Mengenal Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-ciri, dan Strukturnya

Siapa yang pernah membaca teks terkait dengan proses terjadinya sesuatu, misal proses tentang bagaimana bencana alam bisa terjadi. Nah jika kalian pernah membaca teks seperti itu, artinya kalian sedang membaca teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi berisi tentang kronologi dan sebab-akibat dari suatu peristiwa tertentu. Teks eksplanasi mengandung proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ suatu kejadian dapat terjadi. Kejadian yang dimaksud bisa berupa kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Tujuan dari teks ini adalah untuk menggambarkan satu atau lebih peristiwa yang melibatkan hubungan sebab-akibat dan proses. Dari teks eksplanasi, pembaca diharapkan mampu mengumpulkan informasi penting yang telah dijelaskan. Itu artinya menulis teks eksplanasi juga membutuhkan riset yang mendalam agar informasi yang disampaikan detail dan terpercaya.

Pengertian teks eksplanasi menurut beberapa ahli, di antaranya,

1. Knapp and Watkins

Teks eksplanasi dimaknai sebagai teks yang menggambarkan dua orientasi. Orientasi pertama menekankan bagaimana dan mengapa fenomena itu terjadi. Orientasi kedua menekankan apa yang bisa terjadi dalam teks eksplanasi.

2. Pardiyono

Teks eksplanasi menurut Pardiyono adalah upaya menjelaskan proses munculnya fenomena alam dan sosial.

3. Tomi Rianto

Teks eksplanasi dimaknai sebagai format tekstual yang menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau mencoba menjelaskan proses asal mula suatu kejadian atau fenomena. Di mana setiap fenomena dan peristiwa memiliki sebab, akibat, dan proses yang terjadi di dalamnya.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Ada beberapa ciri dari teks eksplanasi yang membedakan teks ini dengan teks yang lain, di antaranya:

1. Memiliki Struktur yang Jelas

Ciri pertama yang dimiliki oleh teks eksplanasi adalah memiliki struktur yang jelas dimulai dari pernyataan umum, diikuti dengan urutan hubungan sebab akibat, dan kemudian ke interpretasi atau ketentuan penulis.

2. Informasi Mengandung Fakta

Teks eksplanasi berisi tentang fakta yang referensinya selalu mengacu pada data. Teks eksplanasi memuat pembahasan ilmiah menurut ilmu pengetahuan yang berlaku. Oleh karena itu, jenis teks ini tidak bisa dibuat secara imajinatif.

3. Bersifat Informatif

Isi teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait suatu fenomena. Informasi yang disajikan juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Teks eksplanasi didukung dengan teori dan penelitian ilmiah yang membuka lebih banyak perspektif.

4. Tidak Berusaha Memengaruhi Pembaca

Teks eksplanasi tidak dibuat untuk memengaruhi pembaca. Penjelasan yang dituliskan dalam teks ini berisi penjelasan tentang proses sebab akibat dari suatu fenomena.

5. Membuat Penanda Urutan

Penanda urutan menekankan urutan atau menggunakan level titik. Misalnya, kita bisa menggunakan urutan pertama, kedua, ketiga, keembat, dan seterusnya. Selain itu, bagian terakhir dari teks ini berisi tentang informasi dan data penting yang dapat menjawab peristiwa yang terjadi.

Struktur Teks Eksplanasi

Dalam menulis teks eksplanasi, kita tidak bisa sembarangan menuliskannya. Ada beberapa struktur yang memang harus diikuti untuk menghasilkan teks eksplanasi yang baik. Berikut adalah struktur teks eksplanasi.

1. Pernyataan Umum

Bagian ini berisi informasi singkat terkait apa yang sedang dibahas, seperti pernyataan umum tentang suatu topik, yang kemudian dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya, proses terbentuknya, dan sebagainya.

Di bagian ini, penulis teks eksplanasi juga menjelaskan pembukaan yang bersifat ringkas, menarik, dan jelas, serta mampu membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih detail.

2. Deretan Penjelasan

Struktur ini merupakan bagian yang menjelaskan urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi seperti menjelaskan proses keberadaan atau proses terjadinya sesuatu.

Pada bagian ini sangat efektif digunakan untuk menjawab pertanyaan bagaimana yang jawabannya berupa pernyataan. Karena teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan suatu proses, maka perlu dijelaskan secara bertahap atau berurutan dari pertama hingga terakhir.

3. Interpretasi

Bagian ini adalah bagian terakhir yang berisi pendapat singkat penulis sekaligus kesimpulan atau pernyataan terkait topik/ proses yang telah dijelaskan.

Demikianlah, informasi terkait teks eksplanasi. Semoga bisa menambah wawasan kalian semua ya. Baca juga artikel lain dari kami dengan topik-topik yang pasti nya menarik di sini.

© Copyright Oleh PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
PT Jetorbit - Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia