6 Cara Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru

Guru merupakan elemen penting dalam keberhasilan sebuah sistem pendidikan. Tanpa guru yang kompeten, proses pembelajaran akan sulit mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, senantiasa mengembangkan kompetensi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan. Sebelum mengembangkan kompetensi, guru diharapkan memiliki kualifikasi wajib yang perlu dimiliki. Apa saja kualifikasi tersebut, Bapak/Ibu guru bisa mendapatkan penjelasannya dengan membaca artikel 4 Standar Kompetensi Guru yang Harus Dimiliki Pengajar.

Setelah memiliki kualifikasi yang diwajibkan bagi seorang guru, selanjutnya guru harus mampu terus mengembangkan kompetensi dirinya. Guru tidak hanya dituntut menguasai materi, namun harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat berkembang. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendukung penyampaian materi pelajaran sehingga bisa lebih efektif.

Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk megembangkan kompetensi guru? Yuk, langsung simak ulasannya.

Cara Mengembangkan Kompetensi Guru

1. Melanjutkan Pendidikan

Dalam rangka mendukung proses pendidikan yang baik, pemerintah, berdasarkan Undang-Undang, mensyaratkan bahwa salah satu hal yang harus dipenuhi seorang guru adalah terkait kualifikasi dan persyaratan jenjang pendidikan. Oleh karena itu, dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,guru bisa menambah pengetahuan serta memperoleh informasi baru dalam hal pendidikan. Dalam hal ini, pemerintah juga sering mengadakan program-program pendidikan yang dapat mendukung pengembangan kompetensi guru, sehingga nantinya guru dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal.

2. Mengikuti Pelatihan non Formal

Tidak hanya melanjutkan pendidikan secara formal, guru juga bisa melanjutkan pendidikan secara non formal. Saat ini, banyak sekali pelatihan-pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar, mulai dari pemanfaatan teknologi untuk pendidikan hingga peningkatan pengetahuan pedagogi. Terlebih di era yang serba online seperti saat ini, kegiatan lokakarya, webinar, dan pelatihan bisa diakses dengan mudah dari mana saja.

3. Aktif Bergabung dalam Komunitas Guru

Hal yang tidak kalah penting untuk mengembangkan kompetensi guru adalah dengan bergabung dalam komunitas guru. Hal ini dimaksudkan agar guru mampu bertukar informasi dengan sesama rekan guru yang lain serta  berdiskusi terkait hal-hal pendidikan secara lebih mudah.

4. Banyak Membaca

Dalam mengajar, seorang guru memerlukan inspirasi untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan namun tetap mudah dipahami siswa. Untuk itu, seorang guru perlu mencari cara yang tepat, di antaranya adalah dengan banyak membaca buku dan karya tulis lainnya seperti artikel blog, jurnal, atau hasil penelitian yang membahas tentang metode-metode pembelajaran. Guru juga bisa membaca buku-buku seputar materi pelajaran, pedagogik, cara berkomunikasi, dan lain sebagainya.

5. Membuat Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan

Selain membaca, untuk bisa mengembangkan kompetensi, guru juga diharap bisa produktif menulis. Tulisan yang dimaksud antara lain artikel, jurnal, penelitian, hingga buku. Dengan menghasilkan karya tulis di bidang pendidikan, kita sebagai guru bisa melatih keterampilan menulis serta menuangkan konsep-konsep gagasan. Nantinya, hasil karya tulis yang telah dibuat bisa dijadikan sebagai sumber bacaan bagi rekan guru lainnya.

6. Mengenal Peserta Didik secara Lebih Dekat

Nah, yang satu ingin mungkin sering dilupakan oleh seorang guru. Pada dasarnya mendidik dan mengajar bertujuan untuk menghasilkan output yang  baik dalam ini tentu saja siswa yang diajar. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memperhatikan perkembangan siswa dari waktu ke waktu. Guru dan siswa adalah dua individu yang memiliki keterkaitan yang sangat erat. Sehingga memupuk kedekatan emosional antara guru dan siswa mampu membawa perubahan besar dalam kegiatan pembelajaran. 

Guru juga perlu mengenali karakteristik siswa agar dapat menemukan metode pembelajaran yang sesuai bagi mereka. Jika metode yang digunakan sudah sesuai, proses belajar mengajar pun menjadi lebih efektif dan efisien. Kedekatan antara guru dan siswa juga bisa membuat suasana kelas menjadi nyaman.

Demikianlah, 6 hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kompetensi guru. Semoga ulasan di atas bisa membantu kita semua untuk terus mengembangkan kompetensi sehingga tercipta tujuan pembelajaran yang maksimal.

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia