Mengenal Apa Itu Akreditasi, Fungsi, dan Tujuannya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Teman-teman pasti sudah sering mendengar bahwa suatu sekolah atau bahkan perguruan tinggi memiliki akreditasi A, B, C, dan sebagainya.

Namun sebenarnya, apa sih akreditasi sekolah itu? Dan mengapa hal ini penting untuk dipertimbangkan manakala teman-teman akan mendaftar atau memilih suatu instansi pendidikan?

Apakah benar terdapat pengaruh antara nilai akreditasi dan kualitas sekolah itu sendiri? Nah, untuk mengetahui jawabannya, yuk kita simak informasi di bawah ini.

Apa Itu Akreditasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akreditasi berarti pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebaikan atau kriteria tertentu.

Artinya, akreditasi dilaksanakan sebagai proses evaluasi serta penilaian kualitas sebuah institusi yang dilaksanakan oleh tim ahli yang disebut sebagai asesor berdasarkan pada standar mutu yang telah ditetapkan.

Hasil akreditasi berupa pengakuan bahwa institusi yang dinilai telah memenuhi dan sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. Dari hasil akreditasi tersebut sebuah institusi telah dianggap layak untuk beroperasi serta melaksanakan seluruh programnya.

Akreditasi memiliki fungsi dan tujuan yang positif terhadap peningkatan mutu pada satuan pendidikan. Adapun Fungsi dan tujuan akreditasi sekolah adalah sebagai berikut.

Fungsi Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah yang komprehensif memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Pengetahuan

Akreditasi berfungsi sebagai informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah dilihat dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar nasional pendidikan beserta indikator-indikatornya.

2. Akuntabilitas

Akreditasi berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban sebuah sekolah kepada publik, apakah layanan yang dilakukan dan diberikan telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.

3. Pembinaan dan pengembangan

Akreditasi dalam hal ini berfungsi sebagai dasar bagi sekolah, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan mutu sekolah.

Tujuan Akreditasi

Adapun tujuan dari diselenggarakannya program akreditasi pada suatu sekolah atau instansi pendidikan adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan gambaran terkait kinerja sekolah dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas, dan inovasi.
  2. Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah yang telah diakreditasi menyediakan layanan yang telah memenuhi standar akreditasi nasional.
  3. Memberikan informasi terkait kelayakan sekolah berdasarkan SNP..
  4. Memberikan pengakuan peringkat kelayakan.
  5. Memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP; dan
  6. Memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Nah, itulah tadi informasi seputar pengertian akreditasi, fungsi, serta tujuannya. Jadi bagi teman-teman yang ini mencari sekolah, penting sekali untuk mengetahui nilai akreditasi dari sekolah yang akan teman-teman pilih. Sebab seperti yang sudah disampaikan, salah satu yang menentukan kualitas sekolah adalah nilai akreditasi yang dimiliki oleh sebuah sekolah.

Semoga informasi dari kami bisa berguna bagi teman-teman semua. Sampai bertemu di informasi-informasi selanjutnya.