6 Tips Mengajar Efektif Bagi Guru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Di sekolah, kegiatan mengajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh guru. Guru sebagai fasilitator diharapkan bisa menjelaskan dengan lebih mendalam tentang kebingungan yang dialami siswa. Menjadi guru bukanlah pekerjaan mudah. Menjadi guru artinya kita harus selalu siap mempunyai inovasi agar anak-anak tidak bosan dalam belajar. Semakin berkembangnya zaman, pemikiran yang dimiliki siswa pun tidak bisa dibatas. Mereka mungkin saja telah mengeksplor lebih dulu hingga mengikuti perkembangan adalah hal penting yang harus guru lakukan. Sebab saat ini banyak siswa-siswa yang mulai mengeluh bahwa mereka bosan belajar yang mana salah satu faktornya adalah guru yang tidak menyenangkan dalam mengajar.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tingkat kebosanan siswa terhadap guru, terdapat beberapa tips mengajar yang efektif bagi guru agar lebih menyenangkan ketika di depan kelas.

Tips Mengajar Efektif Bagi Guru

1. Menyiapkan Pembelajaran dengan Matang

Dalam aktivitas sehari-hari, sebelum melakukan suatu kegiatan tentu kita perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Demikian bagi seorang guru, harus memiliki persiapan sebelum memulai proses pembelajaran. Sebab mengajar tanpa persiapan akan menjadikan guru justru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mengelola kelas. Akibatnya proses belajar mengajar menjadi tidak terpenuhi syarat-syaratnya.

Dalam tahap persiapan ini, guru perlu menyiapkan materi yang akan disampaikan baik berupa RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) maupun silabus. Hal seperti ini penting bagi guru sebab dalam mengajar nantinya, guru mempunyai pegangan untuk mengarahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Persiapan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan. Media ini bisa berupa alat peraga, gambar, maupun video yang diperlihatkan kepada siswa. Dengan persiapan-persiapan ini diharapkan guru bisa lebih efektif dalam mengajar dan siswa menjadi lebih senang dalam kegiatan belajar.

2. Memiliki Wawasan Luas

Bagi seorang guru penting sekali memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Tidak hanya berfokus pada bidang yang dikuasai saja, tapi juga bidang-bidang lain yang berkaitan dengan bidang tersebut. Hari ini, siswa menjadi lebih kritis dengan menanyakan apa saja yang ingin mereka ketahui. Bahkan terkadang tidak peduli apakah itu menyangkut materi yang tengah diajarkan atau tidak.

Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui hal-hal lain di luar materi yang dia punya. Hal ini dilakukan agar siswa tidak bosan dan menganggap gurunya tidak kompeten dalam mengajar. Jika guru memiliki wawasan yang luas, suasana di kelas pun akan bisa dikendalikan dan pembelajaran menjadi efektif serta kondusif.

3. Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Memilih metode pembelajaran erat kaitannya dengan mengetahui karakter siswa. Sebagai guru penting untuk mengetahui karakter siswa dalam kelas-kelas tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat. Masih banyak guru yang mengajar dengan metode yang sebenarnya tidak cocok dengan karakteristik siswa yang diajarnya. Hal ini tentu membuat kegiatan pembelajaran menjadi tidak efektif. Selain itu siswa juga akan menjadi bosan dan tidak fokus memperhatikan.

Menentukan metode pembelajaran yang tepat memang tidak bisa dilakukan dalam sekejap mata. Perlu diadakan eksperimen untuk mengetahui metode mana yang paling digunakan untuk mengajar siswa dengan karakter tertentu. Untuk bisa bereksperimen tentu guru harus memahami berbagai metode pembelajaran yang ada.

4. Memberikan Motivasi di Tengah Pembelajaran

Di dalam kelas, siswa tidak hanya belajar tentang berbagai mata pelajaran yang disediakan. Para siswa tersebut juga membutuhkan hal lain untuk tetap bisa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Guru yang hanya cenderung menyampaikan materi saja selama pembelajaran berlangsung dapat menimbulkan kejenuhan yang lebih tinggi pada siswa. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan di tengah pembelajaran adalah memberikan motivasi kepada siswa. Guru diharapkan mampu membaca suasana kelas sehingga bisa menemukan waktu yang tepat untuk menyampaikan beberapa motivasi. Memberikan motivasi siswa agar memiliki semangat dalam belajar adalah sesuatu yang penting. Guru bisa menyampaikan pengalamannya saat bersekolah ataupun menyampaikan kisah-kisah inspiratif dengan tujuan memberikan contoh pada siswa dalam menjalani kehidupan. Dengan hal tersebut suasana kelas akan lebih terasa hidup sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain ini siswa juga bisa belajar mengenali dan mengembangkan potensi yang mereka miliki.

5. Interaktif

Menjadi guru tidak berarti kita harus banyak berbicara di depan siswa. Sebab yang dibutuhkan seorang guru adalah membangun komunikasi yang aktif dan interaktif dengan siswa. Tidak hanya satu arah saja. Guru yang terlalu banyak bicara tanpa memberikan kesempatan kepada siswanya cenderung membuat siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. Siswa akan merasa tidak dilibatkan dalam pembelajaran.

Guru juga harus memberikan waktu kepada siswa untuk mengeksplor kemampuannya. Memancing siswa dengan pertanyaan sederhana lalu membiarkan mereka menjawab dengan apa yang diketahuinya. Guru bukan lagi pusat di dalam kelas namun siswalah yang menjadi pusat yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan melibatkan siswa, mereka akan merasa lebih dihargai dan belajar akan terasa menyenangkan untuk dilakukan.

6. Menggunakan Teknologi

Di zaman yang serba canggih penggunaan teknologi juga perlu diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Para siswa yang sudah jauh lebih update terhadap perubahan teknologi bisa jadi akan bosan dengan pembelajaran konvensional. Akibatnya siswa akan cenderung malas memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Namun jika guru bersedia menggunakan kecanggihan teknologi dalam proses pembelajaran, maka siswa akan lebih antusias dalam belajar. 

Jika belum mampu menggunakan yang rumit, guru bisa menggunakan teknologi-teknologi sederhana terlebih dahulu. Guru bisa memanfaatkan komputer, laptop, smartphone untuk mempelajari materi tertentu. Guru juga bisa mengarahkan siswa untuk berselancar di internet untuk mendapatkan bahan ajar yang lebih banyak dan tidak terbatas. Dengan begitu pemahaman siswa akan semakin bertambah. Pembelajaran pun akan semakin efektif dan menyenangkan.

Demikianlah 6 tips mengajar efektif bagi guru. Mungkin beberapa di antara kita ingin mencoba menerapkannya kepada siswa agar mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dari biasanya.