6 Cara Menciptakan Pola Belajar yang Efektif

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Bagi kita yang statusnya adalah seorang pelajar maupun mahasiswa, menemukan pola belajar yang efektif bukanlah sesuatu yang mudah. Coba kita ingat lagi berapa banyak kita mencoba dan mengganti pola belajar kita hanya karena merasa kurang nyaman ataupun kegiatan belajar menjadi kurang efektif.

Hal tersebut tentu bukan suatu hal yang aneh sebab menemukan pola belajar untuk terciptanya kegiatan belajar yang efektif merupakan sesuatu yang penting. Jika pola belajar kita saja membuat tidak nyaman, bagaimana kegiatan belajar yang kita lakukan bisa membawa keberhasilan. Nah, tapi teman-teman tidak perlu khawatir jika belum menemukan pola belajarnya karena di bawah ini akan ada beberapa cara untuk menciptakan pola belajar yang efektif. Yuk, lihat ulasannya.

Cara Menciptakan Pola Belajar yang Efektif

1. Menemukan Gaya Belajar

Penting bagi kita untuk menemukan gaya belajar yang membuat kita nyaman pada saat belajar. Kita tentu tidak bisa sekadar ikut-ikutan teman sebab gaya belajar antara satu individu dengan individu lainnya bisa jadi tidak sama. Untuk menemukan gaya belajar yang tepat, kita bisa mencoba berbagai macam gaya belajar. 

Kita bisa mencoba belajar bersama teman, belajar sendiri, belajar menggunakan audio, belajar dengan membuat catatan-catatan kecil, dan lain sebagianya. Setelah menemukan gaya belajar yang paling nyaman, kita bisa menerapkan gaya tersebut untuk membuat belajar kita lebih efektif.

2. Fokus

Agar kegiatan belajar menjadi efektif, kita perlu meningkatkan tingkat fokus dan konsentrasi kita. Salah satu caranya adalah dengan menjauhkan hal-hal yang bisa mengganggu, seperti gadget, televisi, dan alat elektronik lainnya. Kita juga bisa meningkatkan fokus kita dengan belajar di tempat yang tenang seperti perpustakaan.

3. Menyelesaikan Hal-hal Mudah Terlebih Dahulu

Dalam memahami materi atau mengerjakan tugas, kita bisa memulai dari bagian yang mudah lebih dahulu. Dengan mengerjakan hal-hal yang mudah kita tidak akan terlalu banyak membuang waktu sehingga kegiatan belajar menjadi lebih efektif.

Selain itu memahami dan mengerjakan hal mudah bisa membuat kita lebih semangat dalam belajar karena pikiran kita tidak tersita oleh hal-hal yang sulit. Hal-hal sulit memang penting untuk memacu kemampuan kita, namun jika itu justru membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif, lebih baik diletakkan di bagian paling belakang.

4. Belajar dengan Menyenangkan Tapi Serius

Terlalu serius dalam belajar akan membuat kita semakin stres dan tidak memiliki kualitas belajar yang baik. Karenanya, banyak penelitian menyampaikan bahwa meskipun belajar dilakukan dengan serius tetapi tetap harus menyenangkan.

Untuk menciptakan situasi belajar yang efektif dan menyenangkan kita bisa memasukkan permainan maupun praktik-praktik sederhana. Dengan kegiatan tersebut, otak kita akan lebih terstimulasi untuk memahami suatu materi dibandingkan jika hanya belajar secara teori. Kegiatan yang melibatkan motorik kita juga bisa membuat perasaan kita lebih senang.

5. Melakukan Tes Diri

Jika kita ingin mengetahui seberapa efektif pola belajar kita, kita bisa mencoba melakukan tes diri. Kita bisa mencari sumber-sumber latihan ataupun tes di internet untuk mengetahui sejauh apa kita mampu memahami materi. Saat ini, tes-tes sejenis sudah banyak beredar. Hasilnya pun bisa kita ketahui saat itu juga. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu parameter keberhasilan pola belajar yang kita terapkan.

6. Jangan Memaksakan Diri

Apapun alasannya, kegiatan memaksa adalah hal yang seharusnya tidak dilakukan. Termasuk memaksa diri sendiri dalam belajar ketika memang sudah kelelahan. Dalam kondisi lelah kita tidak akan bisa fokus dan berkonsentrasi. Karenanya penting untuk menyadari batas kemampuan diri sendiri.

Apabila sudah merasa kelelahan, kita bisa mengambil waktu untuk istirahat maupun melakukan hal-hal yang membuat perasaan senang. Namun begitu, kita tidak bisa menjadikan kelelahan ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Sebab efektif atau tidaknya sebuah pola belajar sangat bergantung dengan kemauan yang ada dalam diri seseorang.

Nah, itulah tadi 6 cara menciptakan pola belajar efektif yang bisa teman-teman terapkan. Ingat, tidak akan berubah suatu kaum kecuali kaum tersebut berusaha untuk mengubahnya. Jadi jika ingin pola belajar teman-teman efektif dan menghasilkan hasil yang baik, maka kuncinya ada di diri teman-teman sendiri. Jangan lupa disiplin dan bertanggung jawab atas sesuatu yang sedang dijalani!