5 Tips Fokus Belajar Tanpa Gangguan Notifikasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Memiliki fokus dan konsentrasi tinggi dalam melakukan sesuatu bukanlah hal yang mudah. Begitu pula ketika kita sedang belajar. Saat ini untuk menjangkau informasi di seluruh belahan dunia, kita bisa mengaksesnya dalam satu genggaman. Tentu hal tersebut merupakan kabar baik untuk kita semua. Namun segala sesuatu diciptakan dengan dua sisi, bukan? Selain dampak positif ternyata ada juga pengaruh negatifnya. 

Penggunaan gadget yang terlalu sering dan berlebihan ternyata juga merugikan. Kita bisa kehilangan fokus dan konsentrasi dalam melakukan berbagai hal, salah satunya belajar. Hari ini belajar pun bisa dilakukan dengan menggunakan gadget. Namun benarkah efektif jika kita justru sibuk membuka setiap notifikasi yang masuk alih-alih belajar? Karenanya kita tentu perlu membatasi penggunaannya. Berikut ini terdapat beberapa tips agar kita bisa tetap fokus belajar tanpa terganggu oleh gangguan notifikasi.

Tips Fokus Belajar Tanpa Gangguan Notifikasi

1. Menyadari Gangguan yang Datang

Salah satu cara agar fokus dan konsentrasi kita dalam belajar tidak terganggu adalah dengan menyadari gangguan itu sendiri. Terkadang kita tidak sadar bahwa kegiatan yang kita lakukan dengan gadget kita bukanlah sesuatu yang mengganggu. Misalnya saja membalas pesan seorang teman, membuka media sosial, dan lain sebagainya. Hal-hal kecil seperti itu jika tidak kita sadari lama-kelamaan akan sangat mengganggu konsentrasi.

Oleh karena itu kita perlu sadar bahwa hal-hal tersebut merupakan gangguan dan sebisa mungkin menghindarinya.

2. Menjauhkan Gadget pada Saat Belajar

Gadget dengan kecanggihan dan kecepatan internet yang tinggi mudah sekali membuat kita betah berlama-lama berselancar di dunia maya. Akibatnya, kita kesulitan fokus belajar dan waktu pengerjaan tugas menjadi terhambat.

Tips selanjutnya ketika tidak lagi bisa menahan diri dari gangguan-gangguan notifikasi juga informasi-informasi di internet, adalah menjauhkan gadget pada saat kita sedang belajar. Kita bisa meletakkannya di tempat yang jauh dari posisi kita belajar atau menonaktifkannya. Tidak sampai di situ saja, kita juga harus disiplin melakukannya. 

3. Belajar di Tempat yang Nyaman dan Sepi

Ruangan yang nyaman dan sepi membantu konsentrasi belajar kita lebih baik. Sebab selain notifikasi dari gadget, kondisi sekitar ruang belajar kita juga merupakan faktor yang akan mempengaruhi fokus dan konsentrasi. Kita tentu akan lebih kesulitan mendapatkan fokus ketika memilih belajar di ruangan yang ramai. Jangan lupa pilih ruangan dengan penerangan yang cukup sehingga kegiatan belajar kita menjadi lebih efektif.

4. Memberitahu Sekitar Bahwa Kita Sedang Belajar

Notifikasi bukan hanya bisa berasal dari gadget saja, melainkan bisa berupa suara-suara alami yang ada di sekitar kita. Alangkah baiknya kita memberi tahu sekitar kita ketika akan belajar. Hal ini terdengar berlebihan namun sebenarnya akan sangat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam belajar. 

Dengan memberitahukan sebelumnya, orang-orang di sekitar kita akan lebih menghormati kegiatan belajar yang kita lakukan. Mereka tidak akan mengganggu kita dengan suara-suara, teriakan-teriakan, atau hal-hal yang bisa mengacaukan fokus, sebab kita sudah mengatakan dengan sopan bahwa kita sedang belajar.

5. Berlatih Meditasi

Salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan fokus dan menjaga kestabilan emosi adalah dengan melakukan meditasi. Kegiatan meditasi yang rileks akan membantu pikiran kita untuk bisa fokus dalam melakukan sesuatu, terlebih belajar. Sebab pada latihan meditasi kita diminta untuk melatih kesadaran juga fokus kita. Jadi meskipun ada berbagai gangguan dari luar diri, kita tidak akan peduli.

Itulah tadi 5 tips untuk meningkatkan fokus pada saat belajar dari gangguan notifikasi. Jika teman-teman memiliki masalah yang serupa, tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara yang sudah dijelaskan. Semoga dengan tips tersebut, teman-teman lebih bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi selama belajar. Selamat mencoba!