Mengenal IPTEK dan Dampak Perkembangannya di Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pengertian IPTEK

Pernahkah teman-teman mendengar istilah IPTEK? Ya benar sekali, IPTEK merupakan kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sebuah ilmu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru mengenai teknologi ataupun perkembangan di bidang teknologi itu sendiri.

Teknologi sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang kita jalani. Coba teman-teman sebutkan, berapa banyak teknologi yang teman-teman gunakan atau temukan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali bukan? Meski begitu, terkadang kita jarang menyadarinya. 

Misalnya saja, gadget yang kita pakai sehari-hari adalah salah satu teknologi yang bisa menghubungkan kita dengan banyak orang di luar sana. Tapi pernahkah kita berpikir bagaimana gadget yang ada di genggaman kita bisa bekerja dengan luar biasa?

Dampak Perkembangan Gadget di Indonesia

Gadget ataupun teknologi lain adalah hasil pengembangan yang terus dilakukan oleh para ahli sehingga bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan. Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan kita, mau tidak mau harus selalu siap beradaptasi dengan perubahan. Beberapa produk teknologi sudah banyak dihasilkan dan sangat membantu dalam berbagai bidang, seperti bidang kesehatan, astronomi, arsitektur, komunikasi, dan lain sebagianya.

Tapi perkembangan IPTEK di berbagai bidang di atas tentunya membawa dampak bagi perubahan kehidupan manusia baik dampak positif maupun dampak negatif. Yuk kita simak bersama-sama apa saja sih dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK

Dampak Positif IPTEK

  1. Dapat membantu manusia dalam meningkatkan dan memanfaatkan sumber energi baru yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia.
  2. Mempercepat dan mempermudah proses informasi dan distribusi dalam berbagai sektor kehidupan.
  3. Mampu meningkatkan kualitas pendidikan.
  4. Efektifitas dan efisiensi dalam interaksi sosial masyarakat kian bertambah.
  5. Mampu meningkatkan pendapatan di bidang produksi.
  6. Bagi banyak orang, IPTEK mampu menambah wawasan dan pengetahuan.
  7. Dapat membantu proses penjualan produk ke pasar yang lebih luas.
  8. Mampu menjadikan harga produk yang ditawarkan menembus pasar global.\
  9. Semakin bertambahnya industri dan perusahaan baru yang dapat memberikan lapangan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi pengangguran.
  10. Mampu membawa manusia ke zaman yang lebih maju dan modern.

Dampak Negatif IPTEK

  1. Bertambahnya kejahatan baru seperti cyber crime. 
  2. Pola konsumtif masyarakat semakin bertambah.
  3. Mengikis perlahan-lahan budaya tradisional yang sudah mengakar di masyarakat. 
  4. Menimbulkan sikap anti sosial.
  5. Banyaknya berita ataupun informasi bohong di masyarakat karena oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai IPTEK dan dampak yang ditimbulkan karena perkembangannya. Meski IPTEK memiliki banyak dampak positif, namun kita harus tetap jadi manusia yang bijak dalam menggunakannya. Kita harus bisa menjadi manusia yang  menyelaraskan perkembangan teknologi dan tradisi-tradisi yang ada di bumi pertiwi. Dengan begitu, kita akan tumbuh menjadi manusia modern tanpa mengorbankan jati diri.