5 Cara Agar Lebih Teratur dan Giat Dalam Belajar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Ada tidak di antara teman-teman yang sudah berniat belajar tapi malah berujung malas-malasan? Hal tersebut tentu tidak bisa dibiarkan karena jika dilakukan berulang maka akan menjadi sebuah kebiasaan. Jika sudah menyadari hal tersebut, sudah seharusnya kita berbenah dan mengatur pola belajar kita. Kita harus menjadi orang yang lebih teratur dan giat belajar agar mendapatkan hasil yang terbaik karena usaha yang kita lakukan pun sudah maksimal. Nah, di bawah ini ada beberapa cara giat belajar yang bisa diterapkan. Yuk, cari tahu apa saja caranya!

Cara Agar Lebih Teratur dan Giat Dalam Belajar

1. Membedakan Waktu Belajar dan Mengerjakan Tugas

Terkadang kita masih bingung untuk membedakan kapan waktu yang harus digunakan untuk belajar dan waktu untuk mengerjakan tugas. Pasalnya, seringkali tugas yang terlalu banyak dan sulit membuat waktu kita lebih tersita, sehingga merasa malas untuk belajar. Karenanya, ada baiknya untuk memisahkan waktu belajar dan mengerjakan tugas. Hal ini bertujuan agar kita bisa lebih fokus dengan apa yang dikerjakan. Selain itu, proses belajar pun jauh lebih efektif.

2. Membuat Daftar Prioritas

Membuat daftar prioritas dapat memudahkan kita dalam menentukan hal-hal apa yang harus dikerjakan. Kamu bisa membuat daftar materi yang perlu dipelajari atau tugas yang harus dikerjakan. Ketika sudah berhasil menyelesaikannya, kita bisa memberi centang pada daftar tersebut. Cara ini akan membuat kita lebih giat belajar sebab kita harus mencentang semua daftar kegiatan yang kita buat sendiri.

3. Hindari Multitasking

Agar kita bisa giat dan teratur dalam belajar, kita perlu menghindari multitasking. Sebagai seorang pelajar, kita diharapkan bisa fokus dalam menyelesaikan suatu aktivitas. Maka dari itu kita perlu fokus menyelesaikan tugas dan kegiatan belajar satu per satu, dan bukannya melakukan keduanya dalam satu waktu. Dengan hal ini kegiatan yang sedang kita lakukan bisa terselesaikan dengan benar. 

Jika kita belajar dengan multitasking, misalnya belajar materi Bahasa Indonesia dan mengerjakan tugas Fisika secara bersamaan, kita justru menjadi tidak fokus belajar. Hasil belajar yang kita lakukan pun tidak maksimal. Saat hasilnya tidak maksimal, bukan tidak mungkin semangat belajar juga ikut turun. Jadi, sebaiknya selesaikan kegiatan satu per satu ya.

4. Menentukan Tujuan yang Jelas

Dalam belajar, kita perlu memiliki tujuan yang jelas dan spesifik. Untuk bisa mencapainya, kita bisa memisahkan tujuan tiap bidangnya maupun tujuan secara internal dan eksternal. Misalnya saja, tujuan internal belajar akademik yaitu supaya lebih pintar dan memahami suatu materi. Sedangkan tujuan eksternalnya adalah mendapatkan nilai bagus pada tiap mata pelajaran.

Tuliskan secara detail tujuan belajar yang kita miliki, termasuk kapan dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Dengan memiliki tujuan jelas dan spesifik, kita akan lebih teratur dan giat dalam menjalankan kegiatan belajar.

5. Menemukan Sarana Belajar yang Tepat

Banyak di antara kita yang sulit teratur dan malas belajar karena belum menemukan sarana belajar yang tepat. Kita masih sering bingung harus mulai belajar dari materi yang mana, menggunakan metode belajar seperti apa, ataupun mengenai fasilitas belajar apa yang bisa  mendukung kegiatan belajar kita. Agar bisa keluar dari kebingungan dan bangkit dari kemalasan belajar, penting bagi kita untuk menemukan sarana belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Dari hal ini, kita bisa memilih sarana belajar yang tidak membosankan atau bahkan yang bisa membuatmu ketagihan belajar.

Kita bisa menggunakan aplikasi belajar online, mengikuti kelompok-kelompok belajar ataupun sebagainya. Dengan sarana yang tepat, diharapkan kita bisa lebih giat dalam belajar dan bisa meraih prestasi yang membanggakan.

Nah demikian 5 cara yang bisa kita terapkan untuk membuat semangat belajar kita meningkat dan ritme belajar yang lebih teratur. Semoga cara-cara yang kami bagikan bisa berguna untuk teman-teman sekalian.