Tahukah Kamu Apa Perbedaan Antara Ulangan dan Ujian?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Ketika duduk di bangku sekolah kita kerap kali mendengar istilah ulangan dan ujian. Keduanya adalah jenis tes yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami suatu materi yang telah disampaikan. Tapi tahukah bahwa meskipun sama-sama berlabel tes, namun ulangan dan ujian ternyata memiliki perbedaan. Mau tahu apa perbedaan yang terdapat pada keduanya? Yuk, simak ulasannya.

Pengertian Ulangan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ulangan adalah kegiatan yang dilakukan berulang. Pada salah satu kegiatan penilaian, ulangan diartikan sebagai kegiatan berulang untuk mengetahui capaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam rangka memantau kemauan dan perbaikan hasil belajar pada bagian pelajaran yang sudah diajarkan.

Ulangan biasa dilakukan ketika suatu materi atau bab sudah selesai disampaikan oleh guru kepada peserta didik. Ulangan biasanya dibuat dan disajikan langsung oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Hal ini karena guru tersebutlah yang mengetahui mater-materi apa saja yang sudah diketahui peserta didik.

Nilai ulangan umumnya akan turut menyumbang nilai akhir peserta didik di akhir semester atau akhir tahun pelajaran.

Pengertian Ujian

Ujian menurut KBBI adalah kegiatan menguji sesuatu. Dalam halnya penilaian di bidang pendidikan, ujian dimaksudkan untuk menguji mutu pendidikan atas mata pelajaran tertentu yang sudah diajarkan selama satu semester, satu tahun pelajaran, bahkan selama seorang peserta didik berada di jenjang tertentu.

Ujian di tingkat satuan pendidikan biasanya disusun oleh tim yang terdapat di daerah tersebut atau tim di tingkat nasional. Ujian biasanya dilaksanakan untuk melihat kelayakan seorang peserta didik untuk lulus atau tidak dalam sebuah jenjang.

Untuk lebih mudah memahami perbedaan ulangan dan ujian, yuk lihat tabel di bawah ini.

UlanganUjian
Waktu pelaksanaanSetelah satu materi atau bab tertentu selesaiSetelah satu pelajaran selesai
Pembuat soalGuru mata pelajaran yang bersangkutanGuru mata pelajaran yang bersangkutan atau tim yang ditunjuk untuk membuat soal
TujuanUntuk mengetahui pemahaman dan kemajuan peserta didik secara harianUntuk menguji capaian komptensi peserta didik dalam lingkup yang lebih luas

Nah, itulah tadi perbedaan ulangan dan ujian. Semoga informasi di atas, bisa menjadi wawasan untuk kita semua.