6 Cara Mengenali Minat dan Bakat untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Teman-teman sedang duduk di bangku kelas XI atau bahkan kelas XII? Wah, pasti sudah sangat sibuk memikirkan perihal ingin melanjutkan kuliah ya. Waktu terus berjalan namun belum juga mengetahui harus masuk jurusan apa. Tenang, teman-teman tidak sendirian. Banyak di antara kita yang mengalami kebingungan serupa.

Salah satu hal yang bisa membantu teman-teman dalam menentukan jurusan kuliah adalah dengan mengikuti bakat dan minat yang teman-teman miliki. Meski begitu, ternyata tidak jarang di antara kita yang belum juga mengetahui bakat dan minat diri sendiri. Padahal memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat bakat akan membuat kita lebih bersemangat dan menikmati proses perkuliahan. Sehingga hasil yang dicapai pun akan lebih optimal.

Lalu bagaimana sih cara mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah? Kali ini akan disampaikan beberapa informasi tentang cara-cara mengenali minat dan bakat yang ada dalam diri. Yuk, langsung baca ulasannya.

Cara Mengenali Minat dan Bakat untuk Menentukan Jurusan Kuliah

1. Kenali Hobi dan Hal-hal yang Membuat Tertarik

Hal mendasar yang bisa digunakan untuk menentukan jurusan kuliah adalah dengan mengetahui hal-hal yang membuat kita tertarik serta hal-hal yang bisa kita nikmati saat melakukannya. Kita bisa memulainya dengan mengenali hobi atau hal-hal yang disukai untuk dilakukan. Terdengar sepele, namun ternyata hal tersebut justru bisa menjadi patokan untuk menentukan jurusan kuliah yang ideal. Sebab menjalani kuliah bukan hanya untuk beberapa hari, sehingga kita perlu benar-benar memilih jurusan yang membuat nyaman.

Agar lebih mudah dalam menentukan pilihan jurusan, terlebih dulu kita bisa menuliskan hal-hal yang kita sukai. Kita boleh menuliskan lebih dari satu ketertarikan dengan cara mengurutkan dari yang paling disukai hingga yang biasa saja. Hal tersebut nantinya mampu membantu kita dalam mengerucutkan pilihan jurusan.

2. Memperhatikan Bidang-bidang yang Dikuasai

Cara selanjutnya untuk mengenali bakat dan minat adalah dengan mengenali bidang-bidang yang kita sukai dan kuasai. Pada dasarnya, kita memiliki beberapa potensi untuk dikembangkan. Misalnya kita suka melakukan penelitian, menyukai bidang olahraga, kesenian, berbicara di depan umum, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, terkadang kita tidak cukup memperhatikannya. Untuk bisa mengetahuinya, kita bisa meminta bantuan dari orang-orang terdekat.

Misalnya, kita sering diandalkan untuk berbicara di depan banyak orang, sering mewakili lomba karya tulis ilmiah, dan sebagainya. Maka kita bisa meminta orang-orang di sekitar untuk mengarahkan kita pada bidang atau jurusan kuliah sesuai potensi yang kita miliki.

3. Mencari Hal-hal yang Memotivasi dan Menginspirasi

Dalam menjalani hidup, kita tentu pernah menemui beberapa hal yang bisa memotivasi dan menginspirasi. Misalnya, kita suka membaca buku dan terinspirasi untuk menjadi penulis, atau kita begitu menyukai games dan animasi sehingga termotivasi untuk menjadi ahli di bidang tersebut. Hal-hal seperti itu bisa menjadi salah satu cara untuk menentukan jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat. Kita juga bisa mencari sosok inspiratif, profesi yang diinginkan, dan hal yang memotivasi lainnya.

4. Mengamati Prestasi Akademik

Prestasi akademik memang bukan satu-satunya hal untuk kita bisa menentukan jurusan kuliah. Namun prestasi akademik bisa menjadi bukti pencapaian dalam pendidikan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah. Temukan satu atau beberapa mata pelajaran di mana kita bisa memperoleh nilai lebih baik secara konsisten dibanding mata pelajaran yang lain. Kita bisa mengelompokkan beberapa mata pelajaran dan membagi lagi menjadi bidang-bidang yang lebih spesifik untuk menentukan jurusan yang sesuai. 

5. Mengikuti Tes Minat dan Bakat

Jika dengan berbagai cara di atas, teman-teman masih ragu dalam menentukan jurusan kuliah, maka mengikuti tes kepribadian atau minat bakat bisa menjadi alternatif lainnya. Tes minat dan bakat akan menunjukkan kecenderungan psikologis seseorang.

Setelah mengetahui hasilnya, kita bisa melihat berbagai kecenderungan, termasuk hal yang diminati, potensi, kekuatan, hingga kelemahan diri. Hasilnya nanti akan menyimpulkan apa saja jurusan kuliah yang paling pas untuk kita. Meskipun tes minat dan bakat ini terpercaya, namun bukan berarti kita wajib mengikuti apapun jurusan yang tertera pada hasilnya. Hasil tes ini hanya sebagai bentuk rekomendasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jurusan.

6. Mencari Informasi Mengenai Jurusan Kuliah

Cara berikutnya yang tidak kalah penting adalah dengan memperkaya pengetahuan mengenai jurusan-jurusan itu sendiri. Kita perlu mencari tahu mengenai jurusan-jurusan yang ditawarkan universitas, baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan demikian, kita akan mendapatkan gambaran sehingga lebih mudah dalam menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kita miliki. 

Jangan lupa juga untuk mencari tahu apa saja yang akan dipelajari di jurusan tersebut serta bagaimana prospek kerja ke depannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan untuk mengetahui minat dan bakat agar mudah dalam menentukan jurusan kuliah. Menemukan jurusan kuliah yang ideal memang tidak mudah, namun jangan sampai berpikiran untuk menyerah atau ikut-ikut teman saja. Jika memang masih belum juga menemukannya dengan mengikuti panduan di atas, teman-teman bisa mulai berdiskusi dengan guru BK di sekolah. Semangat!