Mengenal Teknik Belajar Lower Order Thinking Skills (LOTS)

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Apa Itu Teknik Belajar LOTS?

Pernahkah teman-teman mendengar istilah lower order thinking skills? Iya, Lower Order Thinking Skills atau LOTS adalah sebuah kemampuan berpikir siswa yang akan mendapatkan informasi atau materi belajar dengan cara menyalin, meniru, menghafal, mengingat, dan mengikuti arahan-arahan dari orang lain.

Sebagai contoh, rangkuman belajar hasil dari menyalin milik teman, hanya belajar sesuai dengan arahan guru di sekolah, belajar dengan menghafal, dan sebagainya. Cara belajar seperti ini sebenarnya kurang efektif karena kita hanya sebatas mengetahui materi tanpa memahami konsep dan penerapannya.

Akibatnya, kemampuan mengingat materi yang didapat dari proses pembelajaran LOTS cenderung tidak bertahan lama. Namun tenang dulu, tidak semua teknik LOTS ini berisi kekurangan saja. Teknik belajar ini juga memiliki kelebihan. Apa saja? Yuk kita simak kelebihan dan kekurangan teknik belajar LOTS di bawah ini.

Kelebihan Teknik Belajar LOTS

  1. Lebih mudah dalam memikirkan hal-hal yang bersifat eksplisit. Misalnya, kita akan lebih mudah mengerjakan soal angka yang ditulis 1, 2, 3 daripada melalui nilai a1, b2, c3 dan lain sebagainya.
  2. Teknik belajar LOTS bisa dilakukan ketika kita ingin fokus pada satu materi. Biasanya, dengan menggunakan metode LOTS, kita akan lebih fokus menghafal dan membaca rangkuman satu materi sampai tuntas terlebih dahulu, baru berlanjut ke materi selanjutnya. Hal ini bisa tentu bisa membantu kita untuk fokus pada suatu materi tertentu.
  3. Memiliki referensi belajar yang terarah. Hal ini karena kita belajar sesuai dengan arahan atau materi yang diberikan dari orang lain, misalnya guru di sekolah.

Kekurangan Teknik Belajar LOTS

  1. Menggunakan teknik belajar LOTS, menjadikan kemampuan berpikir logis dan kritis kita menjadi kurang terasah. Hal ini terjadi karena kita terlalu fokus dengan arahan sehingga kurang mengeksplorasi suatu materi pelajaran.
  2. Kemampuan kognitif dan penalaran menjadi sulit berkembang. Itu karena teknik belajar LOTS kurang memberikan kebebasan kepada kita untuk mencari tahu materi lain yang mungkin belum ditetapkan.
  3. Pemahaman konsep menjadi lebah dan sulit menentukan hubungan antarkonsep karena terlalu fokus pada kegiatan mengingat dan menghafal.
  4. Akan mengalami kesulitan jika dihadapkan dengan tipe soal Higher Order Thinking Skills atau HOT.
  5. Cenderung mudah bosan dan jenuh saat belajar. Mengingat dan menghafal materi saja akan membuat kita kurang tertantang dan termotivasi saat belajar. Itulah salah satu penyebab mengapa kita cepat bosan dan mengantuk saat belajar.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai teknik belajar LOTS. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua, ya. Jadi jika ingin kemampuan belajar kita terus berkembang, jangan hanya gunakan teknik LOTS namun imbangi pula dengan teknik belajar yang menerapkan pola-pola HOTS.