13 Aplikasi Pembelajaran Online, Belajar Dari Rumah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Selama menerapkan pembelajaran jarak jauh, banyak orang mencari-cari aplikasi pembelajaran online yang terbaik. Pasalnya, belajar online dirasa cukup berbeda dengan kegiatan belajar secara tatap muka. Sehingga penting bagi pengajar maupun siswa untuk menggunakan aplikasi pembelajaran online yang bisa mendukung proses pembelajaran. 

Ketika membahas mengenai aplikasi pembelajaran online, ternyata ada beberapa aplikasi yang bisa kita coba sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi bagi yang masih bingung dalam mencari aplikasi pembelajaran online yang pas dan membantu proses belajar kini tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa aplikasi belajar online yang bisa dipilih. Yuk langsung kita simak pembahasannya.

13 Aplikasi Pembelajaran Online yang Bisa Mendukung Proses Belajar

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh kemendikbud. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Rumah Belajar memiliki beberapa fitur seperti laboratorium maya, kelas digital, buku sekolah elektronik, sumber belajar, bank soal hingga karya bahasa dan sastra. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja.

2. Kipin School 4.0

Aplikasi selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah Kipin School 4.0. Kipin School 4.0 merupakan sebuah mobile aplikasi yang berisi materi pelajaran K13 termasuk buku pelajaran sekolah, video pelajaran sekolah, latihan tryout, dan komik literasi untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem ujian online. Jumlah materi pembelajaran yang bisa didownload ada ratusan buku yang diterbitkan oleh kemendikbud. Kipin School 4.0 ini sangat cocok digunakan untuk semua sekolah di Indonesia.

3. MejaKita

Mejakita merupakan aplikasi pembelajaran online yang diinisiasi oleh sekumpulan remaja yang peduli dengan bidang pendidikan. Aplikasi ini cocok digunakan untuk forum diskusi. Jadi bisa dikatakan, aplikasi ini sangat sesuai dengan teman-teman yang memiliki jiwa berorganisasi dan suka melakukan diskusi. Selain itu, kita juga bisa mengajukan pertanyaan atau melakukan tanya jawab. Segmentasi yang bisa memanfaatkan aplikasi ini ada beberapa jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK yang tentu saja aplikasi dapat diakses secara gratis.

4. Media Belajar Online (MBO)

Media Belajar Online (MBO) adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu guru dan siswa dalam memperoleh buku dan media pembelajaran. Aplikasi ini akan menyediakan buku pelajaran dan juga video serta dapat melakukan pembelajaran secara daring.

5. Icando

Icando merupakan aplikasi belajar anak dengan ribuan aktivitas menyenangkan yang diciptakan dengan tujuan menjadikan anak sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran. Kurikulum pembelajaran yang digunakan pada aplikasi icando adalah  kurikulum 2013 yang sudah direvisi dan dikembangkan secara komprehensif. Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah menyediakan mini games, dimana mini games ini membantu mengoptimalkan semangat belajar.

6. IndonesiaX

Indonesia memiliki sebuah situs web belajar atau kursus online yang diisi oleh sejumlah ahli sebagai pengisi materi. Situs tersebut adalah IndonesiaX yang diluncurkan pada 17 Agustus 2015. IndonesiaX merupakan situs kursus online terbuka besar-besaran dari universitas atau institusi terbaik. Pengguna situs ini dapat menikmati materi secara gratis, di mana saja, dan kapan saja selagi terhubung dengan Internet. Tujuan dari dibuatnya situs ini yaitu untuk mengurangi disparitas dan kesenjangan dalam belajar.

7. Google For Education

Sejak pandemi covid-19 melanda dunia, google mengeluarkan sebuah fitur yang memudahkan untuk kegiatan belajar secara online. Fitur tersebut adalah Google for education yang memiliki beberapa layanan seperti chromebooks dan G-Suite. Google merancang aplikasi ini untuk dapat diakses sekalipun konektivitas internet rendah. Tentu ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang susah menjangkau jaringan internet super kencang.

8. Brainly Indonesia

Brainly adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi dan sebuah situs web belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan terkait dengan pelajaran sekolah secara terbuka. Brainly dapat diakses di Android, iOS, dan peramban website dengan menyediakan tiga tingkat pendidikan, yaitu SD, SMP, dan SMA serta terdapat 25 kategori mata pelajaran. Aplikasi ini bisa dikatakan salah satu aplikasi pembelajaran online yang komunikatif.

9. Kelas Pintar

Kelas Pintar dikembangkan sebagai solusi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik. Semua siswa dan guru dapat mengakses materi pembelajaran di diaplikasi ini. 

Selain didapat diakses dan diperuntukan untuk siswa dan guru, ternyata ada personalisasi dashboard untuk orangtua. Kurikulum yang digunakan pada aplikasi ini mengacu pada materi kurikulum 2013. Dari segi penyajian pembelajarannya, kelas pintar ini disampaikan dan dikemas secara interaktif.

10. Microsoft Office 365

Selain Google, Microsoft office juga mengeluarkan aplikasi belajar yang bernama Microsoft office 365. Ruang kelas yang tersedia pada aplikasi ini selalu diperbarui secara realtime, termasuk onenote, microsoft teams, word, excel, dan powerpoint. Aplikasi ini dapat dinikmati oleh siswa dan guru dengan memiliki email terlebih dahulu. 

11. Quipper School

Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah. Keunggulan yang lebih ditonjolkan lebih banyak memihak kepada pihak gurunya. Karena di sini guru bisa menilai dan mengukur kemampuan atau kelemahan-kelebihan dari siswa itu sendiri.

12. Sekolahmu

Aplikasi pembelajaran online Sekolahmu merupakan sebuah program belajar tanpa batas yang bisa diakses oleh pelajar. Kelebihan dari aplikasi ini adalah terdapat tool live streaming, di mana kita bisa belajar secara langsung. Live streaming dapat ditonton sesuai dengan jenjang pendidikan pengguna, karena aplikasi ini menyediakan banyak jenjang pendidikan. Aplikasi ini juga menawarkan program-program kurikulum sesuai kebutuhan.

13. Zenius

Zenius adalah salah satu aplikasi pembelajaran online yang menyediakan kanal belajar dalam jaringan (online) untuk siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Layaknya les mata pelajaran, siswa harus menjadi anggota berbayar agar dapat mengakses materi pelajaran dari Zenius. Aplikasi belajar online Zenius bisa bantu anak/siswa untuk fokus persiapan belajar bahkan hingga UTBK.

Salah satu fitur aplikasi belajar online Zenius yaitu Zenius Aktiva Sekolah. Di Zenius aktiva sekolah, para siswa kelas 1-12 bisa belajar dengan bebas menonton 90,000+ video konsep berbagai ilmu pengetahuan. Selain itu, mereka juga bisa mengerjakan latihan soal sepuasnya dari bank soal Zenius yang ada pada aplikasi belajar online Zenius.