5 Alasan Klasik Yang Membuat Anak Malas Belajar dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Belajar adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan siswa, mengingat manfaatnya yang begitu besar. Namun, alasan tersebut ternyata belum cukup untuk membuat para siswa untuk rajin belajar. Banyak sekali alasan yang muncul hingga menyebabkan semangat belajar menjadi hilang.

Di era seperti saat ini, gangguan-gangguan bisa muncul dari dari gadget, tontonan televisi, hingga ajakan bermain dari teman yang memperkuat rasa malas belajar tersebut. Jika hal seperti ini dibiarkan begitu saja, rasa malas ini bisa membuat rencana belajar menjadi berantakan. Nah, berikut akan dipaparkan alasan klasik penyebab malas belajar dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk simak ulasannya.

Alasan Malas Belajar dan Cara Mengatasinya

1. Tidak Punya Waktu Belajar

Bagi seorang siswa, membagi waktu antara belajar, mengerjakan tugas, membantu pekerjaan rumah, istirahat, hingga bermain bersama bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, banyak yang mengeluhkan bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk belajar. Pada akhirnya semangat belajar mereka turun dan menjadi malas untuk belajar.

Namun, sangat tidak bijak jika kita harus menggunakan alasan tersebut. Sebab, sudah seharusnya sebagai seorang pelajar, kita bisa membagi waktu dengan baik agar tetap memiliki waktu khusus untuk belajar. Karenanya penting bagi kita untuk mengetahui kapasitas serta prioritas diri. Gunakan alat bantu seperti membuat daftar prioritas untuk mengatur waktu belajar.

2. Materi Pelajaran Terlalu Susah

Salah satu hal yang membuat kita menjadi malas belajar adalah pada saat kita dihadapkan dengan suatu materi pelajaran yang cukup susah. Saat memelajari materi yang sulit, sering kali terjadi materi yang sedang dipelajari justru sulit masuk ke dalam otak. Jangankan masuk, bahkan beberapa di antara kita terlalu sulit untuk membayangkannya. 

Pada keadaan seperti ini, kita bisa mencari alternatif pemecahan masalah untuk memahami materi yang sulit ini. Kita bisa menggunakan bantuan animasi atau gambar untuk membantu kita memahami dan mengingat materi yang sedang dipelajari. Selain itu kita juga bisa mencoba alternatif metode-metode belajar yang lain untuk mempermudah proses belajar yang kita lakukan.

3. Pelajarannya Tidak Berguna

Sering sekali kita mengalami bahwa suatu pelajaran atau suatu materi tertentu tidak akan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari hal ini kemudian kita justru mengabaikan dan malas untuk mempelajarinya.

Meskipun pelajaran yang dipelajari di sekolah, kita anggap tidak berguna di dunia nyata, kita bisa mengubah pemikiran tersebut. Kita bisa berpikir bahwa kegiatan belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih kemampuan otak dalam menyelesaikan masalah, berpikir logis, kemampuan menghafal dan mengingat, serta banyak lagi manfaat dari belajar. Kita juga bisa mengubah pandangan kita bahwa apa yang kita pelajari mungkin saja bisa berguna di suatu hari nanti. 

4. Guru yang Mengajar Membosankan

Alasan klasik selanjutnya yang menyebabkan malas belajar adalah guru yang membosankan. Jika kita memiliki pemikiran seperti itu, maka kita harus segera menghilangkannya. Guru yang membosankan, galak, kurang menyenangkan memang bisa membuat kita kehilangan semangat belajar. Meski begitu, kita harus tetap memerhatikan apa yang diajarkan oleh beliau dan jangan lupa untuk mencatat materi apa saja yang diajarkan.

5. Kurangnya Motivasi

Rasa malas belajar juga bisa muncul karena alasan kurangnya motivasi belajar. Namun jika dibiarkan, jenis malas ini bisa membuat kita tidak kunjung meraih impian. Malas karena kurangnya motivasi ini sebenarnya bisa diselesaikan jika dalam diri kita memiliki kemauan untuk maju dan menjadi lebih baik. Jika kita sendiri sulit untuk berubah dan terus menjadikan kekurangan motivasi belajar sebagai alasan, maka tidak ada orang lain yang bisa membantu mengatasi rasa malas tersebut.

Temukan motivasi untuk mengatasinya melalui hal-hal yang disukai. Jika dalam proses belajar, kita bisa mendapatkan motivasi belajar dengan menerapkan cara belajar efektif, menemukan sarana belajar yang tepat, menemukan hal menarik dari materi yang dipelajari, hingga memberikan penghargaan pada diri sendiri setelah berhasil mengerjakan tugas, maka besar kemungkinan bagi kita untuk kembali menemukan semangat belajar.

Demikian tadi 5 alasan klasik malas belajar dan cara menyelesaikannya. Semoga bisa membantu dan semoga teman-teman selalu diberikan kemampuan untuk mengatasi rasa malas belajar.