Pentingnya Peran Support System Dalam Proses Belajar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pernahkah teman-teman mendengar istilah support system? Iya, istilah ini sudah begitu sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini merujuk pada sistem dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang dipercaya sebagai tempat menyampaikan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan. Support system biasanya terdiri dari keluarga dan teman-teman terdekat.

Dalam kegiatan belajar, penting juga bagi kita untuk memiliki support system. Hal ini dikarenakan dalam proses kegiatan belajar, tidak selamanya kita bisa fokus dan mendapatkan motivasi. Karenanya kita perlu memiliki orang-orang yang bisa mendengarkan kesulitan serta memberikan dukungan kepada kita. Hubungan saling memberikan dukungan ini nantinya akan menentukan sikap kita dalam hal menyikapi kegiatan belajar. Lalu seberapa penting sih peran support system dalam membantu proses belajar kita? Yuk, kita lihat ulasannya.

Peran Support System Dalam Proses Belajar

1. Memberi Rasa Nyaman

Dalam belajar, kita tentu membutuhkan rasa nyaman. Tapi perasaan itu tidak bisa serta merta datang setiap hari. Ada kalanya kita gelisah dan susah mendapatkan ketenangan. Nah, di sinilah dibutuhkan peran dari support system. Keberadaan orang-orang terdekat bisa menjadi solusinya. Kita bisa berbagi cerita dengan mereka sehingga beban yang kita rasakan bisa terlepas perlahan. 

Hal itu tentunya bisa membuat merasa lebih nyaman. Jika sudah merasa nyaman, pikiran pun bisa menjadi lebih tenang dan jernih untuk menyelesaikan masalah. Jika masalah terselesaikan, proses belajar yang sedang kita lakukan juga bisa dilanjutkan.

2. Meminimalisir Stres

Adakalanya kita mengalami stres karena belajar. Terlebih jika kita tengah menghadapi beban belajar yang cukup rumit, misalnya tugas yang menumpuk atau materi yang terlalu sulit dipahami. Apabila tidak diatasi dengan baik, kemungkinan yang terjadi adalah burnout, menurunnya kesehatan, hingga depresi.

Dalam keadaan seperti itu, kita membutuhkan support system untuk membantu kita mengatasi rasa stres akibat belajar. Kita bisa meminta dukungan dari orang terdekat sehingga mampu mengurangi stres maupun risiko gangguan mental.

3. Meningkatkan Motivasi Belajar

Memiliki support system yang tepat bisa membantu kita untuk lebih termotivasi dalam mencapai target ataupun impian yang sudah kita dambakan. Misalnya saja kita memiliki impian untuk masuk ke sekolah ataupun perguruan tinggi favorit. Mereka tentu akan mendukung dan selalu mengingatkan kita untuk belajar giat agar target tersebut tercapai. Jadi, kita tidak akan malas-malasan dan beralasan kehilangan motivasi belajar.

4. Membantu Mengambil Keputusan

Mengambil keputusan atas suatu hal bukanlah hal yang mudah. Namun sering kali kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang justru membuat kita bingung. Persoalan dalam proses belajar adalah salah satunya. Agar tidak melakukan sesuatu secara gegabah hingga menimbulkan penyesalan, kita bisa meminta saran pada orang terdekat. Manfaat support system di sini yaitu memengaruhi kita secara tidak langsung dalam mengambil keputusan yang bijak. Adanya dukungan positif dari mereka sejalan dengan keputusan baik yang akan kita buat.

5. Menjadi Pribadi Tangguh

Dukungan yang diberikan oleh orang terdekat dapat membuat kita bangkit dari titik terendah yang mungkin sedang kita alami. Dengan adanya mereka, kita pun lebih bisa menghadapi masalah yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini pula yang nantinya menjadikan kita lebih dewasa, kuat, serta tangguh dalam menyikapi segala situasi.

Nah itulah tadi ulasan tentang pentingnya support system untuk mendukung kegiatan belajar kita. Jadi, sudahkah teman-teman menemukan support system masing-masing?