7 Cara Mengatasi Kantuk Pada Saat Belajar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Merasakan kantuk adalah hal yang wajar. Keadaan ini sering terjadi di saat seseorang kekurangan waktu tidur ataupun kurang istirahat. Rasa kantuk bisa menyerang kapan saja, termasuk ketika kita sedang belajar.

Mengantuk ketika sedang belajar merupakan hal yang cukup menyebalkan. Pasalnya, rasa kantuk itu bisa menyebabkan kita kehilangan fokus dan konsentrasi. Akibatnya, proses belajar yang kita lakukan menjadi kurang maksimal dan bisa memengaruhi hasil yang ingin kita capai.

Meskipun sebenarnya kondisi ini wajar, namun rasa kantuk yang datang saat belajar harus diatasi sehingga kita bisa kembali berkonsentrasi belajar. Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk saat belajar? Yuk kita cari tahu jawabannya berikut ini.

Cara Mengatasi Kantuk Saat Belajar

1. Melakukan Peregangan Kecil

Salah satu penyebab rasa kantuk yang datang pada saat belajar adalah karena tubuh yang kurang bergerak. Untuk mengatasinya, kita bisa mencoba untuk melakukan peregangan kecil pada bagian tubuh kita. Meregangkan tubuh bisa menjadikan kita lebih relax dan bisa kembali fokus.

Cara seperti ini juga dapat meningkatkan energi, membantu kita tetap terjaga, dan membantu melepaskan stres yang mungkin sedang dirasakan saat belajar. Alhasil, konsentrasi kita bisa semakin meningkat.

2. Duduk Dengan Tegak

Saat belajar, kita dianjurkan untuk mencari posisi senyaman mungkin. Tetapi pada pelaksanaannya, hal tersebut malah seringkali menimbulkan rasa kantuk ketika belajar. Karenaya, posisi duduk tegak adalah posisi yang disarankan agar kita tetap terjaga dan fokus ketika belajar.

3. Menggunakan Pencahayaan yang Memadai

Tubuh kita dapat memberikan respons terhadap sinyal yang berasal dari lingkungan, seperti ada atau tidak adanya cahaya. Jika kita terbiasa tidur dalam kondisi tanpa cahaya atau gelap, maka tidak heran jika kita justru mengantuk pada saat belajar dengan pencahayaan yang redup.

Oleh karena itu, tubuh kita mungkin akan menangkap sinyal berbeda jika keadaan lingkungan lebih terang. Kita mungkin akan lebih mudah terjaga saat ada cahaya sehingga belajar dengan cahaya yang memadai dapat membantu menghilangkan rasa ngantuk.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk saat belajar adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Komposisi yang terkandung dalam makanan sehat bisa membuat otak lebih aktif sehingga kita bisa tetap fokus belajar. Kita juga bisa mengonsumsi yoghurt dan buah-buahan segar sebagai alternatif pilihan camilan sehat untuk melawan rasa mengantuk saat belajar.

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Rasa kantuk bisa muncul sebab kita sedang kekurangan oksigen. Salah satu cara untuk terus mendapat asupan oksigen adalah dengan rajin mengonsumsi air putih. Saat cairan dalam tubuh tetap terjaga, darah dapat terus membawa oksigen dan berbagai nutrisi yang otak butuhkan. Alhasil, kita akan tetap bisa fokus saat belajar.

Sebaliknya, saat tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi, kita bisa langsung merasakan kelelahan, cepat merasa emosional, dan tentu saja mengantuk saat belajar atau berkonsentrasi.

6. Istirahat Dengan Cukup

Rasa kantuk yang muncul pada saat belajar bisa jadi disebabkan oleh waktu tidur yang kurang. Karenanya tidur tepat waktu dan memiliki waktu istirahat yang cukup bisa mencegah timbulnya rasa kantuk saat kita sedang melakukan proses pembelajaran di siang hari. 

Kita bisa membiasakan diri tidur selama 7 hingga 8 jam pada malam hari dan mengurangi kebiasaan begadang. Hal ini diharapkan dapat membantu tubuh dan otak kita untuk tetap fokus pada saat belajar.

7. Belajar Dengan Teman

Pada saat belajar sendiri, tidak jarang kita justru malas dan ingin tidur-tiduran. Dari hal ini, maka alternatif lain yang muncul adalah belajar secara berkelompok dengan teman. Dalam belajar kelompok, kita bisa saling bertukar pikiran jika bertemu suatu permasalahan.

Belajar bersama teman juga bisa meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, cara ini juga mampu merangsang otak agar lebih aktif dan membuat kita terhindar dari rasa ngantuk saat belajar.

Nah, itulah tadi 7 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang datang pada saat kita sedang belajar. Semoga setelah membaca cara-cara di atas, teman-teman bisa jadi semangat belajar dan tidak lagi punya alasan untuk bermalas-malasan. Sebab masa depan kita tidak berada di tangan orang lain, melainkan ada pada tangan kita sendiri.