6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Apakah belakangan ini teman-teman merasa sering lupa? Pasti rasanya menyebalkan jika ada banyak aktivitas yang kita lakukan tetapi kita harus mengalami lupa. Bukan hanya jadwal yang menjadi berantakan, namun kondisi emosional kita pun akan turut mengalami perubahan. Kita menjadi mudah marah, mood yang tidak stabil dan banyak lagi hal-hal yang akan terjadi akibat lupa.

Sebenarnya wajar saja, mengingat semakin bertambahnya usia, otak kita mengalami penurunan dalam hal mengingat dan berkonsentrasi. Namun hal tersebut tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya ingat kita tetap baik meski usia kian bertambah. Berikut adalah cara-cara untuk meningkatkan daya ingat secara alami.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

1. Memerhatikan Asupan Nutrisi

Otak merupakan salah satu anggota tubuh yang memerlukan asupan bergizi agar bisa bekerja dengan maksimal. Mulai mengganti asupan makanan kita yang semula sembarangan dengan makanan sehat dapat membantu kesehatan fungsi otak. Kita bisa mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.

Selain itu, kita juga harus mengurangi konsumsi gula sehari-hari. Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan, salah satunya penurunan kognitif. Menurut hasil penelitian, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat membuat volume otak berkurang dan menurunkan daya ingat, khususnya memori jangka pendek. Lagi pula mengurangi gula tidak hanya meningkatkan daya ingat saja, namun juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Olahraga Teratur

Sudah banyak yang membuktikan jika kegiatan olahraga baik untuk kesehatan, salah satunya adalah kesehatan otak. Dengan teratur berolahraga, kita bisa meningkatkan daya ingat dan mengurangi resiko mengalami lupa. 

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, berolahraga aerobik secara teratur, terutama dengan berlari, menari, hingga berenang, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat pada orang yang mengidap penyakit Alzheimer.

3. Memerhatikan Kualitas Tidur

Semakin bertambahnya usia, aktivitas yang kita jalani menjadi lebih banyak. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak orang dewasa merasa kekurangan waktu tidur. Padahal memiliki waktu tidur yang cukup merupakan salah satu hal yang dapat memengaruhi kualitas kesehatan kita.

Tidak memiliki waktu tidur yang cukup dapat menurunkan daya ingat kita. Manusia dewasa dianjurkan untuk tidur 7–9 jam. Bukan hanya sekadar tidur, namun tidur yang kita lakukan juga harus berkualitas baik. Sebab tidur yang berkualitas dapat membantu otak kita untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

4. Mengorganisir hal-hal Kecil

Seberapa sering kita lupa akan barang yang kita letakkan sendiri? Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu bukan? Selain membuat emosi berantakan, kita juga akan membuang waktu sebab harus sibuk mencarinya.

Untuk meningkatkan daya ingat supaya hal-hal seperti itu tidak terus berulang, kita bisa melakukan hal-hal kecil yang sederhana. Seperti membiasakan meletakkan kembali barang-barang kecil yang terlihat sepele ke tempat semula, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Kegiatan-kegiatan sederhana tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

5. Meditasi

Belakangan ini meditasi menjadi hal yang cukup diminati, meski keberadaannya sudah ada sejak dulu kala. Bukan tanpa alasan, meditasi merupakan salah satu kegiatan yang dapat menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan daya ingat. Dalam riset tahun 2018, bermeditasi bisa meningkatkan fungsi otak, mengurangi tanda-tanda degenerasi otak, dan meningkatkan memori jangka panjang.

6. Aktif Bersosialisasi

Kegiatan bersosialisasi mungkin terlihat dan terdengar biasa saja. Namun siapa yang menyangka saat kita aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat kita sedang berupaya untuk meningkatkan daya ingat.

Berkumpul dengan orang-orang yang membuat hati kita senang memungkinkan kita terbebas dari stres dan depresi. Sebab kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

Demikian 6 cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya ingat secara alami. Sebelum terlambat, mari kita berupaya untuk menjaga kesehatan dengan cara-cara yang mudah dan murah. Salam sehat!