6 Manfaat Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Banyak orang tua yang mengharapkan anaknya berprestasi di sekolah tetapi lupa memenuhi kebutuhan sang anak. Untuk bisa berprestasi, anak tidak hanya cukup dengan belajar saja. Namun ada hal-hal yang mungkin dianggap sepele yang justru bisa meningkatkan prestasi anak. Salah satu hal yang cukup penting untuk menunjang aktivitas dan prestasi anak adalah sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah.

Sebenarnya kebiasaan sarapan anak sangat dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua. Orang tua yang terbiasa sarapan pagi sebelum bekerja, akan lebih mudah dalam mengajarkan anaknya betapa pentingnya sarapan pagi. Orang tua yang terbiasa sarapan sudah mengerti dan merasakan manfaatnya, karenanya mereka juga akan menganjurkan hal yang sama kepada anaknya.

Namun tidak sedikit orang tua yang juga masih abai dalam urusan sarapan ini. Padahal sarapan memiliki banyak manfaat bagi anak ketika di sekolah. Apa saja manfaat sarapan bagi anak sekolah yang mesti kita ketahui? berikut ulasannya.

Manfaat Sarapan Pagi

1. Menambah Energi

Manfaat pertama yang dapat dirasakan anak ketika sarapan sebelum berangkat sekolah adalah bertambahnya energi dalam tubuh sehingga bisa melakukan aktivitas dengan maksimal. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak di sekolah sangat aktif. Mereka sangat senang melakukan aktivitas fisik seperti berlari-larian bagi anak sekolah dasar ataupun berolahraga berat bagi anak sekolah menengah pertama dan atas. Karenanya mereka pasti membutuhkan energi yang cukup.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak

Sarapan, selain menambah energi untuk aktivitas fisik, ternyata juga bisa membantu anak untuk fokus dan mendapatkan konsentrasi penuh ketika berada di dalam kelas. Dalam kegiatan pembelajaran berapa banyak kita temui anak yang hanya fokus di menit-menit awal pelajaran, sedang selebihnya mereka akan kehilangan fokusnya.

Dengan rutin sarapan sebelum berangkat sekolah, anak akan lebih mudah mendapatkan fokus dan memertahankan konsentrasi ketika sedang menerima suatu materi pelajaran. Selain itu anak juga akan lebih aktif dan antusias dengan apa yang sedang guru sampaikan. Hal ini tentu akan membuat anak lebih mudah mendapatkan prestasi di sekolah. 

3. Mengoptimalkan Metabolisme

Saat tidur, tubuh tidak akan melakukan pembakaran sehingga kadar gula akan mengalami penurunan. Untuk mengembalikannya, sebelum berangkat ke sekolah orang tua bisa memberikan sarapan yang mengandung karbohidrat kepada anak. Pemberian sarapan untuk anak setiap pagi secara rutin dapat membantu metabolisme di dalam tubuh lebih optimal.

4. Menjaga Kestabilan Emosi

Menjaga kestabilan emosi pada saat belajar sangatlah penting. Karenanya para orang tua sangat dianjurkan memberikan sarapan kepada anak sebelum pergi ke sekolah. Mungkin beberapa kali kita menjumpai anak yang bersikap semaunya ketika pembelajaran berlangsung, tidak bisa mengendalikan emosinya, atau justru membuat keributan. 

Banyak faktor yang bisa mengakibatkan kejadian tersebut, salah satunya adalah pengaruh pemberian sarapan. Anak yang sudah terisi tubuhnya sebelum berangkat ke sekolah cenderung lebih mudah mengelola emosinya sebab kebutuhan tubuhnya sudah terpenuhi.

5. Lebih Hemat

Anak yang dibiasakan untuk sarapan sebelum berangkat sekolah ternyata juga tengah berlatih untuk berhemat. Pasalnya, ketika sudah terpenuhi kebutuhan nutrisinya saat sarapan, anak cenderung tidak ingin banyak jajan.

Selain itu untuk mengontrol asupan gizinya, orang tua juga bisa membawakan bekal makan siang sehingga anak tidak perlu jajan di tempat yang belum kita tahu kebersihannya. Hal tersebut juga bisa mengurangi pengeluaran jajan anak.

6. Meningkatkan Ikatan Emosional Anggota Keluarga

Interaksi antara anak dan orang tua biasanya tercipta di meja makan. Karenanya,sarapan, selain untuk memenuhi kebutuhan fisik, juga bisa digunakan untuk meningkatkan ikatan emosional antar anggota keluarga. 

Sarapan bersama yang dilakukan bersama antara anak dan orang tua dapat membuat anak tumbuh menjadi menjadi pribadi baik. Di tengah kegiatan sarapan, orang tua bisa menyampaikan nasihat dan pesan-pesan positif bagi anak. Dengan adanya hal tersebut, anak akan tumbuh menjadi sosok yang menghormati orang tua serta bisa menyampaikan pendapatnya.

Itulah tadi 6 manfaat sarapan sebelum berangkat sekolah yang bisa didapatkan anak. Tidak ada kerugian yang didapat ketika melakukan sarapan, bukan? Karenanya mulai sekarang mari kita tumbuhkan kebiasaan sarapan sebelum berangkat sekolah. Anak sehat orang tua hemat!