5 Manfaat Bimbel Online dan Cara memilih Bimbel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Saat ini banyak sekali layanan bimbingan belajar (bimbel) yang bisa kita akses untuk melengkapi kegiatan pembelajaran di sekolah. Dahulu, bimbel hanya bisa dilakukan secara offline, namun saat ini sudah banyak sekali bimbingan belajar yang memberikan layanan online. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para orang tua juga siswa. Pasalnya, inovasi baru seperti ini akan lebih menarik minat siswa dalam belajar.

Namun kemudian pertanyaan muncul seiring berjalannya waktu, tentang keefektifan bimbingan belajar online ini. Banyak orang tua yang masih khawatir jika anaknya akan cenderung bermain jika aktivitas belajar yang dilakukan justru dilakukan secara online. Tapi tenang, di bawah ini ada beberapa manfaat bimbel online yang akan menjawab kebingungan kita semua.

Manfaat Bimbel Online

1. Praktis dan Fleksibel

Kegiatan belajar yang dilakukan secara online dirasa lebih praktis dan fleksibel. Dengan penggunaan media yang bisa diakses di mana saja, seperti gadget dan laptop, anak lebih leluasa dan nyaman dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kita, orang tua, juga tidak perlu repot mengantarkan anak-anak kita datang ke tempat bimbel karena kegiatan belajar bisa dilakukan dari mana saja.

2. Lebih Bebas Dalam Mengeksplorasi

Pada bimbel online, biasanya terdapat beragam fitur yang bisa menarik minat belajar anak. Dengan adanya fitur-fitur tersebut anak bisa mengeksplorasi lebih jauh terkait materi atau latihan soal apa yang ingin mereka pelajari dan kerjakan. Kebebasan ini sangat penting untuk mendorong anak lebih mandiri belajar tanpa merasa terpaksa.

Menggunakan jasa bimbel online juga akan mengasah kemampuan anak. Anak bisa mengeksplor materi-materi yang sudah didapatkan di sekolah untuk dikembangan lagi, sehingga pengetahuannya juga akan berkembang.

3. Meningkatkan Disiplin dan Rasa Tanggung Jawab

Belajar secara online artinya anak-anak diberikan kepercayaan untuk mengelola waktu yang mereka punya. Meskipun belajar secara online mereka harus tetap disiplin, bertanggung jawab, dan juga bijak. Dengan mengikuti bimbel online, anak akan terbiasa dengan aspek-aspek tersebut. Sehingga nantinya ketika turun di lapangan atau masyarakat, anak pun sudah siap sebab sudah memiliki bekal yang mumpuni.

4. Meningkatkan Literasi Internet

Mengikuti bimbel online, anak akan lebih sering bersinggungan dengan internet. Karenanya kemampuan literasi internet anak diharapkan bisa meningkat. Anak akan semakin terbiasa dengan ilmu-ilmu internet juga hal-hal yang berkaitan dengan internet. Hal ini tentu merupakan hal positif sebab nantinya anak bisa terus mengikuti perkembangan zaman tanpa perlu takut tertinggal.

5. Orang Tua Bisa Memantau Kegiatan Belajar

Selama ini, mungkin ketika anak belajar di sekolah ataupun di bimbel offline, orang tua menjadi kesulitan untuk memantau kegiatan belajarnya. Namun dengan mengikuti bimbel online, orang tua juga bisa dengan aktif mengawasi anak-anak. Orang tua bisa mengetahui sejauh mana perkembangan anak dan umpan balik apa yang harus diberikan kepada anak. Hal ini tentu juga akan membuat ikatan emosional antara anak dan orang tua terbangun.

Lalu bagaimana sih cara memilih bimbel online yang baik? Yuk kita simak ulasannya.

Cara Memilih Bimbel Online

1. Materi Berkualitas dan Lengkap

Cara pertama memilih bimbel online tentu memastikan bahwa bimbel tersebut memiliki kualitas materi yang baik dan lengkap. Sebab tidak sedikit bimbel online yang hanya semangat pada saat promosi namun ternyata memiliki materi yang tidak lengkap. Sebab percuma jika kita menghabiskan waktu dan biaya untuk menerima materi yang begitu-begitu saja.

Untuk bisa mengetahui kualitas materi ini, kita bisa membuat daftar referensi bimbel online. Dari sana kita bisa melakukan seleksi terhadap bimbel online yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

2. Pengajar yang Kompeten dan Mudah Dimengerti

Cara selanjutnya untuk menentukan bimbel online yang tepat adalah dengan mencari tahu kualitas pengajarnya. Pengajar merupakan sosok yang berperan penting untuk menyukseskan kegiatan belajar secara online ini. Karenanya kita harus benar-benar mengetahui apakah pengajar tersebut kompeten di bidangnya atau tidak. 

Jangan sampai mendapatkan bimbel online dengan pengajar yang tidak kompeten dan penyampaiannya justru sulit dimengerti anak. Sebab tujuan kita mendaftar ke bimbel online adalah agar anak menjadi lebih mengerti materi-materi yang sebelumnya sulit dipahami.

3. Konten yang Menarik dan Menyenangkan

Salah satu hal yang banyak diminati dari bimbel online adalah konten-konten yang menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencari fitur-fitur yang seperti itu. Dengan konten yang menarik seperti video, audio, gambar, dan lain sebagainya, kita akan lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Jangan sampai sudah membayar mahal namun konten-konten yang disajikan justru membuat kita bosan dan menjadi malas belajar.

4. Testimoni

Umumnya, sebuah lembaga bimbingan belajar termasuk di sini adalah bimbel online akan mengunggah banyak sekali testimoni dari pada penggunanya di website mereka. Dari hal ini juga kita bisa mengetahui seberapa kredibel dan berkualitasnya bimbel online yang akan kita pilih.

Jika banyak pengguna yang memberikan komentar baik, itu artinya kita bisa lebih percaya dengan bimbel online tersebut. Meski untuk mengetahui kualitas, kita tetap perlu menanyakannya langsung melalui bagian customer service.

5. Biaya

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mencari bimbel online adalah biaya. Besaran biaya ini biasanya ditentukan dengan masa belajar (sebulan/semester/setahun), durasi jam belajar, dan total jumlah pertemuan. Kita bisa membandingkan biaya antara satu bimbel dengan bimbel lain agar tidak mengalami penyesalan. Sebenarnya memilih bimbel online ini sangat direkomendasikan sebab biaya yang lebih terjangkau sebab tidak membutuhkan biaya operasional untuk ruang kelas dan transportasi menuju lokasi bimbel.

Nah itu tadi adalah manfaat yang bisa diperoleh ketika kita mengikuti bimbel online serta cara-cara memilih bimbel online. Jadi masih ragu buat daftar bimbel online atau sudah yakin karena tahu ternyata banyak manfaatnya? Tentu pilihan-pilihan itu kembali ke masing-masing. Yang terpenting, online maupun offline, jangan sampai kegiatan belajar itu kita tinggalkan.

Dan untuk para pengajar, baik yang tengah mengajar di lembaga formal maupun non formal, kalian juga bisa menggunakan aplikasi ujian online untuk menunjang proses pembelajaran. Ujione hadir sebagai solusi untuk menyelenggarakan ujian, ulangan harian, pemberian tugas, qui, dan berbagai kegiatan penilaian lainnya. Fitur-fiturnya pun beragam dan mudah digunakan. Silakan kunjungi laman kami di ujione.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Katakan tidak pada keribetan ujian, karena ujian? Ya Ujione!