Tips Menjadi Guru Kreatif di Tengah Berkembangnya Zaman

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Menjadi kreatif merupakan salah satu tuntutan yang harus dipenuhi oleh guru terlebih di tengah zaman yang semakin berkembang. Guru hari ini diharapkan tidak hanya mampu mengajar bidang yang diampu, namun juga mampu menguasai hal-hal lain. 

Namun, untuk menjadi kreatif tidaklah mudah. Dibutuhkan praktik dan evaluasi secara berkala. Pada artikel kali ini akan disampaikan beberapa tips untuk membantu kebingungan bapak dan ibu guru terkait menjadi guru yang kreatif. 

Tips Menjadi Guru Kreatif

1. Memperluas Wawasan

Menjadi seorang guru artinya kita harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Kita harus senantiasa menambah wawasan serta pengetahuan agar tidak tertinggal. Guru bisa mempelajari hal baru yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan memperluas wawasan, kita bisa memicu tumbuhnya kreativitas.

Kita juga bisa mempelajari bidang lain dan mengintegrasikannya dengan mata pelajaran yang kita ampu. Dengan begitu, pengajaran yang kita lakukan akan semakin kaya dan menumbuhkan semangat belajar siswa.

2. Melakukan Kegiatan Diskusi dengan Guru Lain

Ilmu yang berguna adalah ilmu yang mampu dibagi dan disebarkan kepada orang lain. Oleh karena itu cara untuk menjadi kreatif salah satunya adalah dengan sering melakukan diskusi dengan guru yang lain. Informasi yang dimiliki satu guru dan guru yang lain tentu berbeda. Dengan berdiskusi, sudut pandang, inspirasi, dan ide yang kita miliki bisa bertambah. Dari hal tersebut kita akan semakin kreatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

3. Menghilangkan Penghambat Kreativitas

Faktor utama yang menjadi penghalang kreativitas adalah pikiran kita sendiri. Kita sering berpikir kita sudah terlalu tua, kurang cerdas, kurang memiliki daya imaginasi, tidak memiliki potensi untuk mengajar secara kreatif, dan pikiran negatif lainnya.

Padahal tingkat kecerdasan, kemampuan, dan keterampilan setiap orang berbeda, tetapi semua orang memiliki potensi yang sama untuk menjadi kreatif. Pola pikir ini yang harus kita jaga. Cara untuk mengurangi rasa tidak percaya diri yang muncul adalah dengan mencari support system di mana kita bisa membagikan rencana, ide, ketertarikan, dan hal hal yang dapat menemukan potensi diri sendiri.

4. Mengumpulkan dan Mencatat Ide Kreatif

Pada dasarnya, ide kreatif bisa muncul di mana dan kapan saja. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu mencatat setiap ide yang datang baik di buku catatan ataupun note pada smartphone. Ide-ide yang telah terkumpul tersebut nantinya bisa diolah menjadi sesuatu yang lebih kreatif.

5. Melatih Kreativitas Diri

Kreativitas tidak akan muncul tanpa dilatih. Melatih kreativitas dapat dilakukan dengan cara memainkan beberapa permainan yang membutuhkan konsentrasi dan kreativitas berpikir, seperti permainan sudoku, scrabble, dan puzzle. Selain itu, guru juga bisa melatih kreativitas diri dengan membuat suatu karya seperti puisi, lukisan, dan lain-lain. Dengan melatih kreativitas, guru akan terbiasa berpikir kritis dan menemukan solusi yang efektif pada saat menemukan permasalahan.

6. Mulai Bereksperimen

Beberapa kali kita tentu pernah menemui siswa yang terlihat kehilangan motivasi pada saat mengikuti pembelajaran. Jika melihat siswa yang seperti itu mungkin sudah saatnya kita melakukan eksperimen. Kita bisa memberikan kejutan dengan melakukan pendekatan yang berbeda pada saat mengajar.

Percobaan pertama mungkin tidak langsung berhasill, namun jangan menyerah dan teruskan eksperimen untuk melatih kreativitas secara konsisten. Dengan begitu, kita akan dapat menguasai kemampuan ini.

7. Lakukan Evaluasi Diri

Mencoba ide baru dan menjadi kreatif dalam mengajar adalah sesuatu yang sangat positif. Namun, kita juga perlu berhenti sejenak, menilai, dan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan. Kita bisa mengajukan pertanyaan pada diri sendiri, apakah siswa semakin antusias dalam mengikuti kelas, dan apakah target pengajaran telah tersampaikan dengan baik. Proses evaluasi ini harus dilakukan secara teratur jika kita benar-benar ingin sukses menjadi seorang guru yang kreatif.

Demikian tips yang dapat dilakukan Bapak dan Ibu Guru agar dapat mengembangkan kreativitas yang dimiliki. Tetap semangat dan tetap berpikir positif di tengah perkembangan zaman yang semakin cepat ini, ya! Bapak dan Ibu guru juga bisa menggunakan aplikasi Ujione dari kami untuk menunjang proses pembelajaran sehari-hari. Kunjungi website kami dan dapatkan informasi yang lebih lengkap.