8 Tips Menjadi Guru yang Menyenangkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Semangat belajar tidak selalu datang dari sendiri. Ada kalanya, semangat belajar siswa justru datang dari faktor eksternal seperti guru dan lingkungan. Sudah banyak fakta menyebutkan bahwa guru bisa menjadi faktor yang menentukan  semangat siswa dalam belajar.

Meski tidak semua, tetapi guru yang memiliki cara pengajaran otoriter dengan cara lama lebih tidak disukai oleh siswa. Siswa menjadi takut untuk mengikuti pelajaran sehingga mereka akan cenderung meninggalkan kelas untuk menghindar.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, guru otoriter dirasa sudah tidak diperlukan karena tidak sesuai dengan kepribadian siswa di zaman modern ini. Kita membutuhkan guru menyenangkan yang mampu menghidupkan suasana kelas sehingga tidak monoton dan membosankan. Ada kalanya siswa menemui mata pelajaran atau suatu materi yang begitu sulit dipahami. Namun hal tersebut akan berbeda jika disampaikan oleh guru yang menyenangkan. Kebingungan yang dialami siswa akan berganti menjadi semangat untuk mempelajari materi tersebut.

Guru yang menyenangkan juga bisa membuat siswa merasa dekat dan nyaman, sehingga siswa dapat mengeksplor diri dengan lebih baik. Nah, tapi bagaimana sih agar bisa menjadi guru yang menyenangkan? Berikut akan disampaikan beberapa tips untuk menjadi guru yang menyenangkan. 

Tips Menjadi Guru yang Menyenangkan

1. Menguasai Materi Pelajaran

Tips pertama untuk menjadi guru yang menyenangkan adalah dengan menguasai materi pelajaran. Pada dasarnya, saat siswa telah masuk kelas, mereka menganggap bahwa guru yang mengajar mengerti dan menguasai materi yang akan disampaikan. Jangan sampai siswa justru meremehkan kita sebagai guru karena tidak menguasai materi dengan baik. Meski dibekali dengan buku, internet, dan media lain sebagai bahan pembelajaran, para siswa tentu lebih ingin mendengarkan langsung penjelasan dari guru yang kredibel dan menguasai materi dengan baik. Oleh karena itu persiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengajar.

2. Memiliki Teknik Mengajar yang Bervariasi

Menjadi guru bukan hanya tentang menyampaikan materi di depan kelas, tetapi bagaimana kita bisa menyampaikan materi tersebut agar bisa diterima dengan mudah dan benar-benar dipahami oleh siswa. Karenanya, guru dituntut untuk kreatif dan inovatif. Guru harus memiliki berbagai teknik mengajar yang bisa menyesuaikan dengan materi ataupun kondisi kelas. Jangan gunakan satu teknik saja karena itu akan membuat siswa bosan. Kita bisa memberikan kegiatan praktikum, diskusi kelompok, hingga permainan sederhana untuk menjadikan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.

3. Menjadi Contoh atau Teladan Bagi Siswa

Sering kita jumpai guru memberikan serangkaian aturan ataupun meminta siswa untuk melakukan suatu perbuatan baik. Namun sudahkah kita sebagai guru melakukan hal yang kita perintahkan tadi? Untuk menjadi guru yang menyenangkan, kita perlu menjadi contoh terlebih dulu untuk siswa. Misalkan ketika meminta siswa untuk disiplin maka gurulah yang harus menunjukan perilaku disiplin terlebih dahulu. Dengan memperlihatkan perilaku yang santun dan bersahabat serta merealisasikan segala ucapan sejatinya guru telah mengajarkan kepada siswa tentang bagaimana bersikap dan berperilaku yang baik dan benar. Karakter guru yang demikian akan menyentuh hati siswa dan membuat mereka menjadi guru yang dirindukan dan menyenangkan.

4. Menjadi Guru yang Humoris

Agar bisa menjadi guru yang menyenangkan, kita perlu menjadi guru yang humoris pula. Siapa sih yang tidak suka diajak bercanda dan tertawa? Tentu siswa pun akan senang sekali jika bisa bercanda dan tertawa bersama gurunya. Pada saat siswa mengingat hal lucu, mereka akan merasa senang dan momen tersebut berkesan. Meski begitu batasi juga humornya agar tidak menyinggung kekurangan dari siswa. Gunakan humor yang masih berkaitan dengan pelajaran agar siswa tidak bosan dalam belajar di kelas.

5. Perhatian dan Komunikatif

Guru adalah orang tua pengganti siswa selama di sekolah. Karenanya, kita sebagai guru diharapkan mampu mengajar dengan ketulusan hati serta menyayangi mereka seperti anak sendiri. Guru akan dianggap menyenangkan jika bisa memberikan perhatian kepada siswanya meskipun hal tersebut terlihat kecil dan basa-basi. Dengan hal sederhana seperti itu, akan memunculkan rasa kagum dan cinta dari seorang siswa terhadap gurunya. Selain itu guru juga harus komunikatif yakni mudah untuk menjalin komunikasi dengan siswa sehingga tidak membuat siswa merasa takut dan segan untuk berkomunikasi dengan guru.

6. Menjadi Guru yang Ramah

Seorang guru yang menyenangkan sebaiknya bersikap ramah terhadap siapa saja termasuk kepada siswa. Ramah di sini berarti guru sebaiknya tersenyum ketika bertemu siswa-siswanya, menyapa siswanya, menanggapi sapaan siswanya, dan tidak memberikan siswa rasa canggung ketika bertemu. Dengan bersikap ramah dan terbuka kepada siswa akan membuat siswa tidak sungkan dalam mengutarakan kesulitannya kepada guru.

7. Memiliki Sikap Dinamis

Pada saat proses pembelajaran, tidak jarang siswa akan merasa bosan. Entah karena suasana hati yang kurang baik atau materi yang terlalu sulit. Hal tersebut bisa dihindari jika guru memiliki sikap dinamis. Ketika mengetahui kondisi yang kurang kondusif, guru diharapkan mampu berpikir cepat untuk membangun kondisi yang kondusif. Dalam hal ini, alih-alih melanjutkan pelajaran, guru bisa menyisipkan cerita-cerita inspirasi dan motivasi supaya anak bisa kembali fokus dan semangat dalam belajar.

8. Adil dan Bijaksana dalam Memperlakukan Siswa

Di lingkungan sekolah tentu terdapat banyak siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita perlu berlaku adil kepada setiap siswa tanpa membeda-bedakannya. Hindari memuji berlebihan kepada siswa yang paling pintar agar siswa tersebut tidak merasa sombong dan bertindak semena-mena terhadap siswa yang kurang pintar. Berikan pula apresiasi atas apa yang dicapai siswa, sekecil apapun bentuknya. Untuk bisa berlaku adil dan bijaksana memang diperlukan kesabaran. Jika hal tersebut bisa direalisasikan maka tidak menutup kemungkinan kegiatan pembelajaran akan selalu menyenangkan bagi siswa.

Demikianlah informasi seputar tips menjadi guru yang menyenangkan, semoga tips di atas bisa membantu para guru agar lebih baik dalam mengajar.