Metode Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

aplikasi ujian online

Bukan sebuah kesalahan jika sebagian siswa menganggap bahwa belajar merupakan kegiatan yang membosankan. Hal ini merujuk pada pengalaman belajar yang mereka terima. Bisa jadi metode yang digunakan kurang meningkatkan motivasi belajar siswa dan sebaliknya membuat siswa menjadi bosan.

Untuk mengatasi hal tersebut, seorang guru perlu memiliki kreativitas dan inovasi untuk menjadikan proses belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah penggunaan metode berkelompok. Selain menyenangkan, siswa juga akan berlatih tentang bagaimana bekerja sama di dalam sebuah tim.

Terdapat salah satu metode pembelajaran kelompok atau kolaboratif yang dapat diterapkan yaitu metode STAD. berikut akan dijelaskan terkait metode pembelajaran ini.

Apa Itu Metode STAD?

Berikut adalah pengertian metode Student Team Achievement Divisions (STAD) menurut beberapa ahli.

  • STAD menurut Robert E. Slavin merupakan salah satu dari metode pembelajaran kooperatif yang sederhana dan dapat dijadikan permulaan yang baik bagi guru yang belum pernah menerapkan pembelajaran kooperatif.
  • Menurut Miftahul Huda, M.Pd, metode STAD adalah proses belajar secara kooperatif yang melibatkan kelompok-kelompok kecil. Kelompok-kelompok tersebut diisi oleh beberapa siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda sehingga tercipta kerjasama untuk memenuhi tujuan pembelajaran.
  • Menurut Rusman, STAD adalah metode yang dalam pembelajarannya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok berisikan empat hingga lima orang dengan keragaman kemampuan akademik, jenis kelamin, hingga susku.
  • Menurut Trianto, metode STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok-kelompok di mana jumlah setiap kelompoknya terdiri dari empat hingga lima orang yang bersifat heterogen.

Dari beberapa pengertian STAD di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode STAD merupakan metode pembelajaran yang menitikberatkan siswanya untuk dapat saling bekerja sama di dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Manfaat Metode STAD

Metode STAD memberikan beberapa manfaat positif bagi siswa, di antaranya:

  • Siswa dapat saling memberikan motivasi agar lebih bersemangat dalam belajar.
  • Siswa dapat bertukar pengetahuan sehingga dapat meminimalisasi ketimpangan pengetahuan.
  • Membangun komunikasi yang baik sebba kegiatan belajar umumnya dilakukan secara berdiskusi.
  • Menumbuhkan sifat positif seperti keterampilan berpikir kritis, sikap saling menghargai, bertanggung jawab, kemampuan bekerja sama, disiplin dan masih banyak lagi.

Langkah Penerapan Metode STAD

Menurut Slavin, terdapat lima komponen utama yang perlu ada dalam metode STAD, yaitu presentasi kelas, kerja sama tim, kuis, tinjauan skor individu, dan rekognisi tim. Berdasarkan komponen tersebut, disusunlah langkah-langkah untuk menerapkan metode STAD sebagai bagian dari proses pembelajaran.

1. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

Sebelum memulai kegiatan belajar, guru perlu menjelaskan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dalam menjelaskan, guru dapat menggunakan metode ceramah. Setelahnya, guru memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat selama proses pembelajaran berlangsung.

2. Menyajikan Informasi

Setelah memaparkan tujuan pembelajaran kepada siswa, selanjutnya guru menyajikan informasi terkait metode STAD. hal ini diperlukan agar masing-masing siswa dapat bekerja sama dalam satu kesatuan. Penyampaian informasi dapat disampaikan dalam bentuk bacaan maupun demonstrasi.

3. Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar

Pada tahap ini guru menjelaskan kepada siswa terkait bagaimana membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok dalam melakukan transisi dan kerjasama secara efisien.

4. Membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar

Selanjutnya, guru mendampingi siswa selama diskusi berjalan. Hal ini dilakukan agar suasana belajar di dalam kelas tetap kondusif. Guru juga perlu membimbing siswa untuk memeratakan pemahaman terhadap suatu materi ajar. Perlu untuk diketahui bahwa metode STAD berfokus pada bagaimana siswa saling berbagi pendapat dan berdiskusi, namun tetap mendapatkan nilai atas materi ajar yang berfokus pada individu.

5. Evaluasi

Tahap berikutnya adalah evaluasi terhadap masing-masing kelompok yang dilakukan oleh guru. Hasil evaluasi diperoleh dari hasil pengerjaan penugasan individu atau kelompok. Evaluasi juga dilakukan dalam rangka perencanaan pembelajaran selanjutnya.

6. Memberikan Penghargaan

Yang terakhir dari pelaksanaan metode STAD adalah pemberian penghargaan terhadap masing-masing kelompok. Penghargaan diberikan berdasarkan hasil penugasan yang telah dikerjakan sebelumnya. Pemberian penghargaan ini dilakukan dalam rangka memberikan semangat kompetisi yang sehat antarkelompok.

Kelebihan dan Kekurangan Metode STAD

Seperti yang diketahui bahwa setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk metode STAD. Adapun kelebihan dan kekurangan metode STAD antara lain.

1. Kelebihan Metode STAD

  • Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkontribusi di dalam suatu kelompok.
  • Menciptakan interaksi yang aktif dan positif antarsiswa sehingga terbentuk kerjasama yang baik antaranggota kelompok.
  • Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan relasi pertemanan lintas ras, susku, agama, gender, hingga kemampuan akademis yang lebih beragam.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan individual siswa.
  • Membantu siswa dalam mengembangkan potensi diri maupun kelompoknya.
  • Mengajarkan siswa cara menghargai orang lain dan menumbuhkan sikap saling percaya.

2. Kekurangan Metode STAD

  • Pengkondisian kelas membuat waktu tersita cukup lama.
  • Siswa menjadi sosok yang pasif manakala guru tidak memberikan perhatian penuh selama proses belajar-mengajar berlangsung.
  • Memungkinkan situasi menjadi tidak kondusif jika siswa membicarakan hal-hal di luar pelajaran.

Itulah informasi terkait metode STAD, semoga bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin melakukan inovasi pembelajaran.
Bagi bapak/ibu guru yang ingin berinovasi dalam hal penilaian bisa mencoba aplikasi ujian online, Ujione. Ujian yang semula berbasis paper and pencil dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien menggunakan aplikasi ujian online. Tersedia fitur-fitur yang dapat membantu guru dalam membuat ujian ataupun tugas harian. Kunjungi www.ujione.id untuk informasi lebih lengkap!

Mudah mengadakan ujian online serentak dengan Ujione
Dilengkapi juga dengan Quiz, Tugas serta Bank Soal

Trial 30 Hari. Daftar Sekarang
Aplikasi Ujian Online Berbasi Cloud Buatan Indonesia
Jln Godean KM 4,5. Ruko Godean Permai KAV 3, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia
© Copyright PT Jetorbit Teknologi Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram