Cara Membuat Soal Ujian di Whatsapp

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pembelajaran jarak jauh yang sedang akrab sekarang ini memaksa kita untuk selalu berinovasi dan berlaku kreatif. Kita tidak lagi bisa terdiam saja sedang sekitar kita berubah dengan cepatnya. Sebentar saja terdiam, maka kita akan tertinggal. Saat ini sudah banyak sekali hal-hal baru yang dikembangkan untuk pembuat pembelajaran daring menjadi mudah dilakukan dan menyenangkan.

Salah satunya adalah tentang pembuatan soal ujian. Dahulu, membuat soal hanya bisa kita lakukan menggunakan aplikasi microsoft word. Hari ini, membuat soal ternyata sudah bisa dilakukan dengan menggunakan whatsapp. Iya, aplikasi mengirim pesan yang terkenal itu juga mampu digunakan untuk membuat soal. Lalu bagaimana caranya? Mari kita simak ulasannya.

Membuat Soal dengan Whatsapp Auto Respon

Sebenarnya, dalam pembuatan soal online menggunakan whatsapp, kita tidak langsung menggunakan fitur yang ada di dalam whatsapp. Kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu whatsapp auto respon yang mana aplikasi ini terhubung dengan aplikasi whatsapp yang sering kita gunakan untuk bertukar pesan sehari-hari.

Dalam pembuatan soal online menggunakan whatsapp auto respon kita menggunakan beberapa alat di antaranya:

  • Aplikasi whatsapp
  • Aplikasi whatsapp auto respon, dan
  • Google Spreadsheet

Langkah-langkah Membuat Soal Online di Whatsapp Auto Respon

A. Membuat Rumus di Google Spreadsheet

1. Login ke Google Spreadsheet

  • Buka Email
  • Klik pada bagian pojok kanan atas sebelah kiri foto profil
  • Pilih Sheet

2. Membuat Halaman Baru

Setelah Google Sheet terbuka, kita bisa membuat halaman baru dengan mengklik Tombol (+) yang ada di bagian samping kiri layar. Halaman baru ini yang akan kita jadikan tempat untuk membuat soal ujian beserta jawabannya.

3. Menyiapkan Form Google Spreadsheet

Cara membuat soal dan jawaban di Google Spreadsheet sangat mudah karena cara melakukannya sama dengan pada aplikasi Excel. Kita bisa memanfaatkan dua kolom, Kolom A untuk membuat soal dan Kolom B untuk membuat jawabannya.

4. Mengisi Form Google Spreadsheet

Pada Kolom A kita bisa menuliskan kode-kode pesan masuk. Sedangkan Kolom B adalah jawaban atau respon dari pesan yang masuk. Pada cara ini dapat kita ketikkan langsung di Google Spreadsheet atau dapat juga dengan copy-paste dari Excel yang sebelumnya sudah dibuat.

Di bawah ini adalah contoh untuk membuat soal ujian online di Google Spreadsheet

5. Memberi Nama File dan Menyimpannya

Setelah mengisi kedua kolom, jangan lupa untuk menyimpannya dengan mengklik Save. Pemberian nama file sebaiknya sesuai dengan materi yang terdapat pada Google Spreadsheet agar tidak terjadi kesalahan dalam sinkronisasi dengan WhatsApp.

B. Sinkronisasi Google Spreadsheet ke Whatsapp

Langkah-langkah melakukan sinkronisasi Google Spreadsheet dengan WhatsApp adalah:

  1. Buka Aplikasi Whatsapp Auto Respon
  2. Aktifkan WhatsAuto dan klik Simbol HP untuk menghubungkan WhatsApp milik kita. Kita dapat menggunakan WhatsApp biasa ataupun Bisnis.
  3. Non aktifkan Teks Balasan Otomatis dengan cara tidak mencentangnya (biarkan saja). Kirim hanya dengan customer membalas pesan.
  4. Klik Tombol Home dan pilih Spreadsheet. Pilih file yang telah kita buat di Google Sheet sebelumnya.
  5. Tekan Tombol SINKRON untuk menyinkronkan File Google Spreadsheet dengan WhatsApp. Tunggu beberapa saat hingga proses sinkron selesai.
  6. Menentukan Peserta Ujian. Apabila kita memiliki nomor kontak HP peserta didik/mahasiswa yang akan mengikuti ujian, kita dapat menentukan pilihan ke sana. Namun jika tidak memiliki tidak menjadi masalah, namun resikonya adalah orang lain selain peserta ujian bisa mengakses.
  7. Pastikan soal ujian yang akan kita ujikan sudah benar dengan melakukan uji coba dengan menggunakan dua HP yang berperan sebagai HP peserta ujian dan HP penyedia soal ujian.

Nah, demikian tadi adalah cara membuat soal ujian online menggunakan aplikasi whatsapp? Semoga bisa membantu ya.

Namun, selain menggunakan whatsapp, saat ini sudah tersedia lho aplikasi ujian online berbasis cloud yang mudah digunakan yaitu Ujione. Ujione hadir sebagai solusi melaksanakan ujian online. Beragam fitur yang disajikan akan sangat memudahkan kita untuk menyelenggarakan ujian. Tampilan yang menarik juga akan membuat peserta ujian tidak tegang dalam mengerjakan ujian. Tertarik untuk mencoba? Langsung saja kunjungi Ujione.id ya. Lihat informasi lebih lengkap di sana dan coba gratis selama 60 hari!