Cara Menghitung Nilai Rata-rata Rapor Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Saat-saat pergantian semester bagi pengajar biasanya identik dengan rangkaian nilai dan perhitungan rapor. Meski terlihat sederhana, namun jangan salah, urusan nilai dan rapor ini jika salah bisa merugikan beberapa pihak, seperti siswa dan orang tua. Pihak sekolah pun akan dianggap kurang kompeten karena melakukan kesalahan memasukkan nilai.

Nah, untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan tersebut, kami akan memberikan informasi terkait cara menghitung nilai rata-rata rapor. Tanpa perlu berlama-lama, yuk kita simak ulasannya.

Menghitung Nilai Rata-rata Rapor

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa contoh yang disampaikan adalah cara menghitung nilai rata-rata rapor semester 1-5 untuk lulusan tahun 2021. Kita bisa menghitung menggunakan excel agar lebih mudah dan akurat.

Pertama, masukan mata pelajaran dan masing-masing nilai tiap semester. Kemudian, jumlahkan nilai masing-masing semester dibagian bawah. Tuliskan juga jumlah mata pelajaran di bawah jumlah tersebut untuk mempermudah penghitungan. 

Rumus menghitung nilai rata-rata rapor per semester adalah 

Contoh Tabel Menghitung Nilai Rata-rata Rapor

Demikianlah informasi mengenai cara menghitung nilai rata-rata rapor sekolah. Semoga dengan adanya informasi di atas, para pengajar, siswa, maupun orang tua sudah tidak bingung lagi ya. 

Selain menggunakan excel, saat ini sudah terdapat aplikasi ujian online, Ujione, yang menyediakan fitur nilai dan rapor yang bisa digunakan dengan mudah. Para pengajar tidak perlu bingung dan repot lagi sebab seluruh aktivitas evaluasi dan penilaian bisa dilakukan di Ujione sekaligus tanpa perlu khawatir nilai-nilai berceceran.