Mengenal Literasi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Teman-teman di sini pastilah sudah sangat sering mendengar istilah literasi, bukan? Namun sudah tahukah, bahwa literasi ini ternyata memiliki makna dan tujuan yang begitu penting? Penasaran? Tenang, karena pada artikel kali ini akan disampaikan informasi terkait pengertian literasi, tujuan, jenis-jenisnya, hingga contoh dalam kehidupan sehari-hari. 

Pengertian Literasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Sedangkan menurut UNESCO literasi dimaknbagai seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif seseorang dalam membaca dan menulis yang dipengaruhi oleh kompetensi di bidang akademik, konteks nasional, institusi, nilai-nilai budaya, dan pengalaman.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa literasi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu dalam menggunakan potensi serta keterampilan untuk mengolah dan memahami informasi saat melakukan kegiatan ataupun aktivitas membaca dan menulis.

Tujuan Literasi

Di bawah ini akan disampaikan beberapa tujuan literasi yang perlu diketahui.

  1. Meningkatkan pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang diterima.
  2. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis sehingga mengurangi sikap gegabah ketika menghadapi suatu permasalahan.
  3. Menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik.
  4. Meningkatkan pengetahuan dengan cara membaca segala macam informasi yang bermanfaat.
  5. Meningkatkan pengetahuan terkait kosa kata.
  6. Melatih kemampuan analisis.
  7. Membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam melakukan kegiatan.
  8. Mempertajam kemampuan dalam menulis dan membaca.
  9. Melatih kerja otak agar berfungsi dengan optimal.

Jenis-jenis Literasi

1. Literasi Dasar

Literasi dasar adalah kemampuan dasar dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan juga berhitung. Tujuan dari literasi dasar adalah untuk mengoptimalkan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, dan juga berkomunikasi dengan dengan orang lain.

2. Literasi Visual

Literasi visual adalah kegiatan literasi yang menekankan pada pemahaman dalam menginterpretasi dan menangkap suatu makna dari informasi yang berbentuk visual atau gambar. Literasi visual muncul dari hasil pemikiran bahwa sebuah gambar dapat dikomunikasikan dari proses membaca.

3. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan merupakan kemampuan literasi yang mengoptimalkan kemampuan dalam memahami dan membedakan karya tulis, baik yang berbentuk fiksi maupun non-fiksi. Selain itu literasi perpustakaan juga menekankan seseorang dalam memahami cara menggunakan katalog dan indeks, juga kemampuan memahami informasi ketika membuat karya tulis dan karya ilmiah.

4. Literasi Media

Literasi media merupakan kemampuan seseorang untuk dapat memahami dan mengerti berbagai bentuk media dan cara pengoperasiannya. Media di sini dapat berupa media cetak, media elektronik, dan lain sebagainya. Literasi media juga mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyerap informasi yang disampaikan media secara baik, sehingga mampu memilah mana informasi yang baik dan mana yang buruk.

5. Literasi Teknologi

Literasi teknologi merupakan literasi yang berkaitan dengan kemampuan dalam memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, seperti penggunaan internet, mengerti hardware dan software, serta memahami etika penggunaan teknologi. kemampuan dalam mengetahui sekaligus.

Contoh Gerakan Literasi

Beberapa contoh literasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Membuat jadwal membaca rutin.
  2. Membuat dinding motivasi.
  3. Membaca buku non pelajaran sebelum pelajaran dimulai.
  4. Membuat sudut baca di sudut-sudut sekolah.
  5. Mengadakan kompetisi literasi di sekolah.

Nah, sekian informasi dari kami mengenai literasi. Setelah membaca ulasan di atas, apakah teman-teman sudah siap untuk menumbuhkan budaya literasi? Ketika teman-teman sudah mampu menumbuhkan budaya literasi dan memahami betul-betul apa itu literasi, maka kualitas pengetahuan yang teman-teman miliki juga pasti akan meningkat.