7 Alasan Pentingnya Menyusun Rencana Pembelajaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Sebelum melakukan kegiatan atau proses pembelajaran, guru diharapkan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu. RPP sendiri merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu atau beberapa kali tatap muka. RPP dikembangkan dari silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Seorang guru berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.

Lalu, mengapa seorang guru harus menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran? Berikut adalah beberapa alasan pentingnya menyusun rencana pembelajaran.

Alasan Pentingnya Menyusun Rencana Pembelajaran

1. Pembelajaran Menjadi Lebih Sistematis

Dengan adanya RPP, guru memiliki pedoman dalam merancang sebuah metode pembelajaran yang disenangi oleh siswa. Guru dapat mendesain metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa pembelajaran akan lebih bermakna. Misalnya, dalam satu materi penyampaian, guru bisa merancang metode belajar diskusi, kerja kelompok, eksperimen, dan lain sebagainya.

2. Memudahkan Analisis Keberhasilan Belajar Siswa

RPP disusun termasuk dengan butir penilaian yang akan diberikan kepada siswa. Guru bisa melihat nilai yang didapat siswa dari butir penilaian dalam RPP yang sudah diterapkan kepada siswa. Dari nilai tersebut, guru bisa melihat apakah butir penilaian yang ada di dalam RPP sudah dicapai oleh siswa dengan baik atau tidak. Keberhasilan belajar siswa tidak harus selalu diukur menggunakan angka. Oleh karena itu. dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, guru diharapkan mampu menyusun bentuk penilaian yang sesuai untuk melihat perkembangan belajar siswa.

3. Memudahkan Penyampaian Materi

Dengan RPP, guru dapat mengatur berapa waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu materi pelajaran. Apakah satu kali, dua kali, tiga kali, atau empat kali pertemuan. Jika terdapat ketidaksesuaian jumlah tatap muka dalam penyampaian materi di RPP dengan yang ada di kelas, maka guru dapat segera mencari tahu di poin mana penyampaian materi tersebut berjalan kurang efektif. Dengan begitu guru memiliki kesempatan untuk mencari strategi penyampaian materi dengan lebih efektif.

4. Mengatur Pola Pembelajaran

Beberapa materi yang diajarkan tidak selalu bisa selesai dalam satu kali tatap muka. Ada kalanya guru memerlukan beberapa kali tatap muka untuk menuntaskan satu materi pelajaran. Di sini RPP membantu guru dalam merancang pola penyampaian materi, misalnya di pertemuan pertama membahas tentang dasar-dasar materi yang disampaikan, pertemuan kedua membahas hal yang lebih detail, dan seterusnya.

5. Menghemat Waktu dan Tenaga

Persiapan pembelajaran akan lebih matang dengan disusunnya RPP. Guru tidak perlu lagi bingung menentukan metode, bentuk penilaian, materi, dan lain sebagainya saat mengajar karena semua sudah disusun dalam RPP sebelumnya. Dengan demikian tidak ada waktu dan tenaga yang terbuang untuk memikirkan segala persiapan di saat mengajar.

6. Dasar Pengembangan Keterampilan

Sebuah rencana pembelajaran digunakan sebagai dasar sebelum melakukan kegiatan pembelajaran itu sendiri. Guru dapat lebih terampil dan kreatif dalam membuat pengembangan rencana pembelajaran.

Sebelum mengajar, guru dituntut memahami segala aspek pengembangan persiapan mengajar. Guru juga dituntut untuk lebih terampil dalam membuat teknik dan metode pembelajaran yang sesuai. Guru diharapkan mengeluarkan ide-idenya untuk mengembangkan proses pembelajaran yang menyenangkan di kelas.

7. Bahan Evaluasi dan Refleksi dalam Proses Pembelajaran

Banyak yang beranggapan bahwa RPP hanya digunakan sebagai pelengkap administrasi yang kemudian disetorkan pada atasan tanpa dilihat lagi di kemudian hari. Padahal sebenarnya guru bisa menggunakan RPP yang telah dibuat sebagai bahan acuan untuk melakukan evaluasi sekaligus refleksi mengenai pembelajaran di kelas. Apakah sudah berjalan dengan baik, sudah mencapai tujuan pembelajaran, serta mampu membelajarkan siswa. Dengan mengacu pada RPP, guru juga dapat menuliskan kendala yang terjadi selama pembelajaran sehingga dapat dilakukan perbaikan di pembelajaran selanjutnya.

Demikianlah informasi mengenai alasan pentingnya menyusun rencana pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bapak/Ibu Guru semua.