan yang bisa diunduh secara gratis seperti class notes atau cornell notes system.

Tampilan dari Notion ini juga sangat simpel. Jadi, kita bisa fokus dengan isi catatannya. Tinggal klik simbol “/” dan pop-up berisi fitur-fitur akan muncul. Mau membuat rumus matematika? Bisa. Mau meng-highlight tulisan atau mengganti warna? Gampang banget. Bagi kita yang sudah terlanjur membuat catatan dengan Google Doc atau PDF, Notion memberi fitur Import agar lebih mudah dalam memindah catatan.

2. Microsoft OneNote

Microsoft OneNote adalah versi digital buku catatan yang biasanya kita gunakan. Kita bisa membuat bagian dan halaman dengan mudah untuk memisahkan catatan menurut tema di sekolah, di rumah, atau di kantor. Kita juga dapat menggunakan tag untuk memberi label daftar tugas, menindaklanjuti item, menandai item penting, atau membuat label kustom. OneNote bisa digunakan sekaligus sebagai buku catatan, jurnal, atau catatan kecil, yang bisa di akses dari mana saja.

OneNote mendukung note taking dengan tulisan tangan. Kita dapat mencampur berbagai jenis media dalam satu catatan seperti video, klip audio, dan bahkan melampirkan dokumen eksternal. Hal ini menjadikannya salah satu yang terbaik bagi siswa yang belajar online dan mengunduh materi secara online. Aplikasi luar biasa ini memiliki penyimpanan data satu drive hingga 5GB dan benar-benar gratis.

3. Google Keep

Menggunakan Google Keep, kita bisa mencatat ide dengan cepat. Cukup dengan ucapkan memo suara kapan saja, maka suara akan otomatis ditranskripsikan. Ambil foto poster, tanda terima, atau dokumen, lalu kelola atau telusuri konten tersebut dengan mudah menggunakan bilah Telusuri. Google Keep memudahkan kita dalam mencatat ide atau membuat daftar dan membagikannya dengan teman dan keluarga.

Kita juga bisa memasang warna serta label untuk membedakan antara note satu dengan note penting lainnya. Kita juga akan lebih dimudahkan lagi dengan penyematan lokasi di dalam note. Misal kita harus pergi ke sekolah, maka kita cukup menyematkan lokasi pada note dan secara otomatis Google Keep akan mengingatkan kita.

4. ColorNote

ColorNote merupakan aplikasi buku catatan yang sederhana. ColorNote Memberikan kita pengalaman menuliskan sesuatu di buku catatan dengan cepat dan mudah ketika kita ingin menulis catatan, memo, email, pesan, daftar belanja, dan daftar agenda. ColorNote membuat catatan lebih mudah daripada aplikasi buku catatan dan memo lainnya.

ColorNote memiliki dua catatan dasar yaitu berupa pilihan teks bergaris dan centang tradisional. Kita bisa menambahkan daftar sebanyak mungkin yang akan muncul pada layar beranda aplikasi setiap program terbuka. Daftar ini dapat dilihat dalam urutan tradisional, dalam format kotak, atau dengan warna catatan. Catatan yang kita buat akan otomatis tersimpan setelah kita selesai menuliskannya.

5. Evernote

Evernote membantu kita untuk menuangkan ide-ide atau inspirasi yang muncul tiba-tiba. Dengan evernote kita bisa menulis informasi dengan cepat, mampu membagikan catatan dengan siapa pun. Mulai dari event sekolah, agenda ujian hingga halaman web dan daftar yang harus dilakukan. Dengan Evernote, semuanya ada di satu tempat.

Evernote disinkronkan ke semua perangkat, sehingga kita dapat tetap produktif meski kita belajar dari rumah. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk menulis catatan dengan format teks. Namun, jika kita tidak ingin mencatat, kita bisa meninggalkan note dengan format sketches, photos, audio, video, PDFs, web clippings dan format lainnya.

6. Notebook Zoho

Notebook menyediakan berbagai cara untuk membuat catatan dan merekam pemikiran kita. Di dalamnya berisi fitur menulis catatan, mulai dengan teks, menambahkan gambar, daftar, dan audio, semua dalam catatan teks yang sama. Kita juga bisa merekam momen dengan  menggunakan catatan foto khusus. 

Dengan aplikasi notebook, kita bisa memindai dokumen dan menambahkannya ke Notebook. Selain itu terdapat fitur yang mendukung kita untuk lampirkan dokumen Microsoft, PDF, dan file lainnya. Aplikasi pencatatan khusus ini benar-benar gratis dan bagus untuk siswa dan guru untuk membuat daftar tugas, merekam audio, dan bahkan gambar mini gambar.

7. FairNote

FairNote mengandalkan keunggulan dengan menghadirkan warna di setiap catatan yang digunakan. Warna-warni yang disediakan akan memudahkan para penggunanya dalam membedakan catatan yang dibuat. FairNote bisa digunakan oleh kita, para pelajar, untuk mencatat materi-materi yang bisa kita atur dengan warna-warna yang berlainan.

Kita juga bisa mengatur reminder atau pengingat untuk mengingatkan pada hal-hal penting yang harus dilakukan. Bahkan, terdapat fitur share atau bagikan yang terpasang pada aplikasi FairNote Notepad. Kita bisa langsung membagikan catatan yang kita miliki ke aplikasi lainnya.

8. FiiNote

Dengan aplikasi FiiNote, kita bisa menuliskan catatan bukan sekadar mengetik pada keyboard smartphone Android saja, tetapi kita juga bisa menulis di layar Android. Aplikasi FiiNote ini juga menyuguhkan warna yang tidak biasa. Jika biasanya aplikasi note dan memo hanya menyajikan warna-warna biasa pada background, FiiNote menawarkan warna dengan efek yang lebih unik dan menarik. Kita bahkan bisa menuliskan warna yang berbeda untuk setiap huruf pada catatan kita.

Selain mengandalkan fitur warna, FiiNote juga dilengkapi dengan fitur recording dimana kita bisa meninggalkan note berupa pesan suara. Fitur-fitur ini cocok untuk kita yang sedang menjalankan sekolah online. Kita tidak perlu takut meninggalkan suatu materi, sebba kita sudah mencatatnya dengan baik menggunakan aplikasi ini.

9. Omni Notes

Kita dapat menggabungkan, membagikan, serta menuliskan catatan penting pada aplikasi ini. Omni Notes, sebuah aplikasi yang akan memberikan kemudahan bagi siapapun penggunanya. Mengatur jadwal hingga mengkategorikan note ke dalam beberapa kategori dapat dilakukan dengan mengandalkan kelengkapan fitur yang tersedia di aplikasi Omni Notes ini. 

Kita juga bisa memasang shortcut memo di layar smartphone milik kita. Hal ini menjadi penting untuk kita yang mungkin ingin mengetahui jadwal pelajaran ataupun ujian ketika tengah melaksanakan sekolah online. 30 bahasa berbeda pun disediakan untuk lebih memudahkan kita dalam melakukan pencatatan hal-hal penting terkait suatu materi pelajaran tertentu.

10. SomNote

Memberikan tampilan yang cantik namun tetap sederhana. Dalam aplikasi SomNote ini, kita disuguhkan fitur yang bisa digunakan untuk menuliskan berbagai macam catatan.

Selain untuk mencatat dan menulis, pengguna aplikasi SomNote dapat mengatur dan membuat folder-folder untuk setiap note yang telah dibuat. Hal ini akan sangat berperan penting bagi kita yang ingin mengelompokkan berbagai mata pelajaran agar tidak kebingungan. Tentunya, SomNote juga bisa menjamin keamanan catatan kita dengan fitur lock yang tersedia.

Demikian tadi 10 aplikasi pencatat di smartphone yang akan menunjang kegiatan belajar online kita. Jika ingatan tidak mampu merekam dalam waktu lama, mencatat membantu kita untuk mengingat semua hal yang telah kita pelajari sebelumnya. Jadi, jangan lupa bawa catatanmu ya.

Setelah mencatat dan mempelajari suatu materi pelajaran, biasanya guru akan memberikan ulangan atau ujian. Nah, saat ini terdapat aplikasi ujian online, yaitu Ujione yang membantu mempermudah pelaksanaan ujian. Banyaknya fitur yang disediakan akan memberikan pengalaman baru bagi kita dalam melaksanakan ujian. Aplikasi Ujione ini juga mudah digunakan sehingga kita bisa fokus mengerjakan ujian tanpa terkendala hal-hal teknis yang justru bisa menyita waktu mengerjakan kita. Ujian? Ya Ujione!