Yuk, Cari Tahu Tentang Perbedaan TKA dan TPS

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tahukah teman-teman bahwa Ujian Tulis Berbasis Kompute (UTBK) yang sekarang dilaksanakan sudah cukup berbeda dengan tes SBMPTN sebelumnya? Pada UTBK, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT mengumumkan bahwa terdapat dua tes yang harus dikerjakan. Kedua tes tersebut adalah TKA (Tes Kompetensi Akademik) dan TPS (Tes Potensi Skolastik). Dari kedua tes ini, sudahkah teman-teman mengetahui perbedaannya? Jika masih ada di antara teman-teman yang kebingungan, mari kita simak bersama-sama informasi selengkapnya mengenai perbedaaan keduanya.

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes Kompetensi Akademik atau TKA adalah sebuah tes yang mengukur kemampuan teman-teman mengenai materi pelajaran tertentu yang diajarkan di sekolah. TKA terdiri dari dua jenis tes yaitu TKA pada bidang Soshum dan TKA untuk bidang Saintek. Pada tes ini teman-teman akan diuji sesuai dengan jurusan yang dipilih.

TKA Saintek terdiri dari mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sedangkan pada TKA Soshum terdiri dari Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Dalam soal tes TKA, teman-teman akan mengerjakan soal yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). 

Jumlah soal dalam TKA Saintek adalah sebanyak 80 soal dan dikerjakan selama 90 menit dengan pembagian waktu per mata pelajaran adalah 22,5 menit. Sedangkan dalam TKA Soshum jumlah soal yang disediakan adalah 100 soal dan dikerjakan selama 90 menit dengan pembagian waktu per mata pelajaran adalah 18 menit.

Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik atau TPS adalah sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum teman-teman. Di dalam tes ini terdapat empat materi tes yang akan diujikan yaitu pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, pemahaman bacaan dan menulis, serta penalaran umum. 

Berbeda dengan tes kemampuan akademik yang hanya dikerjakan oleh para pemilih prodi yang sesuai, tes potensi skolastik diujikan dan ditujukan untuk semua siswa baik yang mengambil Saintek maupun Soshum. 

Jumlah soal yang harus teman-teman kerjakan dalam TPS adalah 80 soal. Waktu pengerjaannya berbeda-beda sesuai dengan pilihan jurusan. Jika teman-teman mengambil prodi Saintek atau Soshum saja maka diberikan waktu selama 180 menit. Sedangkan untuk teman-teman yang memilih TPS dan TKA Campuran akan diberikan waktu selama 255 menit.

Nah itulah tadi perbedaan antara TKA dan TPS yang harus teman-teman ketahui. Semoga sudah tidak bingung lagi ya.

Agar teman-teman lebih paham mengenai TKA dan TPS, teman-teman bisa mengerjakan latihan soal yang sesuai dengan jenis tes yang akan dikerjakan. Jangan lupa juga untuk mengikuti tryout yang saat ini sudah banyak sekali diselenggarakan. Sudah banyak sekali soal-soal yang tersedia di internet sehingga teman-teman tidak perlu kebingungan untuk menghadapi UTBK.