5 Tips Menghadapi Ujian Agar Bisa Tenang dan Fokus dalam Mengerjakan Soal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
aplikasi ujian online tips menghadapi ujian agar bisa tenang dan fokus dalam mengerjakan soal
(Sumber: unsplash.com)

Menghadapi ujian, seperti Ujian Nasional (UN) pastinya bikin jantung deg-degan, nervous dan tidur jadi tidak nyenyak.

Supaya kamu tidak terus-terusan deg-degan dan bisa tidur nyenyak, kali ini kami akan memberikan tips menghadapi ujian agar bisa tenang dan fokus dalam mengerjakan soal. Simak tips berikut ini ya

Tips Menghadapi Ujian

1. Belajar Efektif Sebelum Waktu Ujian

aplikasi ujian online belajar efektif sebelum ujian
(Sumber: unsplash.com)

Mempersiapkan diri dengan belajar efektif sebelum waktu ujian adalah tips pertama yang harus kamu lakukan.

Ada banyak cara agar bisa belajar efektif misalnya, kamu bisa belajar bersama teman-teman seperjuanganmu secara online atau kamu bisa minta waktu tambahan belajar bersama gurumu di sekolah maupun online.

Tentunya, belajar efektif ini harus kamu lakukan secara rutin dan terjadwal. Agar tersedia waktu yang cukup untuk otakmu memproses segala materi pembelajaran dengan seksama sebelum waktu ujian tiba.

2. Persiapkan Segala Keperluan Ujian

aplikasi ujian online persiapkan segala keperluan ujian
(Sumber: unsplash.com)

Belajar memang wajib kamu lakukan agar dapat menghadapi ujian dengan mudah dan tenang. Namun, ada persiapan lain yang tak kalah penting, yakni segala perlengkapan ujian, mulai dari alat tulis hingga kartu ujian atau aplikasi ujian online jika sekolah kamu menggunakannya di saat pandemi seperti sekarang.

Pastikan device atau alat yang kamu gunakan serta sinyal internet ditempat kamu berada memiliki akses yang bagus. Agar pada saat ujian, masalah-masalah sinyal internet hilang dan sebagainya tidak terjadi.

3. Jaga Kesehatan

aplikasi ujia online jaga kesehatan
(Sumber: unsplash.com)

Tips selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan kamu. Mulai sekarang, konsumsi makanan yang lebih sehat dan bernutrisi. Kamu juga harus mengontrol waktu istirahatmu. Kurangi begadang yang kurang penting. Dan jJangan lupa dibarengi olahraga ya.

Sebenarnya menjaga kesehatan bukan hanya di saat kamu mau ujian saja, tapi kita harus selalu menjaga kesehatan karena efeknya jangka panjang. Tentu kamu ingin ingin berumur panjang bukan?

4. Jangan Lupa Bermain

aplikasi ujian online jangan lupa bermain
(Sumber: unsplash.com)

Bermain atau jalan‐jalan sesekali tidak ada salahnya untuk sekedar me‐refresh otak kamu. Tidak perlu jauh‐jauh, kamu bisa mencoba berkeliling komplek atau bermain bersama binatang peliharaan. Dengan menghirup udara segar akan membuat otakmu kembali fresh.

5. Berdoa

aplikasi ujian online berdoa
(Sumber: unsplash.com)

Dan tips yang terakhir adalah berdoa! Setelah kamu sudah berusaha melakukan tips diatas, selanjutnya kamu berdoa kepada sang pencipta agar diberikan kelancaran selama ujian.  Berdoa agar diberi  kesehatan, saat  mengerjakan ujian,  hingga  ujian selesai dan mendapatkan hasil yang optimal.

Semoga tips yang kami berikan bermanfaat ya. Selamat mencoba.