6 Tips Mengatur Uang Untuk Anak Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tahukah teman-teman bahwa mengatur keuangan tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan? Meski begitu tidak semua orang-orang yang memiliki pekerjaan tersebut juga bisa mengelola keuangan dengan benar. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kebiasaan mengatur uang saat masih duduk di bangku sekolah. Oleh karena itu, kita yang masih duduk di bangku sekolah ini perlu belajar untuk mengatur keuangan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat kita belajar untuk mengelola keuangan yang kita miliki.

Nah, berikut ini terdapat ulasan mengenai tips mengatur keuangan bagi kita yang masih bersekolah. Yuk kita simak sama-sama.

Tips Mengatur Uang Untuk Anak Sekolah

1. Membuat Rencana Keuangan

Menuliskan rencana keuangan menjadi salah satu prioritas yang harus dilakukan bagi kita agar dapat memaksimalkan pendapatan dan pengeluaran dengan baik.

Kita bisa membuat rencana keuangan untuk setiap minggu atau setiap bulan agar uang yang masuk dan keluar bisa terpantau. Kita bisa mengelompokkan kebutuhan pada pos-pos tertentu, seperti pos uang jaja, pos transportasi, pos membeli keperluan sekolah, dan lain sebagainya.

2. Mengenali Kebutuhan dan Keinginan

Banyak di antara kita yang mudah tergiur dengan suatu barang atau hal, padahal kita tidak benar-benar membutuhkannya. Karenanya, agar keuangan kita tetap teratur, kita perlu mengenali mana yang menjadi kebutuhan dan yang hanya sebatas keinginan.

Kita perlu melakukan kontrol pada pengeluaran. Kurangi menggunakan hal untuk hal-hal yang tidak penting. Alih-alih memenuhi keinginan, barang-barang atau hal-hal yang tidak penting itu justru bisa membuat kita menyesal.

3. Membuat Rekening Tabungan

Tips selanjutnya untuk bisa mengatur keuangan dengan baik adalah membuat rekening tabungan sendiri. Menabung adalah cara yang umum dilakukan agar pandai mengelola keuangan. Menabung juga mengajarkan kita untuk hidup berhemat demi merencanakan masa depan dengan baik.

4. Disiplin

Jika ingin berhasil, termasuk dalam hal mengatur keuangan, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah disiplin dalam menjalankannya. Kita akan gagal jika tidak memiliki komitmen atas apa yang kita lakukan. Disiplin di sini juga berarti kita perlu mematuhi prinsip yang sudah kita buat dan tidak mudah tergoda untuk menghamburkan uang demi sesuatu yang tidak penting. Kita juga bisa memberikan hukuman pada diri sendiri jika melanggarnya, seperti tidak jajan selama 3 hari, tidak membeli buku kesukaan, dan lain sebagainya.

5. Menghargai Uang Berapapun Nilainya

Untuk bisa berhasil dalam mengatur keuangan, kita perlu menumbuhkan kesadaran dalam menghargai uang. Kita bisa memulainya dengan tidak mengabaikan uang recehan. Nominal uang yang kita anggap kecil bisa disimpan ataupun ditabung. Uang receh yang dikumpulkan lama-lama juga akan bernilai besar. Dengan melakukan hal tersebut kita akan menjadi terbiasa dan akan lebih menghargai keberadaan uang berapapun nilainya.

6. Bersedekah

Meski masih bersekolah, kita bisa membiasakan diri untuk bersedekah. Hal ini adalah salah satu cara mengatur keuangan agar tetap berkah. Bersedekah mengajarkan kita untuk berbagi dan membantu sesama yang sedang kesulitan. Ingat, tidak akan berkurang harta kita meski kita membaginya. Kita bisa menyisihkan sebagian kecil uang yang kita miliki untuk disumbangkan. Hal tersebut juga akan meningkatkan rasa empati kita pada sekitar, sebab kita adalah manusia yang hidup secara sosial. 

Nah, itulah tadi 6 tips mengatur keuangan yang bisa dilakukan oleh kita yang masih berstatus sebagai pelajar. Semoga tips dari kami bisa membantu teman-teman dalam mengatur keuangan. Jadilah generasi cerdas yang tidak hanya pandai namun juga bijak dalam mengelola uang.