Mengenal E-Learning: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Perkembangan dunia digital semakin hari semakin pesat hingga merambah ke dunia pendidikan. Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah e-learning atau pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Penerapan e-learning sendiri sudah populer sejak beberapa tahun belakangan dan mulai diterapkan di beberapa institusi, lembaga, maupun perusahaan di Indonesia.

Pada dasarnya pembelajaran daring atau e-learning merupakan konsep pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital. Selain itu, e-learning juga merupakan alternatif lain dari pembelajaran tatap muka yang selama ini telah dilakukan. Pembelajaran berbasis teknologi ini diharapkan mampu menjadi inovasi baru sehingga pembelajaran tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas saja. Melainkan, melalui proses digital yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Pengertian E-Learning

Banyak pakar yang menguraikan pengertian e-learning dari berbagai sudut pandang. Pengertian yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. E-learning adalah sebuah proses belajar mengajar mengenai pelajaran yang disampaikan pada siswa menggunakan jaringan komputer serta internet. Hal tersebut berguna untuk mengakses kapan saja dan dimana saja (Darin E. Hartley, 2001).
  1. E-learning adalah Pembelajaran yang disusun ialah dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
  1. E-learning adalah Suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip di dalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
  1. E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan adalah sebagai sarana ialah sebagai proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa maupun siswi (Ardiansyah, 2013).

Karakteristik E-Learning

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa hal yang menjadi karakteristik utama dari e-learning.

  1. Secara harfiah e-learning berarti pembelajaran elektronik atau online yang memanfaatkan jasa teknologi elektronik dan digital.
  2. Bahan ajar yang digunakan dalam e-learning biasanya bersifat mandiri dalam bentuk digital. Kemudian, bahan tersebut disimpan dalam sebuah sistem komputasi dan bisa dapat diakses kapan saja dan dimanapun.
  3. E-learning dapat memanfaatkan jadwal pembelajaran, membuat kurikulum, dan sistem administrasi pendidikan yang bisa diakses setiap saat melalui jaringan komputer.
  4. Memanfaatkan suatu keunggulan komputer (digital media serta jaringan komputer).

Manfaat E-Learning

Selama melaksanakan pembelajaran daring, tentu banyak pihak bisa merasakan manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan e-learning yang perlu diketahui.

1. Menunjang Proses Pembelajaran

Keberadaan e-learning mampu menunjang proses pembelajaran dan melengkapi kegiatan pembelajaran tatap muka. Dengan e-learning, peserta didik dapat mengakses materi dengan lebih mudah, sebab semua materi yang dibagikan tersebut berbentuk digital. Peserta didik dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja serta dapat memilih materi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing.

2. Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Dibandingkan pembelajaran tatap muka yang mungkin harus mengikuti jadwal yang sudah disediakan, pembelajaran daring dirasa lebih fleksibel. Peserta didik mungkin mengalami kesulitan dalam menentukan waktu belajar. Namun dengan adanya e-learning, peserta dapat dengan fleksibel menentukan waktu belajar mereka. Sebab, metode e-learning dilengkapi dengan berbagai ragam fitur yang bisa digunakan.

E-learning juga memberikan kemudahan dalam hal akses. Pengajar maupun peserta didik dapat berinteraksi secara intens di mana saja dan kapan saja. Peserta didik bahkan dapat dengan mudah mengulang materi pembelajaran ketika belum memahaminya dengan baik.

3. Belajar Mandiri

Pembelajaran daring atau e-learning memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri dengan mengakses bahan ajar melalui jaringan komputer.

4. Menghemat Biaya Pembelajaran

Menggunakan e-learning sama artinya dengan kita tengah menghemat biaya pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan secara online dapat meminimalisir biaya tambahan yang diperlukan seperti ketika melaksanakan pembelajaran tatap muka atau konvensional. Misalnya seperti biaya mencetak materi pembelajaran ataupun soal ujian yang bisa dikurangi karena semuanya sudah tersedia dalam bentuk digital.

Demikianlah ulasan mengenai e-learning yang dapat kami bagikan. Pada dasarnya, e-learning yang mulai diterapkan pada dunia pendidikan di negara kita dapat memberikan manfaat terbaik bagi para peserta maupun para pengajar. Semoga berguna dan bisa menambah informasi teman-teman semua.