4 Keunggulan Aplikasi Ujian Online Berbasis Cloud yang Wajib Anda Ketahui

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Salah satu cara untuk bisa berkembang adalah dengan mengikuti pergerakan laju teknologi. Teknologi, kita tahu selalu berkembang pesat. Kita sebagai penggunanya seolah harus bisa mengimbangi kecepatannya agar tidak tertinggal di belakang. Jika berbicara tentang teknologi, itu artinya kita juga tengah membahas satu hal yang dekat dan hampir tidak pernah ditinggalkan yaitu internet. Internet adalah salah satu bentuk komunikasi yang dijalankan secara global. Jangkauannya luas dan besar. Karenanya tidak jarang di antara kita yang justru ragu menggunakannya karena alasan takut data-data yang kita unggah tersebar karena ulah pihak yang tidak bertanggung jawab. Karenanya penting bagi kita untuk bijak dalam menggunakannya.

Saat ini salah satu yang tengah ramai diperbincangkan dan digunakan adalah Cloud. Cloud atau komputasi awan adalah teknologi yang menggabungkan layanan internet dengan jaringan komputer untuk mengakses data secara bersama dalam satu server. Data dalam komputer akan disimpan dalam suatu tempat yang tidak bisa dilihat secara fisik, yaitu cloud atau internet. Komputasi awan ini juga sudah merambah ke dunia pendidikan. Lembaga pendidikan tentu banyak menyimpan data seperti data siswa, mulai dari identitas, hingga prestasi selama menempuh pendidikan. Semua data tersebut disimpan dalam sistem Cloud, agar tetap aman dan tersusun dengan rapi.

Saat ini, beberapa aplikasi pembelajaran maupun aplikasi ujian online sudah ada yang menggunakan Cloud. Lalu apa yang lebih diunggulkan dari komputasi Cloud dibanding dengan konvensional? Mari kita perhatikan beberapa keuntungan komputasi Cloud di bawa ini.

Keunggulan Aplikasi Ujian Online Berbasis Cloud

1. Menyimpan Data dengan Aman

Cloud membuat data terkunci dan tak bisa dibaca siapapun, termasuk penyedia Cloud. Hanya pemilik data, yang bisa mengakses menggunakan username dan password. Dengan demikian, kita tentu tidak perlu khawatir data-data yang bersifat sensitif dimata-matai.

Lalu, bagaimana jika data hilang atau terhapus? Penyedia cloud biasanya menyimpan server mereka di data center yang canggih, yang memiliki fasilitas keamanan dan kesinambungan layanan. Data center ini biasanya berlokasi di daerah yang minim terkena risiko bencana, memiliki back-up, serta dilengkapi suplai energi cadangan. Sehingga, ketika pasokan listrik utama terganggu, server selalu tetap bisa diakses.

2. Harga Lebih Terjangkau

Menggunakan aplikasi berbasis Cloud, kita bisa lebih bisa menghemat biaya operasional. Kita tidak perlu banyak membeli perangkat hardware dan software seperti jika menggunakan sistem komputasi konvensional. Kita tidak tak perlu memikirkan soal biaya infrastruktur jaringan, dukungan teknologi terkini, atau kemungkinan memiliki server sendiri. Semua teknologi komputasi awan sudah disediakan dan diperbarui oleh penyedia Cloud.

3. Akses yang Fleksibel

Cloud memanfaatkan teknologi berbasis internet, sehingga pada penerapannya kita bisa menggunakan aplikasi berbasis Cloud ini di mana saja dan dengan perangkat apa saja. Aplikasi berbasis Cloud mampu memberikan layanan yang baik kepada penggunanya, tanpa berbatas jarak dan waktu. Pada dunia pendidikan, misal pada penerapan aplikasi ujian online, kita bisa memantau para pelajar yang mengerjakan ujian atau tidak.

4. Skalabilitas Tinggi

Cloud atau komputasi awan didesain dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Pada dunia pendidikan, dimana kita sangat perlu menyimpan banyak data, aplikasi berbasis clud sangat dibutuhkan. Kita sebagai orang yang berkecimpung di dunia pendidikan tentu sudah akrab dengan berbagai perangkat pembelajaran yang ukurannya tidak sedikit.

Cloud juga bisa menyesuaikan kebutuhan kita dalam menyimpan data. Jika kapasitas penyimpanan sudah penuh, cloud mampu memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih besar tanpa harus memindahkan data. Tentu penyesuaian penyimpanan yang bersifat dinamis seperti ini akan sulit didapatkan jika kita hanya menyimpan data di komputer. Sebab semakin bertambah hari, semakin banyak pula data-data yang akan kita simpan.

Itulah tadi beberapa keuntungan menggunakan aplikasi berbasis Cloud. Jadi untuk teman-teman yang sedang bergelut di dunia atau yang lainnya, bisa mencoba untuk memanfaatkannya. Di dunia pendidikan khususnya, aplikasi berbasis cloud ini bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar juga ketika mengerjakan ujian.