Dapodikdasmen: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa kabar Bapak dan Ibu guru? Semoga Bapak/Ibu selalu diberikan kesehatan dan semakin semangat mengabdi untuk mencetak generasi penerus bangsa.

Sebagai seorang yang setiap hari bergelut di bidang pendidikan, tentu Bapak/Ibu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Dapodikdasmen atau Dapodik. Jika saat ini Bapak/Ibu mencari informasi tentang Dapodikdasmen, itu artinya Bapak/Ibu tengah berada di artikel yang tepat. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai Dapodikdasmen mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara menggunakannya.

Pengertian Dapodikdasmen

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) adalah aplikasi yang memuat data pokok pendidikan, meliputi satuan pendidikan, peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang akan selalu diperbarui secara daring. 

Aplikasi ini dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, sehingga pemegang hak ciptanya dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Dapodikdasmen Versi 2021

Aplikasi Dapodikdasmen telah diperbarui menjadi Dapodikdasmen versi 2021 untuk menunjang pendataan di tahun ajaran 2020/2021. Pembaruan ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pendataan di semester ganjil yang dikemas dalam bentuk installer. Perubahan yang terlihat pada versi ini antara lain:

  1. Penggabungan aplikasi antara Dapodikdasmen dengan Dapo PAUD-Dikmas (Data Pokok PAUD-Pendidikan Masyarakat).
  2. Penambahan fitur tarik data selama sinkronisasi agar terjadi penurunan perubahan data dari server ke lokal.
  3. Perubahan proses bisnis untuk perekaman GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) baru, penambahan, dan perbaikan akun GTK.
  4. Penonaktifan kurikulum 2006/KTSP.

Fungsi Dapodikdasmen

Dapodikdasmen menjadi acuan data yang digunakan oleh Kemdikbud sebagai pusat data pendidikan nasional. Dapodikdasmen memiliki beberapa fungsi di antaranya:

  1. Menentukan jumlah alokasi dana bantuan. Misalnya besaran dana BOS yang bergantung pada jumlah peserta didik yang terdaftar dalam Dapodikdasmen.
  2. Menentukan kuota tunjangan bagi guru. Misalnya guru yang ingin melaksanakan sertifikasi, harus terdaftar terlebih dahulu di Dapodikdasmen dengan jam mengajar tertentu, biasanya beberapa tahun.
  3. Menentukan alokasi bantuan untuk fasilitas sekolah yang kualitasnya belum baik.
  4. Membantu pemerataan guru.
  5. Media untuk verifikasi dan validasi data berkaitan dengan satuan pendidikan serta NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
  6. Media untuk verifikasi dan validasi data untuk mendapatkan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) bagi guru dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) bagi siswa.
  7. Alat untuk monitoring kebijakan yang dilakukan oleh pihak Kemdikbud.
  8. Mengurangi risiko penyimpangan dari pihak sekolah.

Alur Penggunaan Aplikasi Dapodik

Adapun alur penggunaannya adalah sebagai berikut.

Sumber: Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021

Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik

Sebelum menggunakan aplikasi Dapodik, ada baiknya Bapak dan Ibu memiliki persiapan instalasi berikut:

1. Memiliki Spesifikasi Komputer yang Direkomendasikan

Spesifikasi komputer yang direkomendasikan, antara lain:

  • prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
  • memori standar 4GB DDR3;
  • hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
  • sistem operasi Windows 10;
  • aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome, mozilla firefox, atau opera.

2. Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan

Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP, dan Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK.

3. Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik Versi 2021 saat ini tersedia dalam bentuk file installer. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2021, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

a) buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id

b) klik menu Unduhan

c) klik Unduh Installer

4. Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir. Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.

5. Kode Registrasi Aplikasi Dapodik

Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan 10 Dasar dan Pendidikan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbud dan memiliki NPSN. Kode registrasi tersebut akan otomatis terbit dan dapat dicek oleh admin dinas pendidikan melalui manajemen dapodik.

6. Pengaturan Waktu pada Komputer

Langkah selanjutnya melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.

7. Menonaktifkan Program Pengamanan

Selain membuat pengaturan waktu pada komputer, menonaktifkan program pengaman (atau Antivirus). Antivirus yang dimaksud misalnya: Deep Freeze, Avast, Avira, Symantec, Antivir, Windows Defender atau Microsoft Essentials.

8. Melakukan Instalasi

Instalasi mencakup serangkaian proses berikut.

  • Menyiapkan file installer yang sudah diunduh sebelumnya. Usahakan untuk menutup program lain yang masih terbuka agar proses instalasi berjalan lancar.
  • Klik dua kali pada file installer. Jika muncul peringatan keamanan, pilih Yes atau Run Away untuk Windows versi tertentu. Selanjutnya, akan muncul jendela instalasi, lalu klik “Lanjut >”.
  • Pilih “Saya setuju” pada jendela perjanjian persetujuan dan klik “Lanjut >”.
  • Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Setelah selesai, klik “Selesai” untuk mengakhiri proses instalasi.
  • Bersihkan chace setelah instalasi Dapodik versi 2021 selesai dilakukan.

Setelah aplikasi Dapodik terpasang, Bapak/Ibu bisa melakukan langkah-langkah selanjutnya, seperti proses registrasi, memperbarui berbagai macam data, kemudian validasi dan sinkronisasi.

Nah, demikianlah informasi terkait Dapodikdasmen. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa membantu Bapak/Ibu. Tetap semangat dalam bertugas!