5 Tips Mengatasi Sifat Suka Menunda Waktu Belajar atau Procrastinate

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Adakah di antara teman-teman yang masih suka menunda waktu belajar? Jika iya, kira-kira apa sih yang menjadi alasannya?

Penundaan waktu belajar atau yang dikenal dengan istilah procrastination biasa terjadi karena kita merasa memiliki banyak waktu melakukan hal tersebut pada lain waktu.

Padahal, jika dilakukan secara terus menerus, kebiasaan ini justru bisa membuat kita semakin malas belajar. Jika begini, bisa-bisa target belajar yang sudah kita rencanakan justru jadi terhambat atau bahkan tidak tercapai sama sekali.

Tapi, tenang. Tidak ada masalah yang hadir tanpa penyelesaian. Nah, kali ini ada beberapa informasi menarik mengenai tips mengatasi sifat suka menunda waktu belajar. Yuk, kita simak ulasannya, bersama-sama.

Tips Mengatasi Sifat Suka Menunda Waktu Belajar atau Procrastinate

1. Menyusun Daftar Prioritas

Salah satu cara mengatasi procrastinate supaya kita tidak lagi suka menunda waktu belajar adalah membuat daftar prioritas.

Kita bisa memulai dengan membuat daftar mengenai apa saja tugas yang harus dikerjakan dan materi pelajar apa yang perlu dipelajari. Kita juga bisa memasukkan tanggal untuk setiap tugas atau waktu belajar serta kapan tugas harus dikumpulkan.

Dengan cara ini, kita bisa memperkirakan berapa lama setiap kegiatan belajar dan pengerjaan tugas akan selesai. Tentunya setiap materi pelajaran memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan waktu yang kita punya dengan materi-materi atau tugas yang akan dipelajari dan dikerjakan, ya.

2. Mengelola Waktu dengan Baik

Manajemen waktu yang buruk dalam belajar sering kali menjadi penyebab kita sering menunda kegiatan belajar. Karenanya, kita perlu beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mengatur waktu sehingga sifat procrastinate dalam diri bisa dihilangkan.

Misalnya, ketika kita mendapatkan tugas yang cukup banyak atau menemui materi yang harus dipelajari dengan lebih ekstra, maka kita bisa membagi hal-hal tersebut menjadi beberapa bagian.

Kita bisa mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti memulai dengan mencari informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apa yang akan kita kerjakan. Kita juga bisa mengerjakan dari urutan yang paling mudah agar ketika sampai di bagian tersulit waktu yang kita miliki masih cukup.

3. Mencari Motivasi Belajar

Mencari motivasi belajar adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi sifat suka menunda waktu belajar.

Kita bisa mencari alasan yang bisa memotivasi diri dan menjadikan pikiran kita menjadi positif. Misalnya saja, kita ingin sekali masuk ke perguruan tinggi favorit, maka bisa jadi yang kamu bilang untuk diri sendiri yaitu kalimat semangat untuk lebih giat belajar lagi.

Selain itu, singkirkan pikiran-pikiran yang dapat membuat semangat belajar menjadi turun, seperti menganggap diri tidak mampu, tidak mampu bersaing, dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya, selain usaha, yang menentukan keberhasilan salah satunya adalah pikiran kita.

4. Menghargai Setiap Usaha yang Sudah Dilakukan

Jangan lupa untuk selalu menghargai usaha yang telah kita lakukan supaya tidak lagi ada kebiasaan menunda pekerjaan setelah satu tugas selesai.

Setelah berhasil menyelesaikan tugas atau kegiatan belajar, maka berikan kesempatan untuk diri sendiri menikmati hal yang menyenangkan. Misalnya, menonton konser, bermain game, membaca buku kesukaan, ataupun sekadar memeriksa media sosial.

Cara seperti itu bisa diartikan sebagai cara untuk menghargai kerja keras.hadiah atau reward untuk diri sendiri itu nantinya bisa menjadi alasan untuk kita tetap produktif mengerjakan sesuatu.

5. Realistis

Cara lain untuk mengatasi sifat menunda waktu belajar adalah dengan menjadi realistis. Berharap segalanya sempurna memang baik, tetapi terlalu berharap kesempurnaan justru membuat langkah kita terhenti. Jika tidak sempurna, keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut menjadi berkurang dan tidak selesai.

Oleh karena itu, menjadi realistis setidaknya dapat membuat kita lebih fokus untuk menjadi lebih baik dibandingkan sempurna. Artinya, kita bisa tetap berjuang dan mempersiapkan kondisi dengan baik agar tetap fokus menyelesaikan tugas atau kegiatan belajar atau dengan baik.

Demikian tadi adalah 5 tips untuk teman-teman yang masih suka menunda waktu belajar. Semoga informasi di atas bisa membantu ya. Ingat, tidak ada sesuatu yang berhasil jika kita masih sibuk menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Sukses tidak akan pernah lahir dari sosok pemalas.