7 Cara Cepat Menjawab Soal UTBK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UTBK adalah ujian wajib bagi siswa SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN. Nilai UTBK nantinya akan digunakan sebagai syarat utama Penerimaan Mahasiswa Baru. Banyak siswa yang melakukan berbagai cara untuk bisa menaklukkan soal-soalnya. Mulai dari belajar secara mandiri hingga mengikuti bimbingan belajar secara intens. Semua itu dilakukan tentu untuk bisa lolos ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Namun begitu, tidak hanya belajar saja, namun kita juga harus mengetahui cara-cara cepat untuk menjawab soal-soal UTBK yang jumlahnya tidak sedikit itu. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk menjawab cepat soal UTBK

Cara Cepat Menjawab Soal UTBK

1. Sering Mengerjakan Latihan Soal

Cara paling utama agar kita terbiasa dengan soal-soal UTBK adalah dengan memperbanyak latihan soal. Banyak mengerjakan latihan soal menjadikan kemampuan kita semakin terasah. Kita bisa berlatih untuk mengelola waktu saat mengerjakan. Sehingga pada saat pelaksanaan kita tidak perlu membuang-buang waktu. Kita bisa berlatih soal dari soal-soal yang sudah muncul di tahun sebelumnya. Biasanya tipe dan jenis soalnya sama sehingga dengan mengerjakannya kita akan lebih hafal dengan pola-pola yang disediakan.

2. Memahami Konsep Soal

Dalam mengerjakan soal kita perlu menggunakan strategi. Strategi tersebut adalah dengan mengetahui konsep-konsep dari soal yang akan disajikan. Memang benar soal yang disajikan tentulah akan berbeda setiap tahunnya. Namun konsep yang ada pada soal-soal tersebut hanya akan berulang-ulang saja. Sehingga dengan memahami konsepnya, kita akan tetap bisa mengerjakan meski soal-soal yang ada. Kita tidak akan kesulitan sebab kita sudah memahami langkah-langkah untuk mengerjakan sebuah soal.

3. Mengikuti Tryout

Saat ini sudah banyak sekali lembaga-lembaga khususnya lembaga bimbingan belajar yang mengadakan Tryout baik secara online maupun offline. Sebelum mengikuti UTBK alangkah baiknya, kita mempersiapkannya dengan mengikuti try out yang ramai diadakan. Dengan mengikuti tryout, kita bisa merasakan mengerjakan UTBK dengan suasana yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Dan lagi, setelah try out biasanya kita diberikan pembahasan oleh lembaga yang mengadakan. Dari sana kita bisa mendapatkan cara dan siasat untuk menghadapi UTBK yang sesungguhnya.

4. Teliti dalam Mengerjakan Soal

Kunci selanjutnya dalam mengerjakan soal UTBK adalah teliti pada saat mengerjakan. Tidak perlu terburu-buru hanya karena merasa akan kehabisan waktu. Jika kita telah mempersiapkan dengan baik sebelumnya, tentu kita akan terbiasa pada saat mengerjakan soal UTBK yang sesungguhnya. Jadi pahami soal pelan-pelan dan pilih jawaban yang paling dianggap benar. Jika tersisa waktu jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang.

5. Menentukan Waktu Menjawab Soal

Salah satu keuntungan sering berlatih soal adalah kita jadi bisa menentukan waktu dalam mengerjakan. Soal-soal dalam UTBK tidak semuanya sulit, sehingga kita bisa mengategorikan soal-soal tersebut sesuai dengan waktu pengerjaannya. Soal-soal mudah tentu membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih cepat dibandingkan soal sulit. Dengan begitu, pada saat di ujian yang sebenarnya kita sudah terbiasa untuk melakukan manajemen waktu.

6. Menggunakan Teknik Skimming

Skimming adalah teknik membaca untuk menemukan gagasan atau inti utama pada bacaan secara keseluruhan. Teknik ini bisa digunakan untuk soal dengan bacaan panjang dan meminta kita mencari topik utamanya. Jika kita menggunakan teknik membaca biasa tentu kita akan membutuhkan waktu yang lebih lama, sedangkan soal yang dikerjakan tidak hanya itu saja. Dengan teknik skimming kita bisa memperoleh gambaran dari bacaan tanpa perlu membaca bacaan secara menyeluruh. Adapun cara membaca dengan teknik skimming antara lain seperti membaca judul bacaan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan membaca awal kalimat di setiap paragraf, lalu diakhiri dengan membaca kesimpulannya. Dari kesimpulannya itu kita bisa mengetahui topik apa yang tengah dibicarakan dalam sebuah bacaan.

7. Menggunakan Teknik Scanning

Jika teknik skimming berguna untuk mencari topik utama dari sebuah bacaan, maka teknik scanning akan membantu kamu menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan panjang. Dengan teknik scanning kita bisa mencari kata kunci dari pertanyaan yang diberikan. Teknik scanning ini berbeda dari skimming. Pada teknik ini kita hanya perlu mencari kata kunci yang diminta oleh sebuah soal tanpa perlu memahami isi bacaan. Apabila sudah berhasil menemukan, barulah kita bisa menarik benang merah dari bacaan. Pada saat menarik benang merah ini, jika bacaan cukup panjang maka kita juga perlu menggunakan teknik skimming.

Itulah tadi 7 cara cepat mengerjakan UTBK. Jadi tidak perlu khawatir lagi jika akan menghadapi UTBK, sebab jika kita sudah menegtahui dan menerapkan cara-cara, maka sisanya tinggal berdoa supaya diberikan kelancaran dan hasil yang terbaik. Semangat para pejuang!