Mengenal Pembelajaran Menyenangkan, Snowball Throwing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah, karenanya dikatakan bahwa menjadi guru adalah pekerjaan yang mulia. Pada saat kita memilih untuk menjadi guru, tentu kita sudah mengetahui resiko yang akan kita hadapi. Salah satu resiko yang kerap ditemui adalah keadaan kelas yang tidak kondusif yang dapat menghambat proses pembelajaran.  Jika sudah begitu, kita sebagai guru, tentu harus menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu caranya adalah menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. 

Kali ini, akan disampaikan mengenai salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan, snowball throwing, yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran.

Apa Itu Snowball Throwing?

Snowball throwing merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif. Menurut Komalasari (2010), metode snowball throwing adalah metode pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan membuat serta menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju.

Pada pelaksanaan pembelajaran dengan metode ini, guru mengajak siswa untuk membentuk kelompok dan membuat  bola pertanyaan dari kertas yang kemudian dilempar dari satu kelompok ke kelompok lainnya. Kelompok yang mendapatkan bola diminta untuk membaca pertanyaan di depan kelas sekaligus memberikan jawabannya.

Metode pembelajaran snowball throwing ini menggabungkan kegiatan diskusi dan permainan, sehingga dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat membantu para siswa untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Pembelajaran ini juga melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif karena siswa diminta untuk membuat sekaligus menjawab pertanyaan yang mereka buat. 

Penerapan metode ini juga memungkinkan terjadinya berbagi informasi dan pengalaman dalam menyelesaikan masalah dari kelompok yang berbeda.

Langkah-langkah Melakukan Snowball Throwing dalam Proses Pembelajaran

Adapun langkah-langkah metode pembelajaran snowball throwing antara lain:

  1. Guru menyampaikan materi pembelajaran.
  2. Guru membuat kelompok-kelompok kecil.
  3. Masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi yang telah disampaikan kepada anggota kelompoknya.
  4. Masing-masing anggota kelompok diberikan satu lembar kertas untuk menuliskan satu pertanyaan yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
  5. Kertas berisi pertanyaan dibentuk menjadi bola dan dilempar kepada kelompok lain.
  6. Setelah 5 sampai 10 menit, siswa dipersilahkan untuk mengambil bola.
  7. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada pada bola tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai pembelajaran menyenangkan menggunakan metode snowball throwing. Apakah Bapak/Ibu Guru tertarik untuk mencoba metode pembelajaran snowball throwing ini? Dengan menerapkan metode pembelajaran snowball throwing diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Meski begitu, metode pembelajaran ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain siswa bisa aktif bergerak sehingga kegiatan belajar di kelas tidak membosankan, melatih jiwa kepemimpinan dan meningkatkan rasa percaya diri, hingga mampu menciptakan interaksi yang baik antara guru dan siswa. Selain kelebihan, metode ini juga mempunyai kekurangan seperti bisa menimbulkan kegaduhan saat pelaksanaannya. Sehingga kita sebagai guru juga harus bisa mengondisikan kelas saat menggunakan metode snowball throwing.

Dalam rangka menunjang kegiatan pembelajaran, saat ini Ujione tidak hanya menyediakan fitur pengerjaan tugas dan ujian, namun juga sudah mengembangkan fitur e-learning yang pasti akan lebih memudahkan kegiatan pembelajaran. Hanya dalam satu aplikasi, kita bisa mengelola semuanya. Jadi tunggu apa lagi? Gabung sekarang dengan mengunjungi www.ujione.id.