4 Cara Belajar Ketika Sedang Jatuh Cinta

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pernahkah teman-teman merasakan sesuatu yang berbeda saat sedang menyukai seseorang atau jatuh cinta? Percaya atau tidak, pada saat jatuh cinta beberapa perubahan terjadi pada diri kita, beberapa perubahan ini tentunya tidak sama antara satu orang dan lainnya. Ada yang merasa lebih bersemangat dan bahagia, ada juga yang merasa cemas dan berkeringat terus menerus dan lain sebagainya.

Ketika sedang jatuh cinta, tubuh menghasilkan berbagai respons fisik dan emosional — seperti jantung berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, pipi memerah, perasaan bersemangat hingga cemas. Penelitian juga menunjukkan bahwa jatuh cinta dapat berperan sebagai cara alami untuk mengurangi tingkat tekanan darah.

Banyak sekali bukan perubahan yang terjadi ketika kita jatuh cinta! Nah sebenarnya sih urusan jatuh cinta ini tidak jadi masalah. Namun di beberapa keadaan, jatuh cinta bisa menjadikan kita kehilangan fokus belajar karena merasa sudah kecanduan dengan seseorang. Lalu bagaimana cara belajar efektif supaya kita tetap fokus sembari menerima gejolak-gejolak hormon jatuh cinta ini? Yuk, kita simak ulasannya!

Cara Belajar Efektif Ketika Sedang Jatuh Cinta

1. Mengendalikan Emosi dan Pikiran

Pada awalnya, memang cukup sulit untuk tidak memikirkan seseorang yang kita sukai. Tapi sebagai pelajar dengan kewajiban utama belajar, kita harus coba menahan diri dan memiliki alasan utama kenapa kita tetap harus belajar atau mengerjakan tugas. Akan lebih baik lagi jika perasaan candu itu bisa kita jadikan sebagai semangat untuk meraih masa depan yang lebih cerah!

2. Menggunakan Teknik Belajar yang Menyenangkan

Di saat perasaan kita sedang berbunga-bunga, sebaiknya kita juga menggunakan metode atau teknik belajar yang menyenangkan. Ada banyak sekali teknik belajar menyenangkan yang bisa membuat pikiran kita tetap fokus dan mengabaikan sementara urusan jatuh cinta. Jika kita sudah merasa maksimal dalam belajar atau mengerjakan tugas, baru di sela waktu istirahat kita bebas melakukan apa saja. Misalnya memakan camilan, menelepon pujaan hati, atau menonton video yang menghibur. Tapi ingat ya, waktu istirahatnya jangan sampai lebih lama dari waktu belajarnya.

3. Membuat Jurnal Belajar

Untuk menjadikan kegiatan belajar jadi menyenangkan, kita sangat diperbolehkan untuk bereksperimen. Misalnya kita bisa membuat sebuah Jurnal Belajar. Jurnal belajar ini bisa diisi setiap kali usai belajar. Isi jurnal bisa dimulai dari cara belajar apa yang cocok untuk diri kita. Selanjutnya kita bisa mengisinya dengan tempat, suasana, dan waktu yang seperti apa yang paling cocok untuk belajar.

Selain itu, apa yang sudah dipelajari juga bisa ditulis dalam jurnal belajar. Tulis juga hal apa saja yang bisa mengganggu saat belajar dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gangguan tersebut. Dengan rajin menulis jurnal belajar, kita bisa mendapatkan formula yang tepat yang bisa bikin kamu semangat belajar. 

4. Disiplin 

Hal yang paling penting supaya semangat tetap terjaga dan kita tetap memiliki motivasi selama belajar adalah disiplin. Metode belajar ataupun suasana semenarik apapun tidak akan berhasil jika dalam diri sendiri tidak tertanam rasa disiplin dan tidak mempunyai dorongan kuat untuk belajar. Jadi selalu usahakan untuk menjadi pribadi yang disiplin ya.

Itulah tadi 4 cara belajar yang bisa teman-teman lakukan ketika sedang jatuh cinta. Ingat, jatuh cinta itu bukan halangan selama kita punya tekad dan minat yang kuat untuk belajar dan meraih masa depan gemilang.