5 Tips Manajemen Waktu Saat Belajar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Belajar secara formal adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memahami suatu materi tertentu. Bagi pelajar, kegiatan belajar merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Belajar sebagai kegiatan berulang yang diharapkan mampu menjadi kebiasaan dan kebutuhan bagi pelajar. Namun sayangnya, masih banyak di antara kita yang malas untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Berbagai alasan seperti malas, sulit mencari waktu yang tepat, pelajaran yang terlalu sulit, dan lain sebagainya. Padahal, jika kita mengetahui tips manajemen waktu belajar dengan baik, tentu kita tidak akan mengeluhkan aktivitas belajar ini.

Tips Manajemen Waktu Saat Belajar 

Di bawah ini, mari kita simak beberapa tips manajemen waktu saat belajar agar belajar kita menjadi lebih terarah.

1. Menyusun Rencana Belajar

Pada umumnya, dalam belajar kita hanya belajar saja tanpa membuat jadwal untuk membuatnya menjadi sesuatu yang efektif. Kita harus menyadari bahwa membuat jadwal terencana untuk setiap kita akan memudahkan kita dalam melakukannya, termasuk belajar. Akan lebih baik jika sebelum belajar, kita membuat rencana belajar terlebih dahulu. 

Tujuan dari pembuatan jadwal ini adalah agar kita lebih mudah dalam menjalankan. Kita bisa membuat jadwal kapan harus mengerjakan tugas maupun mengulang materi yang telah disampaikan. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengetahui bagian apa yang harus lebih dulu dikerjakan. Selain itu, membuat jadwal belajar seperti ini mengajarkan kita untuk disiplin, bertanggung jawab, lebih teratur, serta mampu merencanakan target-target untuk masa mendatang.

2. Jangan Membuang Waktu

Setelah membuat jadwal belajar dengan rapi, kita harus mematuhi jadwal yang telah kita buat sendiri. KIta tentu sudah meletakkan pekerjaan sesuai dengan lama waktu yang dibutuhkan. Karenanya menjadi disiplin sangat diperlukan di sini. Kita tidak bisa lagi seenaknya membuang-buang waktu dengan melakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan belajar. Seperti bermain game ataupun berselancar di media sosial. Dengan menerapkan hal tersebut, waktu belajar yang kita punya menjadi lebih efektif.

3. Membuat Target Belajar

Untuk membuat waktu belajar menjadi efektif kita bisa membuat target dalam belajar. Target belajar yang dimaksud di sini adalah apa yang ingin kita capai selama belajar. Misalkan saja kita ingin memahami suatu materi atau pelajaran tertentu. Kita bisa melakukannya dengan beberapa cara. Pertama, kita bisa memilih mata pelajaran yang kita anggap sulit sehingga kita bisa fokus memperdalam materinya. Kedua, kita bisa membuat ringkasan materi atau membuat peta konsep terkait materi atau pelajaran itu. Dengan begitu terlihat jelas target belajar yang akan kita capai dalam waktu jangka tertentu.

4. Meluangkan Waktu Istirahat

Salah satu hal penting untuk membuat waktu belajar menjadi efektif adalah memberikan ruang dan waktu untuk istirahat. Terlalu keras dalam belajar akan membuat kita menjadi lelah dan stres. Akibatnya, materi yang tengah dipelajari akan sulit kita cerna dan terima. Hal ini tentu membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif. Waktu yang kita gunakan pun seolah menjadi terbuang begitu saja. Karenanya kita perlu membuat jadwal untuk beristirahat. Di waktu-waktu tersebut kita juga bisa melakukan hal-hal yang disuka untuk me-refresh pikiran. Sebab pikiran juga butuh penyegaran untuk bisa digunakan menyerap sesuatu. Cara ini juga membuat kita menjadi lebih fokus dalam belajar.

5. Memilih Metode Belajar yang Sesuai

Penggunaan metode belajar ini seringkali diabaikan oleh kita. Anggapan bahwa metode belajar kurang berpengaruh terhadap hasil belajar masih sering terdengar. Padahal jika diperhatikan, setiap siswa atau pelajar mempunyai metode yang berbeda-beda. Seperti misalnya metode menghafal, menandai bagian-bagian penting dari sebuah materi tertentu, membuat ringkasan sederhana, menggunakan peta konsep, belajar secara audio, dan masih banyak lagi. Jadi, penting bagi kita untuk mengetahui apa metode belajar yang cocok untuk diri kita sendiri. Penggunaan metode yang tepat dapat membuat waktu belajar menjadi lebih efisien. 

Demikian 5 tips manajemen waktu belajar agar kegiatan belajar menjadi lebih nyaman dan terarah. Dengan melakukan tips-tips tersebut semoga aktivitas belajar tidak lagi menjadi sesuatu yang membosankan dan menakutkan. Tapi sebaliknya, dengan hal-hal tersebut kita justru semakin semangat dalam belajar. Selain tips-tips tersebut, diharapkan kita bisa konsisten dalam menjalankannya.