Alasan Sekolah Harus Menggunakan Aplikasi Ujian Online?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(Sumber : unsplash)

Selama 1 tahun ini, virus corona sudah menemani hari-hari kita semua. Adaptasi kebiasaan baru mulai terasa biasa. Keadaan pandemi memang membuat kita yang terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah terpaksa menggantinya dengan tetap di rumah saja. Termasuk juga pembelajaran yang diadakan di sekolah maupun di tingkat universitas. 

Menjalankan pembelajaran jarak jauh tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilalui. Butuh adaptasi dan proses yang terus diperbaiki. Kegiatan belajar yang semula di lakukan di lingkungan instansi pendidikan, yang sudah dikondisikan sedemikan rupa, terpaksa harus dihentikan sementara. Semuanya beralih menjadi pembelajaran yang dilakukan secara online saja.

Menggelar pembelajaran secara online adalah tantangan bagi para guru, siswa, dan juga orang tua di tengah kenyamanan belajar tatap muka. Untuk mendapatkan hasil yang baik, semuanya memang harus dipersiapkan dengan matang. Berbicara tentang pembelajaran artinya bukan hanya kegiatan belajar dengan menyampaikan materi semata. Tapi ada satu bagian yang tidak kalah penting yaitu evaluasi dan penilaian.

Di saat situasi tidak memungkinkan untuk bertemu dan bertatap muka, memberikan ujian atau mengadakan kegiatan penilaian merupakan satu tantangan yang dihadapi pengajar. Dengan Berbantuan teknologi yang semakin canggih, akhirnya kita dihadapkan pada beberapa aplikasi ujian online yang sudah mulai dikembangkan. Lalu mengapa sekolah perlu menggunakannya? Mari kita simak sama-sama.

Alasan Sekolah Harus Menggunakan Aplikasi Ujian Online

1. Menyesuaikan Diri dengan Perkembangan Teknologi

(Sumber: unsplash)

Melaksanakan ujian dengan cara konvensional, seperti menggunakan kertas memang sudah jadi kebiasaan sejak zaman dulu hingga sekarang. Namun kita tidak bisa memungkiri bahwa kemajuan teknologi sudah sangat pesat saat ini. Sehingga mau tidak mau kita pun harus menyesuaikan diri, termasuk menggunakan aplikasi ujian online dalam melakukan kegiatan penilaian.

2. Menghemat Anggaran

(Sumber: unsplash)

Anggaran menjadi sesuatu yang penting untuk dipikirkan dalam sebuah instansi pendidikan. Menggunakan metode penilaian konvensional bisa membuat pengeluaran menjadi lebih banyak. Kita tentu perlu melakukan penggandaan lembar soal dan lembar jawab untuk ujian. Sedang dengan menggunakan aplikasi ujian online, anggaran yang semula dialokasikan untuk kegiatan penilaian bisa dialihkan kepada hal-hal lain. Misalkan saja untuk kegiatan pengembangan siswa atau biaya perawatan komputer sekolah.

3. Mempermudah Proses Persiapan Sebelum dan Sesudah Ujian

(Sumber: unsplash)

Mengadakan kegiatan penilaian tanpa menggunakan aplikasi ujian online memerlukan persiapan yang cukup panjang. Seperti proses mencetak dan memperbanyak lembar soal juga jawaban. Dengan menggunakan aplikasi ujian online, kita cukup dengan satu kali meng-input soal ke server, maka seluruh siswa sudah bisa mengikuti ujian. Begitu juga ketika ujian sudah selesai, guru tidak perlu pusing memeriksa hasil ujian yang jumlahnya hingga berlembar-lembar. Sistem pada aplikasi ujian online ini akan mengakumulasi secara otomatis nilai hasil ujian para siswa berdasarkan kunci jawaban yang telah diinput sebelumnya.

4. Siswa Lebih Mudah dalam Mengerjakan Ujian

(Sumber: unsplash)

Pada saat ujian, siswa seringkali mengalami kesalahan dalam menjawab pertanyaan, sehingga tidak jarang kita temukan coretan-coretan pada lembar jawaban. Melalui aplikasi ujian online, siswa tidak perlu mengalami hal tersebut. Siswa hanya perlu mengklik atau mengetikkan jawaban di lembar jawab online. Kalaupun terjadi kesalahan, tidak akan ada coretan-coretan seperti jika mengerjakan ujian dengan kertas sebagai medianya. Mengamati soal bergambar juga akan lebih mudah karena ada fasilitas memperbesar gambar.

5. Hasil Ujian Lebih Cepat dan Akurat

(Sumber: unsplash)

Menghitung nilai secara manual kerap kali menghasilkan kesalahan, sebab banyak faktor yang mempengaruhinya. Kesalahan manusia (human error) tentu sulit untuk diprediksi. Sehingga menggunakan aplikasi ujian online akan meminimalisir hal-hal tersebut. Sistem pada aplikasi ujian online secara otomatis akan mencocokkan jawaban siswa dengan kunci jawaban yang telah diinput guru sebelumnya. Hasil nilai pun keluar lebih cepat, tidak butuh waktu hingga berhari-hari. Setelah ujian selesai, hasil nilai muncul secara otomatis dan dapat disimpan secara lebih praktis menjadi arsip guru.

6. Menjaga Kelestarian Bumi 

(Sumber: unsplash)

Menggunakan  kertas sebagai media melaksanakan ujian sama artinya dengan menambah banyaknya pohon yang akan ditebang. Sementara kita tahu bahwa penebangan pohon dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Karenanya, dengan mengurangi penggunaan kertas dan beralih menggunakan aplikasi ujian online, itu artinya kita sudah turut membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Demikian adalah beberapa alasan mengapa kita, khususnya sekolah, perlu mempertimbangkan menggunakan aplikasi ujian online sebagai pengganti ujian konvensional. Apalagi di era saat ini, menggunakan sistem yang bekerja secara digital akan menjadikan kita mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.