7 Tips Jitu Mengerjakan Ujian Online dari Rumah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pandemi belum berakhir. Kegiatan pembelajaran masih terus dilaksanakan dari rumah. Hal tersebut tentu berdampak pada kegiatan ujian yang juga harus dilaksanakan di rumah. Banyak di antara kita, peserta didik, yang kewalahan sebab sulitnya mengatur jadwal. Pasalnya memang seluruh kegiatan yang lebih sering dilakukan di dalam rumah menyebabkan manajemen waktu yang cukup berantakan.

Mungkin beberapa di antara kita sudah tidak asing dengan sistem ujian online ini, namun tidak sedikit juga yang masih kebingungan dan kerepotan. Lantas bagaimana solusi untuk hal tersebut jika sebentar lagi sudah harus menjalani berbagai macam ujian? Jangan khawatir, di bawah ini akan ada tips-tips yang akan membantu kita dalam mengerjakan ujian online dari rumah. Yuk simak ulasannya.

Tips Mengerjakan Ujian Online dari Rumah

1. Cek Jadwal Ujian

Sebelum ujian, baik online maupun offline tentu kita harus melakukan pengecekan jadwal ujian. Hal ini tentu bertujuan agar kita tidak salah jadwal. Jangan sampai kita mempelajari suatu materi yang justru tidak diujikan di keesokan hari. Jangan lupa juga untuk melihat kapan waktu ujian dimulai dan berapa lama durasi pengerjaannya. Jadi, kita bisa memprediksi berapa waktu yang diperlukan untuk mengerjakan setiap soalnya supaya tidak kehabisan waktu.

2. Bangun Lebih Awal

Melaksanakan pembelajaran jarak jauh membuat kita sulit mengatur waktu. Kebiasaan sekolah dari rumah menyebabkan kita merasa bisa tidur larut sebab tidak harus bergegas pergi ke sekolah keesokan paginya. Namun jika hal tersebut dilakukan terus menerus, tentu akan berpengaruh pada kesehatan sebab tidur terlalu larut tidak baik untuk kesehatan.

Selain itu, tidur terlalu larut menjadikan kita terlambat mengikuti kegiatan pembelajar. Meskipun dilaksanakan dari rumah kita tetap harus membangun rasa disiplin dan tanggung jawab kita sebagai pelajar. Hal ini juga perlu diterapkan pada saat ujian. Pastikan kita tidur lebih awal dengan kualitas tidur yang baik sehingga tidak ketinggalan dalam mengerjakan ujian.

3. Menyiapkan Tempat Ujian yang Nyaman

Dalam mengerjakan ujian online, kita membutuhkan tempat atau ruangan yang nyaman. Hal ini membantu kita untuk bisa tetap fokus dan berkonsentrasi agar maksimal dalam mengerjakan ujian. Kita bisa menata posisi kursi dan meja agar tetap mendapat pencahayaan yang baik sewaktu ujian berlangsung. Selain itu kita juga harus memastikan ruang yang kita gunakan bisa mengakses sinyal internet dengan baik. Sebab selain belajar, keberhasilan ujian online juga dipengaruhi oleh koneksi internet.

4. Mempersiapkan Keperluan Ujian

Untuk mengerjakan ujian online tentu ada beberapa alat pendukung yang akan digunakan. Oleh sebab itu sebelum memulai ujian, kita perlu mempersiapkan keperluan yang akan kita butuhkan selama ujian berlangsung. Alat-alat pendukung itu seperti laptop, handphone, alat tulis jika diperlukan, charger, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya bisa berfungsi dengan baik.

5. Membaca Petunjuk Ujian dengan Cermat

Bagi sebagian kita, ujian online mungkin suatu hal yang baru. Banyak aturan yang harus kita pahami sebelum mengerjakan. Misalnya saja, bagaimana cara menjawab soal pilihan ganda, uraian, cara penilaian bagi jawaban benar atau salah, dan lain sebagainya. Karenanya, sangat penting untuk kita membaca petunjuk pengerjaan dengan cermat sebelum mengerjakan ujian. Apabila ada petunjuk yang tidak kita mengerti, jangan ragu bertanya ke guru sebelum ujian online dimulai.

6. Mengerjakan Ujian dengan teliti

Jangan hanya pada saat ujian offline kita teliti dalam mengerjakan ujian, pada saat online pun juga harus begitu. Tidak perlu terburu-buru memilih atau memasukkan jawaban. Pastikan kita membaca soal dan pilihan jawaban dengan saksama jika ujian disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Jangan lupa lakukan pengecekan ulang jika seluruh soal telah dijawab. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada soal yang terlewat juga seluruh jawaban yang kita pilih sudah tepat.

7. Menyiapkan Aplikasi Ujian Online

Saat ini mengerjakan ujian online sudah lebih mudah sebab banyak aplikasi ujian online yang mulai dikembangkan, salah satunya adalah Ujione. Aplikasi Ujione mempunyai beragam fitur yang bisa mempermudah kita dalam mengerjakan ujian. 

Terdapat fitur jadwal ujian beserta pengingatnya yang membantu kita meminimalisir kesalahan jadwal ataupun keterlambatan ujian. Selain itu proses penggunaannya yang mudah sangat membantu kita menghemat waktu dan fokus mengerjakan ujian saja. Ada juga fitur feedback dari guru yang membuat kita mengetahui masukan-masukan yang diberikan guru meskipun ujian dilaksanakan secara online. 

Itulah tadi 7 tips mengerjakan ujian online dari rumah. Semoga tips-tips di atas bisa membantu teman-teman yang sedang atau akan melaksanakan ujian.