Sejarah Ditetapkannya Hari Guru Nasional 25 November

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tahukah teman-teman bahwa setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari guru Nasional. Hari guru ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan untuk para pahlawan tanpa tanda jasa. 

Lalu,  mengapa tanggal 25 November dipilih untuk memperingati Hari Guru Nasional? Berikut sejarah Hari Guru Nasional.

Dibentuknya PGHB

Hari guru dilatarbelakangi oleh lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang dulunya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. PGHB dibentuk untuk memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki latar pendidikan berbeda-beda.

Pada tahun 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pada saat Indonesia diduduki oleh Jepang, segala bentuk organisasi dilarang, sekolah ditutup, termasuk PGI sehingga tidak dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Meski begitu, semangat kebangsaan guru-guru Indonesia tidak pernah pudar meskipun bekerja dibawah pemerintahan Jepang. Untungnya Jepang mempercayai bahwa pendidikan sangat diperlukan untuk kemajuan dan pembangunan bangsa. Pendidikan yang baik dilahirkan dari guru yang baik pula maka dari itu Jepang sangat menghormati guru. Guru dan dokter mendapat panggilan kehormatan “Sensei” yang berarti “mula-mula hidup” atau “orang yang tertua”.

Lahirnya Hari Guru Nasional

Tiga bulan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, Kongres I PGRI diselenggarakan dari tanggal 24-25 November 1945. Pada kongres itu disepakati berdirinya PGRI sebagai wahana persatuan dan kesatuan segenap guru di seluruh Indonesia. Maka, sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI tersebut sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tanggal 25 November tiap tahunnya. 

Berbeda dengan perayaan Hari Guru di negara lain, Hari Guru Nasional di Indonesia bukan menjadi hari libur nasional. Biasanya pada Hari Guru dan Hari PGRI, tiap sekolah merayakannya dengan upacara. Tidak hanya itu, ada pula kegiatan pemberian tanda jasa kepada para guru.

Dengan mengetahui sejarah lahirnya hari guru, semoga kita bisa selalu menghargai jasa pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu berjuang untuk mencerdaskan bangsa, ya! Doakan juga para guru kita agar selalu sehat dan semangat untuk terus melahirkan putra-putri penerus bangsa.

Selamat Hari Guru Nasional!