5 Cara Mudah Mengajar Online Bagi Guru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mengajar online bukanlah hal mudah bagi guru yang terbiasa mengajar secara langsung di kelas. Sulitnya interaksi secara online membuat beberapa guru kebingungan beradaptasi dengan perubahan baru ini. Pada dasarnya, metode mengajar dalam sistem pendidikan era revolusi 4.0 tetap membutuhkan pembelajaran tatap muka. Akan tetapi, keadaan yang tidak memungkinkan seperti pandemi saat ini, mengharuskan guru untuk memberikan usaha lebih agar siswa tetap bisa menerima secara maksimal materi yang disampaikan. 

Agar dapat mengajar online dengan kualitas yang tetap baik, guru perlu memiliki keterampilan-keterampilan tertentu. Hal ini bertujuan agar pembelajaran semakin menarik dan siswa tidak mudah bosan. Nah, berikut ini kami sampaikan beberapa cara agar guru bisa tetap mudah mengajar meski harus dilakukan secara online.

Cara Mudah Mengajar Online Bagi Guru

1. Memahami Media Online

Dikarenakan harus melakukan kegiatan mengajar secara online, maka hal pertama yang harus dikuasai guru adalah memahami media online itu sendiri. Guru perlu mengetahui dan memahami aplikasi mengajar online beserta fitur-fiturnya, sehingga guru bisa menentukan aplikasi mana yang cocok dengan subjek mengajarnya. 

Selain itu, mengajar online artinya juga harus menyesuaikan dengan keadaan siswa. Kita harus menggunakan aplikasi belajar yang juga bisa dengan mudah diakses oleh siswa. Dengan pertimbangan ini, diharapkan kegiatan belajar mengajar akan tetap optimal meski dilakukan secara online.

2. Merancang Materi Pembelajaran

Dalam merancang kegiatan pembelajaran secara online, diperlukan kreativitas dari guru. Pasalnya, pembelajaran online cenderung lebih sulit dan membosankan jika dilakukan dengan cara-cara yang monoton. Guru dituntut kreatif dalam merancang kegiatan mengajar online, dimulai dari memilih materi pelajaran apa saja yang harus didahulukan dengan waktu mengajar online yang terbatas hingga metode mengajar yang menarik perhatian siswa.

3. Memiliki Keterampilan Mengelola Kelas

Belajar online mengharuskan guru mengelola kelas dalam wujud virtual pula, yang tentu saja berbeda dengan mengelola suasana kelas yang ada di sekolah. Memiliki keterampilan mengelola kelas, akan membantu guru untuk menciptakan kondisi belajar online yang efektif. 

Guru bisa menegur siswa yang mengganggu proses pembelajaran online dengan cara yang tepat, agar siswa yang ditegur tidak meninggalkan kelas online yang sedang berjalan. Cara pengelolaan kelas yang lain juga bisa dilakukan dengan menyisipkan game ice breaking jika kondisi kelas dirasa kurang bersemangat. 

4. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi adalah salah satu hal yang penting dalam kegiatan belajar mengajar. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik bisa mendatangkan manfaat bagi guru dan siswa. Hal ini akan sangat membantu pada saat guru menerangkan materi pelajaran, serta saat ada siswa yang masih belum memahami materi pelajaran yang dijelaskan.

Siswa juga akan lebih nyaman dalam belajar jika memiliki guru dengan komunikasi yang baik. Siswa menjadi lebih terbuka dan tidak merasa canggung untuk bertanya ataupun menyampaikan pendapatnya. Keterampilan komunikasi ini juga bermanfaat untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para orang tua siswa.

5. Memiliki Kemampuan Untuk Memotivasi Siswa

Dalam kegiatan belajar mengajar, tentu akan sangat membosankan jika sepanjang waktu guru hanya menyampaikan materi pelajaran saja, terlebih pada pembelajaran online. Oleh karena itu, dalam kegiatan mengajar, guru perlu memberikan selingan agar siswa tidak bosan. Selingan ini bisa diisi dengan memberikan motivasi kepada siswa.

Guru bisa menceritakan pengalaman sendiri atau menyampaikan cerita-cerita inspiratif lainnya. Kegiatan memberikan motivasi seperti ini bisa menarik perhatian siswa untuk fokus dan mendengarkan. Dari hal-hal seperti ini, diharapkan para siswa akan lebih bersemangat untuk meraih masa depan yang cerah.

Demikianlah, 5 cara mudah mengajar online bagi guru yang bisa kami sampaikan. Semoga cara-cara di atas bisa membantu kita, para guru, untuk tetap semangat membagikan ilmu kepada para anak didik kita. Jika bukan kita, siapa yang akan mencerdaskan anak-anak bangsa?