5 Cara Belajar Efektif Bagi Siswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Aktivitas belajar sudah menjadi rutinitas bagi para siswa. Tidak terasa jika sebagian hidup mereka dihabiskan untuk belajar. Mulai dari belajar di sekolah, di rumah, hingga yang pergi ke lembaga bimbingan belajar untuk mendapatkan tambahan pelajaran. Kebiasaan ini mungkin adalah kebiasaan yang baik. Namun sadarkah bahwa belajar dengan pola seperti itu juga mengurangi tingkat efektivitas belajar yang dilakukan? Lalu bagaimana agar kita sebagai siswa bisa menjalankan aktivitas belajar yang efektif? Di bawah ini terdapat beberapa tips belajar efektif bagi siswa.

Cara Belajar Efektif Bagi Siswa

1. Menghindari Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam biasanya umum terjadi ketika para siswa akan menghadapi ulangan maupun ujian. Kekhawatiran yang berlebihan tentang pertanyaan-pertanyaan yang disediakan membuat para siswa memilih melahap habis materi dalam satu malam. Hal ini bukan metode belajar yang efektif. Alih-alih akan berhasil mencerna materi, kita justru akan menjadi tidak fokus sebab terlalu banyak yang dipelajari.

Alangkah baiknya jika kita belajar dengan cara mencicil. Tidak masalah jika dalam satu hari tidak belajar hingga berjam-jam namun jika dilakukan secara rutin tentu akan jauh lebih efektif. Otak manusia akan lebih bisa menerima sesuatu yang sedikit dan bersifat terus menerus dibanding diberi masukan banyak sekaligus.

2. Merangkum Pokok-pokok Materi

Untuk membuat kegiatan belajar menjadi efektif kita tidak perlu mempelajari semua materi yang terdapat di buku. Kita bisa menyiasatinya dengan membuat ringkasan yang pokok-pokok penting dari materi yang tengah dipelajari. Membuat ringkasan semacam ini selain tidak memerlukan waktu yang banyak juga membantu kita dalam mengingat. Otak manusia cenderung lebih mudah mengingat hal-hal yang sederhana dibandingkan hal-hal rumit.

3. Belajar Bersama

Belajar secara individu memang sesuatu yang baik untuk melatih fokus kita. Namun jika suatu waktu kita menemui hal yang sulit dipecahkan, kita justru akan cenderung membuang-buang waktu sebab kesulitan memecahkan. Di sini peran belajar bersama dengan teman menjadi alternatif untuk membuat kegiatan belajar menjadi lebih efektif. 

Dengan belajar bersama, kita bisa memecahkan masalah yang kita hadapi bersama-sama. Bisa jadi teman-teman kita lebih tahu tentang suatu materi tertentu, sehingga kita bisa bertanya pada mereka. Belajar bersama ini juga dianjurkan ketika hendak menghadapi ujian. Biasanya guru memberikan banyak latihan soal, sehingga ketika dikerjakan dipecahkan bersama-sama kita akan menjadi lebih memahaminya. Hal ini tentu membuat belajar menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Tidak Hanya Teori Tetapi Juga Praktik

Umumnya, sebagai siswa kita lebih sering diberikan teori-teori yang sudah ada di buku maupun yang dijelaskan oleh guru. Namun ternyata tidak semua siswa bisa menangkap penjelasan secara teori saja. Beberapa siswa justru kesulitan jika hanya membaca teori-teori yang disajikan sama dari masa ke masa. Karenanya, untuk siswa yang memiliki keterbatasan dalam hal tersebut bisa mempraktikkan teori yang telah disampaikan. Dengan mempraktikkan, kita akan lebih paham sebab bisa melihat secara nyata. Hal ini membuat kegiatan belajar menjadi lebih efektif sebab kita tidak hanya terpaku pada satu hal yang justru membuat kita kebingungan.

5. Memberi Jeda Saat Belajar

Penting bagi kita untuk menyediakan waktu luang di tengah-tengah belajar. Karena pada dasarnya manusia paling banyak menyerap informasi di 20 menit pertama. Maka setelahnya, biasanya kita akan kehilangan fokus dan ketertarikan. Sehingga penting untuk memberikan jeda di tengah-tengah belajar. Kita bisa mengisi waktu luang tersebut dengan banyak hal. Mulai dari beristirahat dan tidak melakukan apa-apa, melakukan hobi yang kita suka, atau mencari hal-hal yang bisa membangkitkan semangat kita.

Itulah tadi 5 cara belajar efektif bagi siswa. Bagi kalian para siswa bisa sekali untuk dicoba agar kegiatan belajar yang selama ini sudah berjalan menjadi semakin efektif dan efisien.