Pengertian Metode Penelitian dan Jenis-jenisnya yang Perlu Kita Ketahui

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tengah pusing karena bingung memikirkan bagaimana cara menjalankan penelitian? Ternyata menjalankan sebuah penelitian itu tidak asal meneliti saja. Ada metode yang harus dipahami dan dilakukan agar penelitian yang kita lakukan lancar. Lalu, sebenarnya apa sih metode penelitian itu? Dan ada berapa jenis-jenis metode penelitian yang perlu diketahui? Yuk langsung saja, simak informasinya.

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

  1. Menurut Prof. Dr. Sugiyono

Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dapat dideskripsikan, dibuktikan, dikembangkan, dan ditemukan pengetahuan, teori, untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam kehidupan manusia.

  1. Menurut Muhiddin Sirat

Metode penelitian merupakan sebuah cara untuk memilih subjek masalah dan menentukan judul dalam sebuah investigasi.

  1. Menurut Prof M.E. Winarno

Metode penelitian adalah sebuah kegiatan ilmiah yang dilakukan menggunakan teknik yang cermat dan sistematis.

  1. Menurut Heri Rahyubi

Metode penelitian adalah sebuah model yang dapat digunakan dengan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai sebuah proses dalam pembelajaran tersebut dengan baik.

  1. Menurut Nasir

Metode penelitian merupakan hal yang penting bagi seorang peneliti untuk mencapai sebuah tujuan, serta dapat menemukan jawaban dari masalah yang diajukan.

Dari beberapa pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa metode penelitian adalah sebuah cara-cara ilmiah yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi yang nantinya akan diolah dan dianalisis secara ilmiah pula. Dengan menerapkan metode penelitian yang sesuai, diharapkan seorang peneliti akan mampu membuat kesimpulan atas apa yang ditelitinya.

Jenis-Jenis Metode Penelitian

  1. Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian Kualitatif digunakan untuk meneliti sebuah objek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data pada metode ini dilakukan secara triangulasi (gabungan). Analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih mengarah kepada makna daripada generalisasi.

Metode penelitian kualitatif dibagi menjadi lima macam yaitu phenomenological research, grounded theory, ethnography, case study dan narrative research.

  1. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi maupun sampel tertentu. Pengumpulan data menggunakan alat ukur (instrumen) penelitian. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji dan membuktikan hipotesis yang telah dibuat/ditetapkan sebelumnya.

Secara umum metode kuantitatif terdiri atas metode survey dan metode eksperimen.

  1. Metode Penelitian Kombinasi (Kualitatif-Kuantitatif)

Metode penelitian kombinasi merupakan gabungan dari metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode ini digunakan untuk meneliti  kondisi obyek yang alamiah maupun buatan (laboratorium). Dalam penelitiannya, peneliti bisa berlaku sebagai instrumen dan sekaligus menggunakan instrumen untuk pengukuran. Teknik pengumpulan data bisa dilakukan dengan menggunakan tes, kuesioner, dan gabungan (triangulasi). Analisis data bersifat deduktif (kuantitatif) dan induktif (kualitatif). Hasil penelitian dengan menggunakan metode kombinasi dapat berguna untuk membuat generalisasi sekaligus memahami makna.

  1. Metode Penelitian Deskriptif

Metode penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peristiwa tertentu yang sedang terjadi di masa sekarang maupun di masa lampau. Metode penelitian menyenangkan bagi mereka yang memiliki kemampuan dan hobi menulis. Karena hasil laporan yang diperoleh cukup dilaporkan dengan ditulis menggunakan bahasa deskriptif. Tentu saja apa yang ditulis merupakan pengalaman nyata sesuai dengan hasil dari penelitian yang dilakukan.

Pengambilan data pada metode ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Meski terlihat mudah, hasil penelitian ditentukan berdasarkan bagaimana kita mengolah informasi dan mengembangkan ide dari hasil penelitian.

  1. Metode Penelitian Pengembangan

Metode Penelitian pengembangan atau sering juga disebut dengan istilah Research & Development (R&D), merupakan jenis penelitian yang umumnya banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Secara umum penelitian pengembangan diartikan sebagai suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dengan cara ilmiah. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih jauh atas sebuah teori dalam disiplin ilmu tertentu. 

Nah, itulah tadi pengertian metode penelitian dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui. Semoga setelah membaca informasi di atas, teman-teman semakin semangat dalam melakukan penelitian ya. Ingat, penelitian kita saat ini bisa jadi investasi ilmu yang bermanfaat untuk generasi kita ke depannya.