Mengenal Kompetensi Dasar: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Sebagai pengajar, terlebih pada saat kita hendak mengajar, pastilah akan dihadapkan dengan istilah standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator di mana istilah ini digunakan untuk materi apa saja yang akan diajarkan dan tujuan apa yang harus dicapai dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar akan lebih terarah karena telah terstruktur sebelum kegiatan belajar dimulai.

Standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif, sikap, dan keterampilan siswa secara lebih spesifik sehingga dapat dijadikan acuan dalam menilai ketercapaian hasil belajar. Oleh karena itu, penting pagi kita, pengajar, untuk mengetahui istilah-istilah di atas.

Nah, pada artikel kali ini, akan disampaikan informasi terkait kompetensi dasar, mulai dari pengertian, tujuan, hingga contohnya. Jadi yuk langsung simak ulasannya.

Pengertian Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar atau yang biasa disingkat dengan KD adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh siswa melalui proses pembelajaran. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan karakteristik siswa dan harus mengacu pada kompetensi inti yang telah dirumuskan.

Kompetensi dasar berisi beberapa poin kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu, yang mana akan dijadikan acuan dalam menyusun indikator kompetensi dalam suatu mata pelajaran. Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.

Tujuan Kompetensi Dasar

Setelah mengetahui pengertian dari kompetensi dasar, sekarang kita beralih pada tujuan dari penyusunan kompetensi dasar itu sendiri. Tujuan kompetensi dasar pada dasarnya mengacu pada aspek yang hendak dicapai dalam suatu proses pembelajaran, di antaranya:

  • Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek kognitif.
  • Mengasah bakat, minat, dan kemampuan siswa selama berada di sekolah.
  • Mengajarkan norma-norma yang berlaku di kehidupan sehari-hari dan mempraktikkan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Diharapkan mampu memperbaiki sikap i dan perilaku siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Dari beberapa tujuan di atas, dapat disimpulkan bahwa kompetensi dasar, meski seolah terlihat hanya berdampak pada aspek kognitif, namun ternyata tidak. Kompetensi dasar yang disusun tidak hanya akan mengembangkan siswa dari segi kognitif saja, namun dua aspek lainnya yang juga penting yaitu, afektif dan psikomotorik. Harapannya, pembelajaran yang mengacu pada kompetensi dasar ini mampu menghasilkan siswa yang berkarakter baik dan mampu mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab.

Contoh Kompetensi Dasar

Berikut adalah contoh dari kompetensi dasar mata pelajaran fisika kelas X

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia