Pengertian Stoikiometri dan Jenis-Jenisnya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pengertian Stoikiometri

Stoikiometri berasal dari bahasa Yunani yaitu stoicheon (unsur) dan metrein (mengukur). Dengan begitu stoikiometri berarti ilmu yang mempelajari kuantitas suatu zat dalam reaksi kimia. Zat-zat tersebut meliputi massa, jumlah mol, volume, dan jumlah partikel. Tidak hanya itu, stoikiometri juga diartikan sebagai perhitungan kimia yang menyangkut hubungan kuantitatif zat yang terlibat dalam reaksi.

Adapun persamaan yang biasa digunakan dalam menyelesaikan materi Kimia Stoikiometri adalah sebagai berikut:

Angka 22,4 L pada persamaan di atas merupakan volume gas ideal dalam keadaan STP (Standard Temperature and Pressure), dengan tekanan gas (P) = 1 atm, dan suhu (T) = 273 K. Sementara angka 6,02 x 10²³ merupakan besaran tetapan Avogadro. Jadi, 1 mol zat apa pun memiliki jumlah partikel yang sama yaitu sebanyak 6,02 x 10²³ partikel.

Hukum Dasar Kimia untuk Stoikiometri

Terdapat beberapa hukum dasar kimia yang digunakan untuk stoikiometri, antara lain:

1. Hukum Kekekalan Massa

Hukum ini menyatakan massa total suatu bahan sesudah reaksi kimia sama dengan massa total bahan sebelum reaksi.

2. Hukum Perbandingan Tetap

Hukum ini dicetuskan oleh Joseph Proust pada tahun 1799 yang menyatakan perbandingan massa unsur-unsur penyusun suatu senyawa selalu tetap.

3. Hukum Perbandingan Berganda

Hukum ini dikemukakan oleh John Dalton pada tahun 1803 yaitu apabila ada dua unsur yang dapat membentuk lebih dari satu senyawa, perbandingan massa unsur yang satu, yang bersenyawa dengan unsur lain yang tertentu massanya adalah bilangan bulat dan sederhana.

4. Hukum Gay Lussac

Hukum Gay Lussac atau yang dikenal juga dengan Hukum Perbandingan Volume dicetuskan oleh ilmuwan asal Prancis, yaitu Joseph Gay Lussac. Berdasarkan hasil penelitiannya, Gay Lussac mengambil kesimpulan bahwa perubahan volume gas dipengaruhi oleh suhu dan tekanan.

5. Hipotesis Avogadro

Hipotesis Avogadro ini melengkapi hukum dasar kimia yang digunakan untuk stoikiometri. Seorang ilmuwan asal Italia, Amadeo Avogadro menyatakan bahwa partikel unsur tidak selalu berupa atom yang berdiri sendiri, melainkan bisa berbentuk molekul unsur. Berdasarkan pemikiran tersebut, Avogadro berhasil menjelaskan hukum Gay Lussac dan membuat hipotesis, yaitu pada tekanan dan suhu yang sama, perbandingan gas yang memiliki jumlah volume sama akan mempunyai jumlah molekul yang sama pula.

Jenis-Jenis Stoikiometri

Setelah mengenal pengertian dan hukum-hukum yang mendasari stoikiometri, maka selanjutnya mari mengenal jenis-jenisnya. Terdapat tiga macam stoikiometri dalam ilmu Kimia, antara lain stoikiometri reaksi, komposisi (senyawa), dan stoikiometri gas. Berikut penjelasan jenis-jenis stoikiometri tersebut:

1. Stoikiometri Reaksi

Stoikiometri ini memang sering dipakai dalam menyeimbangkan suatu persamaan kimia yang dapat ditemukan pada stoikiometri reaksi. Hal tersebut menggambarkan bahwa hubungan kuantitatif antara zat disebabkan karena mereka berpartisipasi dalam reaksi kimia.

2. Stoikiometri Komposisi

Stoikiometri ini menjelaskan mengenai kuantitatif (massa) hubungan antara suatu unsur-unsur dalam senyawa. Misalnya, stoikiometri komposisi tersebut menggambarkan (massa) nitrogen dengan hidrogen yang bergabung dan menjadi amonia kompleks. yakni 1 mol nitrogen dan juga 3 mol hidrogen dalam tiap-tiap 2 mol amonia. Mol adalah satuan yang digunakan didalam kimia untuk jumlah zat.

3. Stoikiometri Gas

Jenis stoikiometri ini berkaitan dengan reaksi kimia yang melibatkan gas, di mana gas pada suhu, tekanan, dan volume tertentu dianggap sebagai gas ideal. Persamaan gas ideal sering dirumuskan dengan PV = nRT (P = tekanan dalam satuan atm, V = volume gas dalam satuan liter, n = jumlah mol, R = tetapan gas 0,082 L atm/mol K, dan T = suhu 273 K).

Nah, demikian tadi informasi mengenai pengertian stoikiometri dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pemahaman teman-teman dalam mempelajari materi stoikiometri ya. Tunggu informasi-informasi menarik lainnya dari kami.