7 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah yang Perlu Diketahui

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak belajar. Tidak adanya biaya bukanlah sebuah penghambat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ini sudah terdapat banyak sekali penyedia beasiswa bagi kita yang ingin melanjutkan kuliah. Meski begitu perjuangan untuk mendapatkan beasiswa juga bukan sesuatu yang mudah.

Banyak orang gagal mendapatkan beasiswa, namun bukan berarti hanya sedikit yang berhasil. Jika kita tahu cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah, kita akan lebih mudah mengejar cita-cita. Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah sehingga kita tidak perlu takut tidak bisa melanjutkan kuliah.

Cara mendapatkan Beasiswa Kuliah

1. Mencari Informasi Program Beasiswa

Cara pertama untuk bisa mendapatkan beasiswa adalah dengan rajin mencari informasi terkait program-program beasiswa. Saat ini sudah banyak sekali lembaga yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan beasiswa bagi kita yang ingin melanjutkan kuliah. 

Kita bisa aktif bertanya pada pihak sekolah ataupun kampus yang akan kita tuju untuk mendapatkan informasi beasiswa ini. Selain itu, kita juga bisa mengetahui informasi beasiswa melalui riset yang kita lakukan di internet dan media sosial. Sekarang sudah banyak sekali informasi yang tersebar serta bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun.

2. Memiliki Prestasi Akademik yang Baik

Salah satu syarat agar kita bisa lolos dan mendapatkan beasiswa adalah dengan memiliki prestasi akademik. Hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan utama, karenanya jika ingin mendapatkan beasiswa, kita harus rajin selama masih duduk di bangku sekolah. Tujuan dari seleksi prestasi akademik ini adalah untuk mencetak penerus yang lebih berkualitas yang nantinya akan mengembangkan bangsa.

3. Menentukan Bidang Studi yang Diinginkan

Dalam memilih beasiswa, sebisa mungkin kita memilih jurusan dan universitas yang benar-benar diinginkan. Tentunya hal ini diiringi dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan memaksakan memilih sebuah program studi yang jauh melampaui kemampuan yang kita miliki. Sebab menjalani kuliah terlebih dengan beasiswa artinya kita harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah kita pilih.

Untuk bisa menentukan akan ke mana, kita bisa melihat dan mengenali minat serta bakat yang kita miliki. Bidang studi yang dipilih berdasarkan minat dan bakat biasanya akan menghasilkan hasil yang baik.

4. Menyiapkan Dokumen Penting

Hal yang tidak kalah penting supaya kita bisa mendapatkan beasiswa adalah dengan menyiapkan dokumen penting. Dokumen-dokumen ini biasanya digunakan sebagai syarat administrasi mendaftar beasiswa. Biasanya terdiri dari ijazah, transkrip nilai, juga sertifikat yang pernah diperoleh. Saat menyalin atau menduplikat, jangan lupa untuk menjaga kualitasnya agar tetap bagus dan mudah dibaca.

5. Menyiapkan CV dan Resume

Curriculum Vitae (CV) atau resume diri adalah hal yang cukup penting untuk mendapatkan beasiswa. Melalui CV atau resume, penyelenggara beasiswa bisa melihat dan menilai diri kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membuat CV atau resume yang baik. Kita bisa menyampaikan pula alasan mengapa kita memilih jurusan dan universitas yang kita tuju. Jangan lupa juga untuk mencantumkan berbagai pengalaman yang pernah kita dapat untuk mendapatkan nilai tambahan.

6. Menguasai Bahasa Asing

Biasanya penyelenggara beasiswa mewajibkan para pelamarnya untuk bisa menguasai bahasa asing, dalam kasus umum adalah bahasa inggris. Kita diminta untuk melampirkan sertifikat yang menyatakan bahwa nilai bahasa inggris kita baik ataupun melampaui standar tertentu. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk memperdalam bahasa inggris jika benar-benar ingin mendapatkan beasiswa. Calon mahasiswa dengan kemampuan bahasa asing yang bagus memiliki peluang lebih besar untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah bahkan universitas luar negeri sekalipun.

7. Tekad dan Semangat yang Kuat

Hal lain yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan beasiswa adalah tekad yang kuat juga semangat yang besar. Mencari beasiswa memang memerlukan waktu dan proses yang cukup panjang. Karenanya kita harus memiliki tekad yang kuat jika ingin mendapatkannya.

Kita harus sabar dan pantang menyerah jika menghadapi kendala di tengah-tengah prosesnya. Banyak orang gagal justru karena lelah, jenuh, malas, lantas berhenti di tengah jalan. Sayang sekali bukan jika kita tidak berhasil bukan sebab tidak memiliki potensi, melainkan karena usaha kita tidak maksimal.

Nah, itu tadi adalah 7 cara agar kita bisa mendapatkan beasiswa. Jadi, semakin semangat kan dalam mendapatkan beasiswa untuk meraih cita-cita? Jangan takut gagal, sebab selalu ada kesempatan di balik kata gagal. Semangat!