Mengenal Fitur-Fitur Aplikasi Ujian Online Ujione

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Melaksanakan ujian online dari tempat yang berbeda-beda merupakan salah satu tantangan yang mungkin tengah dihadapi para pelajar juga pengajar saat ini. Pasalnya, banyak yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum kegiatan ujian berlangsung. Beberapa pengembang berlomba-lomba, mengembangkan aplikasi ujian online untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Ujione adalah salah satunya. Ujione sebagai aplikasi ujian online berbasis cloud untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK, baik formal maupun non formal hadir sebagai solusi untuk membantu kebingungan para pengajar. Aplikasi ini mampu menjawab keresahan yang biasanya kerap dilontarkan para pelajar yang mengerjakan ujian secara online.

Kebanyakan pelajar mengeluhkan bahwa jika sebuah aplikasi ujian online digunakan secara bersamaan, maka kemungkinan mengalami error juga semakin besar. Ujione hadir menjawab keresahan tersebut dengan memberikan fasilitas mampu menampung hingga 5000 orang yang mengerjakan ujian dalam satu waktu. Selain fasilitas tersebut, masih banyak lagi fitur-fitur yang dihadirkan untuk membantu para pengajar dalam memberikan materi-materi ujian. Berikut, mari kita simak dan berkenalan dengan fitur-fitur Ujione.

12 Fitur Aplikasi Ujian Online Ujione

1. Ujian atau Penilaian

Sesuai dengan fungsi utamanya yaitu memberikan ruang bagi pengajar dan pelajar untuk mengadakan ujian secara online, maka Ujione memperkenalkan fitur pertama yaitu ujian atau penilaian. Ujian yang dimaksud adalah Ujione bisa digunakan untuk membuat ujian mulai dari tingkat kuis, penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, hingga penilaian akhir tahun. Pada fitur ini pengajar bisa memilih dan menampilkan jadwal serta waktu ujian, mata pelajaran yang akan diujikan, juga soal dan jenjang kelas yang akan mengikuti ujian.

2. Memantau Ujian

Dengan menggunakan Ujione, pengajar bisa memantau kegiatan ujian siwa saat itu juga (real time). Pengajar menjadi tahu sudah sejauh mana siswa mengerjakan ujian yang diberikan.

3. Soal Ujian

Sebelum ujian dimulai, pengajar haruslah menyiapkan soal yang akan diujikan terlebih dahulu. Menggunakan aplikasi ujian online, Ujione, penggajar bisa dengan langsung membuat soal di sana. Atau jika memang sudah punya banyak soal yang sudah siap digunakan, maka pengajar bisa langsung mengunggah soal tersebut ke aplikasi Ujione dengan format dan tata cara yang sudah disediakan.

4. Bank Soal

Adakalanya, pengajar tidak sempat membuat soal karena suatu hal. Ujione sebagai aplikasi ujian online menyediakan fitur berupa bank soal. Bank soal ini adalah tempat di mana para pengajar bisa mengunggah soal dan bisa dengan mudah digunakan pengajar lain yang membutuhkan.

5. Latex

Latex adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak Tex. Tex sendiri merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau untuk membuat formula matematika. Tentu untuk mata pelajaran eksakta seperti matematika, fisika, kimia, dan mungkin di luar rumpun tersebut, dalam pembuatan soal membutuhkan masukan lain selain abjad dan angka-angka. Ujione menyiapkan fitur ini untuk membantu para pengajar dalam membuat soal-soal yang harus menggunakan formula-formula matematika dan sejenisnya.

6. Acak Soal

Pada saat ini, saat para pengajar tidak mampu mengawasi ujian secara langsung, tentu terdapat kekhawatiran-kekhawatiran akan terjadinya kecurangan. Kita tidak pernah tahu betul bagaimana para pelajar mengerjakan ujian dengan sistem jarak jauh. Salah satu upaya mengurangi kecurangan adalah Ujione memberikan fitur acak soal. Dengan fitur ini, soal yang sudah diunggah bisa teracak secara otomatis sehingga antara pelasjar yang satu dan yang lain akan memiliki urutan soal yang berbeda.

7. Hasil Ujian dan Tugas

Fitur ini memberikan pilihan untuk menampilkan hasil ujian atau tidak. Hal tersebut tentu atas pertimbangan pengajar. Selain itu fitur ini juga memberikan alternatif bagi pengajar untuk mengatur tanggal mengumpulkan tugas atau ujian yang harus dikerjakan oleh para pelajar. Dengan fitur ini pula, pelajar bisa melihat peringkatnya dalam sebuah ujian atau tugas. Dari sini pula, baik pengajar maupun pelajar bisa mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa, ataukah mengalami peningkatan atau justru penurunan.

8. Tanggapan Guru

Meskipun tengah menjalankan pembelajaran jarak jauh, interaksi antara pengajar dan pelajar haruslah tetap terjaga. Selain interaksi pada saat kegiatan belajar mengajar yang juga dilaksanakan secara online, interaksi antara pengajar dan pelajar bisa dilakukan setelah mengumpulkan tugas harian ataupun melaksanakan ujian. Ujione menghadirkan fitur tanggapan guru agar pengajar bisa memberikan tanggapan (response) terhadap jawaban dari ujian/tugas para pelajar. Dengan hal itu, siswa tidak hanya mengerjakan ujian namun akan mendapat feedback untuk ke depannya.

9. Kenaikan Kelas

Menggunakan aplikasi ujian online, Ujione, pengajar disediakan fitur kenaikan kelas. Fitur ini memudahkan dalam mengubah dan memindahkan kelas untuk para pelajar pada saat perpindahan semester atau tahun ajaran.

10. Nilai dan Rapor

Selain pelaksanaan ujian, kegiatan memasukkan nilai merupakan satu hal yang cukup merepotkan. Dengan Ujione, tidak hanya mempermudah pada saat ujian, namun juga membantu pengajar dalam membuat laporan nilai. Pengajar bisa melihat nilai tugas maupun ujian dengan mudah. Nilai-nilai ini bisa dilihat untuk tiap individu maupun kelas secara keseluruhan. Nilai-nilai yang sudah jadi nantinya juga dapat diexport.

11. Manajemen Guru atau Pengajar

Fitur ini memberikan akses untuk menambahkan serta mengeluarkan guru dari aplikasi. Selain itu, fitur ini juga bisa memberikan akses bagi wali kelas untuk mengelola kelasnya.

12. Bantuan

Sesuai dengan namanya, fitur ini bertugas menyediakan bantuan perihal penggunaan aplikasi Ujione, dukungan pelatihan pada aplikasi, dan laporan kesalahan program dan fitur. Jadi pengajar atupun pelajar tidak perlu bingung jika kedala datang.

Demikian tadi adalah fitur-fitur unggulan dari aplikasi ujian online Ujione. Selain yang disebutkan di atas, tentu masih ada lagi. Jadi bagaimana? Sudah siap menggunakan Ujione sebagai rekan ujian online teman-teman? Jika masih ingin mencoba, Ujione juga menyediakan fitur uji coba gratis selama 60 hari. Jadi tunggu apa lagi? Ayo rasakan pengalaman melaksanakan ujian online bersama Ujione.