7 Tips Sukses Mengerjakan Ujian Online

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
aplikasi ujian online tips mengerjakan ujian online
(Sumber: unsplash.com)

Pandemi sudah berjalan selama satu tahun. Banyak sekali sektor yang dirugikan karena situasi ini. Sektor pendidikan menjadi salah satu yang terdampak atas bencana yang menyerang seluruh belahan dunia. Semua aktivitas yang dahulu bebas menjadi terbatas. Begitupun kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan di instansi pendidikan, terpaksa dirumahkan. Semua aktivitas dilakukan secara online. 

Tidak hanya sistem belajar yang dilaksanakan secara daring, namun banyak sekolah yang akhirnya melaksanakan ujian dengan sistem online. Ujian online ini tentu bukan sesuatu yang asing, namun begitu masih ada beberapa di antara kalian yang mungkin baru pertama kali melakakukannya.

Ujian online dan offline tentu memiliki beberapa perbedaan, baik dari segi persiapan maupun pengerjaan. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat mengerjakan ujian online di rumah. Yuk, simak sama-sama, ya!

Tips Sukses Mengerjakan Ujian Online

1. Cek Jadwal Ujian

aplikasi ujian online cek jadwal ujian
(Sumber: unsplash.com)

Kalian pasti pernah kan salah mengingat jadwal ujian? Kalau pernah, jangan coba-coba untuk melakukannya lagi ya. Bisa bahaya kalau sampai salah jadwal. Kalian sudah belajar mata pelajaran A, tapi yang dijadwalkan justru mata pelajaran B. Karenanya, selalu cek jadwal ujian yang sudah diberikan ya. Kalau sekolah kalian menggunakan aplikasi ujian online, biasanya akan lebih mudah mengetahuinya.

Pastikan juga kalian melihat kapan waktu ujian dimulai dan berapa durasi pengerjaan soal ujiannya. Jadi, kalian bisa mengira-ngira, berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap soalnya. Supaya waktu kalian tidak terbuang sia-sia.

2. Bangun Lebih Awal

aplikasi ujian online bangun lebih awal
(Sumber: unsplash.com)

Selama sekolah menggunakan sistem daring, jadwal tidur kalian pasti jadi berantakan kan? Mengerjakan tugas hingga malam sampai menggeser waktu tidur yang biasanya sudah ditetapkan. Alhasil, kalian juga akan bangun kesiangan. Kebiasaan itu jangan sampai terbawa saat ujian ya. Sayang kalau waktu mengerjakan kalian harus berkurang karena alasan bangun kesiangan.

Belajar untuk mengatur waktu tidur kalian lagi ya. Usahakan untuk tidak tidur terlalu malam sehingga kalian bisa bangun lebih awal. Jadi, kalian tidak perlu buru-buru. Kalian masih bisa mandi pagi agar segar, sarapan pagi agar perut kenyang, dan mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk ujian. Kalau semua persiapan sudah terpenuhi, saat mengerjakan nanti menjadi lebih mudah untuk dilalui.

3. Pilih Tempat Ujian yang Nyaman

aplikasi ujian online pilih tempat ujia yang nyaman
(Sumber: unsplash.com)

Meski ujian tidak bisa dilakukan di sekolah dengan kondisi yang biasanya ideal, bukan berarti kalian bisa sembarangan memilih tempat untuk mengerjakan. Pilih tempat yang nyaman, jauh dari gangguan seperti suara gaduh yang bisa memecah konsentrasi, dan pilih yang pencahayaannya terang. Jangan mengerjakan ujian di tempat yang gelap ya, bukannya selesai tapi bisa jadi kalian justru terlelap karena suasananya.

Nah, karena ujian dilakukan secara online, itu artinya kalian pasti membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengerjakannya. Jadi, jangan sampai lupa untuk memilih tempat yang mana koneksi internetnya stabil. Sayang kalau kalian sudah bangun awal untuk bersiap ujian, tapi justru tidak fokus hanya karena sibuk mencari jaringan internet. Selain membuat tidak fokus, waktu ujian kalian yang terus berjalan juga akan terbuang.

4. Mempersiapkan Segala Kebutuhan Ujian

aplikasi ujian online mempersiapkan kebutuhan ujian
(Sumber: unsplash.com)

Selain handphone atau laptop, kalian juga perlu menyiapkan peralatan lain yang mendukung agar ujian berjalan lancar. Seperti charger, alat tulis, sampai aplikasi ujian online yang akan kalian gunakan sesuai dengan arahan dari sekolah kalian masing-masing.

Kalian juga harus periksa kuota data apabila di rumah kalian tidak menggunakan jaringan wifi. Jangan sampai sedang serius mengerjakan soal ujian, eh paket data kalian habis di tengah jalan.

5. Mencermati Petunjuk Ujian

aplikasi ujian online mencermati petunjuk ujian
(Sumber: unsplash.com)

Mengerjakan ujian online tentu berbeda dengan mengerjakan ujian offline. Petunjuk pengerjaannya bisa jadi tidak sama dengan mengerjakannya secara langsung. Karenanya, penting bagi kalian untuk mencermati setiap petunjuk yang sudah disediakan untuk tiap-tiap jenis soal. 

Meski sudah pernah mengerjakan ujian online berkali-kali, jika tidak cermat dalam membaca petunjuk ujian, ya akan gagal juga. Bisa jadi kalian diberikan nilai minus saat kalian menjawab salah sebuah soal yang disediakan. Padahal andai saja kalian lebih cermat lagi, mungkin hasilnya akan lebih baik dari itu. Jadi jangan lupa cermati!

6. Berdoa

aplikasi ujian online berdoa
(Sumber: unspalsh.com)

Setelah melakukan semua usaha di atas, sekarang saatnya kalian berdoa sebelum memulai mengerjakan ujian. Serahkan semua yang sudah kalian usahakan pada yang Maha memiliki ilmu. Kalian sudah belajar, sudah berusaha mempersiapkan, sekarang tinggal percayakan semuanya pada Tuhan.

7. Mengerjakan Soal dengan Teliti

aplikasi ujian online mengerjakan soal dengan teliti
(Sumber: unsplash.com)

Setelah berdoa, kini saatnya kalian mengerjakan. Tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan. Pahami dan baca berulang-ulang soal yang ada di hadapan kalian. Kerjakan soal dari yang paling mudah terlebih dahulu. Tinggalkan dahulu soal yang kalian jawab dengan ragu-ragu. Nanti jika masih ada waktu, pastikan kalian kembali ke soal tersebut untuk mengecek ulang jawabannya.

Oke, itu tadi beberapa tips yang bisa kalian terapkan saat mengerjakan ujian online. Meski semuanya terasa sulit dan membosankan, jangan kendorkan semangat belajar kalian. Mimpi kalian esok ditentukan dari sikap kalian hari ini. Semangat!